Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Seleksi Masuk ITB Lulusan SMA/MA/SMK

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Jalur Seleksi Masuk di Institut Teknologi Bandung Lulusan SMA/SMK/MA. Hei sahabat skul, pada pertemuan kali ini artikel yang kami tulis akan membahas tentang jalur apa saja yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung dalam menyeleksi mahasiswa barunya.

Dengan adanya artikel ini kami harap bisa memberikan informasi kepada kalian yang bingung mengenai cara untuk bisa menempuh pendidikan di ITB khususnya bagi kalian yang baru lulus dari jenjang pendidikan menengah atas seperti SMA/SMK/ dan MA.

jalur seleksi masuk itb

Tentang Institut Teknologi Bandung

Nuansa Kota Bandung yang sejuk dan destinasi wisatanya yang menarik menjadikan penilaian positif untuk setiap calon mahasiswa memilih menimba ilmu disini. Oleh karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ITB, maka tak heran begitu banyak calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu disini.

Institut Teknologi Bandung adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Tercatat kampus ini selama beberapa tahun menyandang predikat sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Kampus yang berfokuskan pada teknologi ini berlokasikan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia dimana kampus ini merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia yang mana sudah berdiri sejak 1920 yang pada saat itu dinamakan Technische Hoogeschool te Bandoeng. Kemudian pada tanggal 2 Maret 1959 kampus ini secara resmi diubah namanya menjadi Institut Teknologi Bandung.

Sampai sekarang ini Institut Teknologi Bandung membuka sebanyak 7 Fakultas dan 5 sekolah tinggi yang mana terdapat bermacam-macam Program Studi yang beberapa diantaranya sudah memiliki akreditasi Internasional. Untuk lebih jelasnya kami telah membuat artikel seputar Daftar Fakultas dan Jurusan di ITB.

Jalur Seleksi Masuk ITB

Setiap kampus memiliki caranya masing-masing dalam menyeleksi calon mahasiswanya. Dari tahun ketahun cara yang diterapkan mengalami beberapa perubahan baik proses hingga namanya. Institut Teknologi Bandung untuk sekarang menerapkan tiga jalur seleksi bagi calon mahasiswanya diantaranya adalah.

1. SNMPTN

Seperti Kebanyakan Kampus lain, ITB juga menyaring mahasiswanya dengan menerapkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi ini merupakan penyaringan mahasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan memanfaatkan nilai rapor sebagai bahan acuan seleksi yang digunakan.

Tidak semua orang bisa mendaftar melalui jalur yang satu ini. Setiap sekolah SMA/SMK diberi kuota yang berbeda untuk muridnya bisa mengikuti SNMPTN. Dan setiap Kampus juga memiliki kuota sendiri untuk menerima calon mahasiswanya melalui seleksi ini. ITB sendiri memberikan kuota 35% pada tahun 2020 untuk mahasiswanya yang diterima melalui SNMPTN.

2. SBMPTN

Selain SNMPTN, ITB juga mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN merupakan seleksi saringan masuk yang dilaksanakan secara serentak oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi yang dilaksanakan kali ini mengharuskan calon mahasiswa untuk mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh LTMPT. Kemenristekdikti sejak tahun 2018 telah menerapkan kebijakan baru dalam pelaksanaan SBMPTN dimana seleksi ini dilaksanakan seluruhnya berbasis UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jadi nantinya soal tes akan dilaksanakan seluruhnya dengan menggunakan komputer.

Dalam seleksi ini dibagi atas tiga kelompok yaitu :
  1. Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi)
  2. Kelompok Soshum (Sosial dan Humaniora)
  3. Kelompok Campuran (gabungan antara saintek dan soshum)

Untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN atau UTBK, pada beberapa kesempatan lalu kami telah membuat artikel tentang Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN/UTBK.

3. Ujian Mandiri

Ujian Mandiri adalah sebuah seleksi yang biasanya dilaksanakan secara mandiri oleh setiap Universitas. Ujian Mandiri dilaksanakn tanpa campur tangan dari pemerintah dalam proses penyeleksiannya.

Sebelumnya ITB hanya menerapkan dua seleksi yaitu SBMPTN dan  SNMPTN, namun sekarang ITB membuka kesempatan baru bagi calon mahasiswanya dengan membuka jalur seleksi baru sejak tahun 2019 yaitu Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dengan kuota sebesar 30%.

Ada beberapa hal yang penting diketahui bagi kita yang ingin mencoba melakukan pendaftaran melalui seleksi ini salah satunya adalah dimana seleksi ini diperuntukan hanya untuk kita yang telah mengikuti SBMPTN/UTBK sebelumnya karena pada SM-ITB acuan yang digunakan sebagai seleksinya yaitu menggunakan nilai UTBK. beberapa hal lain yang penting diketahui yaitu :
  1. Berasal dari SMA/MA atau lulusan paket C dan memiliki nilai rapor semester 1 s.d. semester 6.
  2. Memiliki NISN.
  3. Meniliki nilai UTBK.
  4. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SBMPTN/SNMPTN.
  5. Khusus pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.
  6. Tidak buta warna untuk beberapa jurusan pilihan.

Baca :
Show comments