Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di UNAIR (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Jalur Seleksi Masuk di Universitas Airlangga (UNAIR). Hallo sobat skul, melanjutkan studi dibangku perkuliahan merupakan mimpi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan pelajar Indonesia. Dengan kita melanjutkan pendidikan dalam lingkup perkuliahan maka hal itu akan membuka wawasan kita dan menambah pengetahuan dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Ada banyak sekolah tinggi yang menawarkan studi ke bangku perkuliahan bagi para peminatnya. Salah satunya ialah Universitas Airlangga (UNAIR) yang telah lama ikut andil bagian dalam memberikan pelayanan dalam sektor pendidikan.

Pertanyaan kecil yang sering terlintas dalam benak kita sebelum melanjutkan berkuliah yaitu bagaimana cara mendaftarnya?. Setiap kampus memiliki cara pendaftaran yang berbeda-beda, ada yang membuka jalur lewat seleksi yang diselenggarakan pemerintah, ada juga dengan seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus yang bersangkutan.

Pada pembahasan kali ini kami akan memaparkan terkait jalur apa saja yang bisa diikuti oleh para peminat Universitas Airlangga khususnya bagi kalian yang baru lulus dibangu SMA agar bisa menempuh pendidikan di salah satu prodi yang ditersedia di UNAIR. Berikut ulasannya.

jalur penerimaan mahasiswa baru unair

Sekilas Tentang Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNAIR merupakan salah satu kampus hits yang ada di Indonesia. Ada banyak prestasi yang dimiliki kampus yang berada di Kota Pahlawan ini, salah satunya beberapa kali masuk menjadi 10 kampus terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti. Unair merupakan sebuah kampus yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Kampus ini berdiri sejak tanggal 10 November 1954 yang bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9 kala itu. 

Berdirinya kampus ini tentunya tak lepas dari cerita dan sejarah panjang dibelakangnya. Setelah melewati proses yang panjang akhirnya Universitas Airlangga secara resmi didirikan pada tahun 1954 berdasarkan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 November 1954.

Pada awal diresmikannya kampus ini memiliki 5 buah fakultas diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi (yang semula merupakan cabang dari Universitas Indonesia), Fakultas Hukum (yang semula merupakan cabang daru UGM), Fakultas Sastra (berada di Denpasar dan merupakan cikal bakal berdirinya UNUD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (berada di Malangdan merupakan cikal bakal berdirinya UM).

Jalur Seleksi Masuk Universitas Airlangga

Disini kami akan menjelaskan 3 jalur penerimaan mahasiswa yang bisa diikuti bagi kita pejuang kampus yang ingin masuk menjadi bagian keluarga dari Universitas Airlangga. Dari setiap jalur yang dibuka memiliki persyaratan yang berbeda-beda sehingga tidak semua orang bisa mengikuti setiap jalur seleksi yang ada. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 3 jalur yang dibuka oleh UNAIR dalam seleksi penerimaan mahasiswa barunya.

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan dan diikuti oleh seluruh PTN yang ada di Indonesia. Jalur ini merupakan jalur masuk PTN yang dibuka oleh pemerintah dengan memanfaatkan nilai rapor SMA sederajat sebagai bahan ukur penyaringan mahasiswanya.

Kesempatan kita calon mahasiswa untuk andil dan berpartisipasi dalam seleksi ini tentunya tidak mudah. Seleksi ini hanya diperuntukan sekali untuk para pendaftar yang baru saja lulus dari bangku SMA sederajat. Bagi kita yang baru lulus SMA juga tidak semuanya mendapatkan kuota untuk bisa melakukan pendaftaran melalui jalur yang satu ini.

Setiap sekolah akan memperoleh kuota yang berbeda sesuai akreditasi sekolahnya untuk bisa mendaftar jalur SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi A akan diberi kuota sebesar 40% dari keseluruhan siswanya. Sekolah dengan akreditasi B diberi kuota 25%. Dan sekolah dengan akreditasi C akan diberi kuota sebesar 5%.

Dalam jalur SNMPTN, UNAIR hanya membuka sebesar 30% mahasiswa yang diterima dari total keseluruhan mahasiswa barunya. Tentunya hal itu akan membuat kesempatan kita menjadi bagian keluarga kampus ini menjadi semakin menipis ditambah peminat SNMPTN UNAIR yang setiap tahunnya semakin meningkat.

2. SBMPTN

Tak hanya SNMPTN, Uiversitas Airlangga juga menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru lainnya yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini adalah seleksi saringan masuk yang dijalankan secara serentak oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan nilai rapor sebagai acuan seleksinya, pada jalur SBMPTN mewajibkan calon mahasiswa untuk mengikuti serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh LTMPT. Kemenristekdikti mulai tahun 2018 lalu telah menetapkan kebijakan baru dalam pelaksanaan SBMPTN dimana seleksi ini akan diselenggarakan seluruhnya dengan basis UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jadi nantinya soal yang diujikan akan dilaksanakan dengan menggunakan komputer.

Dalam seleksi SBMPTN akan dibagi menjadi tiga kelompok yang berbeda yaitu :
  1. Saintek (Sains dan Teknologi)
  2. Soshum (Sosial dan Humaniora)
  3. Campuran (Gabungan antara Saintek dan Soshum)

Untuk SBMPTN di Universitas Airlangga, kampus ini memberikan kuota jalur SBPMTN sebesar 30% dari total keseluruhan mahasiswa barunya, oleh karena itu kita harus gencar dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian ini agar hasil yang kita peroleh bisa maksimal.

Pendaftaran SBMPTN biasanya dilakukan menjelang pengumuman hasil seleksi SNMPTN. Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN atau UTBK, alangkah baiknya kita rajin mengerjakan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya untuk memahami tipe soal yang akan diujikan nantinya. Dibeberapa kesempatan lalu kami telah membuat artikel mengenai Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN/UTBK.

3. Ujian Mandiri

Hampir semua Perguruan tinggi menyelenggarakan seleksi jalur mandiri untuk menyaring calon mahasiswanya, begitu juga dengan Universitas Airlangga. Untuk masuk sebagai lulusan SMA sederajat, UNAIR membuka jalur untuk jenjang Diploma (3 dan 4), serta jenjang Sarjana.

Tentunya dalam penerimaan mahasiswa jalur mandiri ini memeiliki berbagai persyaratan yang harus dipenuhi baik sebagai WNI ataupun WNA. Selain persyaratan umum yan ada, setiap jurusan juga memiliki persyaratan khusus yang berbeda-beda seperti persyaratan tidak buta warna baik total maupun parsial dll.

Dalam seleksi ini ada beberapa ujian yang diharuskan untuk diikuti yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Untuk TPA sendiri ada 3 kategori yang diujikan yaitu Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kemampuan Penalaran.

Untuk TKA kategori pengujian berbeda setiap kelompoknya. Kelompok Saintek mengujikan bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris. Kelompok Soshum mengujikan Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Bahasa Inggris. Dan kelompok Campuran mengujikan gabungan dari materi kelompok ujian Saintek dan Soshum.

Bagi kita yang ingin sekali masuk kedalam UNAIR tidak ada salahnya mengikuti jalur ujian mandiri ini jika belum yakin dengan hasil jalur seleksi sebelumnya. Dalam jalur mandiri ini UNAIR memberikan kuota sebesar 40% dari total keseluruhan mahasiswa barunya. Tentunya jalur ini akan memberikan kesempatan yang lebih terbuka.

Itulah tadi pembahasan yang kami berikan tentang jalur yang dibuka oleh UNAIR untuk penerimaan mahasiswa baru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. kuliah sabtu minggu, rektorat, tata cara pembayaran mandiri, jadwal pendaftaran vokasi unair, materi ujian, jadwal pendaftaran jalur mandiri, daya tampung, mandiri kemitraan unair banyuwangi, besaran, form uka, nilai utbk keperawatan, ukt teknik lingkungan, jalur masuk unair apa saja.

Jangan lupa share informasi ini agar bisa diambil manfaatnya oleh lebih banyak pembaca lainnya :)
Baca :
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di UNAIR (TERBARU)"