Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal dan Pembahasan UTBK SBMPTN Saintek dan Soshum (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN (TERBARU)
Soalskul.com - Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN (TERBARU). Hallo teman-teman pejuang PTN, pada kesempatan ini kami akan membagikan sebuah artikel yang kami harap bisa menjadi bermanfaat bagi para pelajar khususnya bagi adek-adekku kelas 12 yang sedang berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi baik negri maupun swasta. Dengan harapan artikel ini bisa mempermudah pemahaman adek-adek sekalian dalam pembelajaran yang akan diujikan dalam UTBK mendatang.

Bagi setiap orang, belajar setinggi-tingginya merupakan cita-cita yang yang sangat diimpikan. Tapi untuk mendapatkan hal tersebut tidak lah mudah. Kita harus melewati banyak sekali ujian untuk terus bisa melanjutkan mimpi tersebut. Tak cukup sampai dengan SD, SMP maupun SMA, kini minat kebanyakan orang untuk melanjutkan keperguruan tinggi juga semakin banyak.

Perguruan tinggi baik negri maupun swasta merupakan tempat yang cocok untuk meningkatkan bakat kita dengan berfokus pada jurusan yang ada. Untuk masuk kedalam bangku perkuliahan ada beberapa jalur, salah satunya itu melalui SBMPTN. Jadi apakah SBMPTN itu?, berikut kami jelaskan tentang apa itu SBMPTN

Apa itu SBMPTN dan UTBK?

apa itu sbmptn dan utbk?

SBMPTN atau singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah seleksi ditingkat nasional untuk menyaring para pendaftar khususnya siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi negri atau PTN. Seleksi ini diujikan secara tertulis pada waktu yang sama dengan lokasi pengujian yang berbeda disetiap wilayahnya untuk mengefisienkan terlaksananya ujian.

Seleksi ini mulai dilaksanakan pada tahun 2013. Sampai saat ini SBMPTN mengalami banyak sekali perombakan dalam upaya meningkatkan kualitas seleksinya, mulai dari tipe soal LOTS dan HOTS hingga perubahan dalam metode pengujiannya yang berbasis komputer.

Seleksi tahun 2019 akan dilaksanakan dengan ujian yang dinamakan UTBK. Jadi apa itu UTBK?

UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer merupakan sebuah ujian yang dilakukan untuk memperoleh nilai yang berguna untuk standar masuk PTN yang diujikan dengan basis komputer.

Untuk masuk kedalam Perguruan Tinggi Negeri, kita masih menggunakan seleksi bernama SBMPTN, tetapi untuk mendapatkan nilai sehingga bisa digunakan sebagai acuan standarnya, kita menggunakan nilai berdasarkan pengujian UTBK. Jadi secara gampangnya sekarang ini SBMPTN sudah bukan berupa ujian tertulis lagi, tapi berupa seleksi berdasarkan nilai UTBK.

Perbedaan Materi Ujian SBMPTN Dan UTBK

1. SBMPTN
SBMPTN terdiri dari beberapa soal pengujian yang terbagi atas kelompok yaitu :

a. Saintek
  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
b. Soshum
  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
c. Campuran
  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes soal campuran antara SAINTEK dan SOSHUM.

2. UTBK
Materi ujian UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

a. Saintek
  • Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi
b. Soshum
  • Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum: Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi
c. Campuran
  • Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Tes soal campuran antara SAINTEK dan SOSHUM.
Tujuan dari pembuatan artikel ini yaitu sebagai modal pembelajaran bagi kalian semua yang menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk PTN. Karena dengan semakin banyak referensi tentang soal-soal ujian SBMPTN, maka akan mempermudah kita dalam pengerjaan soal nantinya.

SBMPTN Berdasarkan Tahun

Tanpa basa basi lebih panjang lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan SBMPTN berdasarkan tahun pelaksanaan :

1. SBMPTN Tahun 2014

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2014 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


2. SBMPTN Tahun 2015

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2015 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


3. SBMPTN Tahun 2016

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2016 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


4. SBMPTN Tahun 2017

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2017 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


5. SBMPTN Tahun 2018

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2018 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


6. SBMPTN Tahun 2019

Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2019 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian yang membutuhkan soal-soal SBMPTN ini. semoga bermanfaat!! download soal sbmptn dan pembahasannya 2021, utbk saintek, soshum pdf gratis, 2022.
Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments