Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Dan Pembahasan Ujian Mandiri UNAIR (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download kumpulan soal dan pembahasan UM UNAIR. Hallo sobat skul, penerimaan mahasiswa baru akan seger dibuka, penantian kita akhirnya sedikit lagi akan tercapai menjadi seorang mahasiswa seutuhnya. Sebelum menjadi mahasiswa, kita tentunya akan disaring dari ribuan calon peminat untuk mencari yang terbaik.

Pada kesempatan ini bahasan kami akan menjadi kabar gembira bagi kalian para calon mahasiswa Universitas Airlangga dimana kami akan menyajikan soal dan pembahasan dari salah satu seleksi penerimaan mahasiswa yang dibuka oleh UNAIR yaitu Ujian Mandiri. Beberapa waktu lalu kami telah mencari dari berbagai sumber terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri di UNAIR. Harapan kami semoga informasi ini bisa menjadi modal kalian semua agar bisa melanjutkan pendidikan di UNAIR atau bahkan di kampus lain.

Universitas Airlangga atau biasa disingkat UNAIR adalah salah satu perguruan tinggi ternama asal Surabaya yang peminatnya tersebar hampir seantero Indonesia. Ada begitu banyak prestasi yang diraih kampus ini, maka tak heran persaingan dalam penerimaan mahasiswa barunya disini selalu ketat disetiap tahunnya. Kampus ini bisa dibilang kampus tua di Indonesia pasalnya kampus ini telah berdiri sejak 10 November 1954 lalu.
kumpulan soal dan pembahasan um unair

Sekilas Tentang Ujian Mandiri Universitas Airlangga

Selain SNMPTN dan Juga SBPMTN, Universitas Airlangga juga melakukan penyeleksian mahasiswa baru lewat ujian yang diselenggarakan secara mandiri. Dibeberapa kampus melakukan penamaan yang khas untuk seleksi ujian mandirinya seperti UI menamai dengan SIMAK UI, dan UGM dengan UTUL UGM. Untuk Unair Sendiri menamai seleksinya dengan istilah "Ujian Mandiri UNAIR" dengan menerima sebanyak 40% mahasiswa dari total keseluruhan mahasiswa barunya.

Universitas Airlangga membuka 3 jenjang penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan SMA Sederajat yaitu Program Diploma 3, Diploma 4, dan Sarjana. Dalam setiap jurusan yang diambil memiliki persyaratan umum yang harus dipenuhi, bahkan ada beberapa jurusan yang memberikan persyaratan khusus bagi calon mahasiswanya seperti tidak menerima lulusan SMK, hingga tidak menerima siswa buta warna dibeberapa prodinya.

Pembagian Kelompok Ujian

Sama seperti UTBK dan ujian mandiri yang lainnya, UNAIR memiliki pembagian kelompok ujian diantaranya :
  1. Kelompok Sains dan Teknologi (SAINTEK)
  2. Kelompok Sosial dan Humaniora (SOSHUM)
  3. Kelompok Campuran (Gabnungan Saintek dan Soshum)

Materi Pengujian

Adapun materi ujian yang harus dihadapi oleh calon mahasiswa Universitas Airlangga adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPA mengujikan 3 kategori yaitu Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kemampuan Penalaran. Sedangkan TKA mengujikan materi yang berbeda disetiap kelompoknya, berikut ulasannya :

1. Kelompok Saintek
  • Tes Potensi Akademik (TPA) : Verbal, Numerik, Penalaran
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris

2. Kelompok Soshum
  • Tes Potensi Akademik (TPA) : Verbal, Numerik, Penalaran
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Bahasa Inggris

3. Kelompok Campuran
  • Tes Potensi Akademik (TPA) : Verbal, Numerik, Penalaran
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Gabungan TKA Saintek dan Soshum

Kumpulan Soal Dan Pembahasan UM Universitas Airlangga

Disini kami akan memberikan link yang akan mengarah ke bagian halaman download sesuai kelompoknya. Tanpa basa - basi lebih lama lagi, berikut kami sampaikan soal dan pembahasan ujian mandiri di Universitas Airlangga :

1. Kelompok Saintek

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Untuk melanjutkan pengunduhan pada kelompok saintek, klik tombol download dibawah ini.

2. Kelompok Soshum

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Untuk melanjutkan pengunduhan pada kelompok soshum, klik tombol download dibawah ini.

3. Kelompok Campuran

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Untuk kelompok Campuran kalian bisa mempelajari soal dan pembahasan dari kelompok Saintek dan Soshum. Adapun soal yang diujikan dalam kelompok ini merupakan gabungan dari keduanya.

Itulah tadi Sedikit informasi yang bisa kami sampai kan, semoga artikel ini bisa membantu kita dalam mempersiapkan diri sebelum masuk perguruan tinggi. contoh soal seleksi masuk unair, ujian mandiri soshum, saintek, tes mandiri undana kupang, pengalaman ujian mandiri, materi, latihan soal tes vokasi, potensi akademik unair, keketatan vokasi, tes masuk kedokteran, potensi akademik, biaya um unair.

Hallo sobat skul, bagi kalian yang suka dengan artikel ini dan merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman - teman kalian ya.
Show comments