Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal dan Pembahasan Seleksi Mandiri UNAIR PDF (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download kumpulan soal dan pembahasan seleksi masuk Universitas Airlangga. Hallo sobat skul, penerimaan mahasiswa baru akan seger dibuka, penantian kita akhirnya sedikit lagi akan tercapai menjadi seorang mahasiswa seutuhnya. Sebelum menjadi mahasiswa, kita tentunya akan disaring dari ribuan calon peminat untuk mencari yang terbaik.

Pada kesempatan ini bahasan kami akan menjadi kabar gembira bagi kalian para calon mahasiswa Universitas Airlangga dimana kami akan menyajikan soal dan pembahasan dari salah satu seleksi penerimaan mahasiswa yang dibuka oleh UNAIR yaitu Ujian Mandiri.

Beberapa waktu lalu kami telah mencari dari berbagai sumber terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri di UNAIR. Harapan kami semoga informasi ini bisa menjadi modal kalian semua agar bisa melanjutkan pendidikan di UNAIR atau bahkan di kampus lain.

Universitas Airlangga atau biasa disingkat UNAIR adalah salah satu perguruan tinggi ternama asal Surabaya yang peminatnya tersebar hampir seantero Indonesia.

Ada begitu banyak prestasi yang diraih kampus ini, maka tak heran persaingan dalam penerimaan mahasiswa barunya disini selalu ketat disetiap tahunnya. Kampus ini bisa dibilang kampus tua di Indonesia pasalnya kampus ini telah berdiri sejak 10 November 1954 lalu.
kumpulan soal dan pembahasan um unair

Sekilas Tentang Ujian Mandiri Universitas Airlangga

Selain SNBP dan tuga SNBT, Universitas Airlangga juga melakukan penyeleksian mahasiswa baru lewat ujian yang diselenggarakan secara mandiri.

Dibeberapa kampus melakukan penamaan yang khas untuk seleksi ujian mandirinya seperti UI menamainya dengan SIMAK UI, dan UGM dengan UTUL UGM.

Untuk Universitas Airlangga Sendiri menamai seleksinya dengan istilah "Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA)" yang diperuntukan bagi jenjang pendidikan Sarjana dan Vokasi.

Dalam seleksi mandiri di UNAIR tahun 2024, terdapat 4 jalur seleksi yaitu Mandiri Prestasi, Mandiri UTBK Plus, Mandiri Reguler dan Mandiri Kemitraan.

Mandiri Prestasi diseleksi berdasarkan hasil prestasi akademik para calon mahasiswa memanfaatkan nilai rapor mereka serta prestasi non akademik yang dimiliki.

Mandiri UTBK Plus diseleksi berdasarkan nilai UTBK SNBT 2024 serta hasil tes mata pelajaran sesuai dengan program studi yang kalian pilih. Jadi kamu wajib mengikuti SBMPTN untuk bisa mengikuti jalur ini.

Mandiri Reguler seleksi yang lebih umum dan bisa diikuti semua kalangan. Seleksi ini menggunakan sistem tes berbasis Computer Based Test (CBT). Materi tes ini terdiri atas Tes Potensi Akademik (TPA) dan Ujian Tulis mata pelajaran sesuai program studi pilihan.

Mandiri Kemitraan dikhususkan bagi para calon mahasiswa yang memiliki rekomendasi dari mitra yang ditunjukkan dengan surat pernyataan. Mitra dapat berasal dari Instansi pemerintahan atau perusahaan yang bekerjasama dengang UNAIR. 

Materi Pengujian

Setiap jalur seleksi mandiri di Universitas Airlangga memiliki jenis tes yang berbeda: Adapun berikut tes yang wajib diikuti untuk setiap jalur nya.
  1. Mandiri Prestasi: Tidak ada tes tulis, hanya diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik.
  2. Mandiri UTBK Plus: Tes mata pelajaran sesuai jurusan yang dipilih.
  3. Mandiri Reguler: Tes mata pelajaran sesuai jurusan yang dipilih & Tes Potensi Akademik (TPA).
  4. Mandiri Kemitraan: Tes mata pelajaran sesuai jurusan yang dipilih & Tes Potensi Akademik (TPA).
Untuk materi tes berdasarkan pilihan program studi bisa dilihat dalam list berikut ini:
  1. Kebidanan: Biologi dan Kimi
  2. Kedokteran: Biologi dan Kimia
  3. Kedokteran Gigi: Biologi dan Kimia
  4. Ilmu Hukum: Sosiologi dan Matematika Dasar
  5. Akuntansi: Ekonomi dan Matematika Dasar
  6. Ekonomi Pembangunan: Ekonomi dan Matematika Dasar
  7. Manajemen: Ekonomi dan Matematika Dasar
  8. Ekonomi Islam: Ekonomi dan Matematika Dasar
  9. Farmasi: Biologi dan Kimia
  10. Kedokteran Hewan: Biologi dan Kimia
  11. Sosiologi: Sosiologi dan Matematika Dasar
  12. Antropologi: Sosiologi dan Matematika Dasar
  13. Ilmu Komunikasi: Sosiologi dan Matematika Dasar
  14. Ilmu Politik: Sosiologi dan Matematika Dasar
  15. Administrasi Publik: Sosiologi dan Matematika Dasar
  16. Ilmu Hubungan Internasional: Sosiologi dan Matematika Dasar
  17. Ilmu Informasi & Perpustakaan: Sosiologi dan Matematika Dasar
  18. Biologi: Biologi dan Kimia
  19. Fisika: Matematika Dasar dan Fisika
  20. Kimia: Biologi dan Kimia
  21. Matematika: Matematika Dasar dan Matematika Lanjut
  22. Teknik Biomedis: Biologi dan Kimia
  23. Teknik Lingkungan: Biologi dan Kimia
  24. Sistem Informasi: Matematika Dasar dan Fisika
  25. Statistika: Matematika Dasar dan Fisika
  26. Kesehatan Masyarakat: Biologi dan Kimia
  27. Gizi: Biologi dan Kimia
  28. Psikologi: Sosiologi dan Matematika Dasar
  29. Bahasa & Sastra Indonesia: Bahasa Indonesia dan Matematika Dasar
  30. Bahasa & Sastra Inggris: Bahasa Inggris dan Matematika Dasar
  31. Ilmu Sejarah: Sejarah dan Matematika Dasar
  32. Bahasa dan Sastra Jepang: Bahasa Indonesia dan Matematika Dasar
  33. Keperawatan: Biologi dan Kimia
  34. Akuakultur: Biologi dan Kimia
  35. Teknologi Hasil Perikanan: Biologi dan Kimia
  36. Kedokteran Hewan (FIKKIA Banyuwangi): Biologi dan Kimia
  37. Kesehatan Masyarakat (FIKKIA Banyuwangi): Biologi dan Kimia
  38. Akuakultur (FIKKIA Banyuwangi): Biologi dan Kimia
  39. Teknik Industri: Matematika Dasar dan Fisika
  40. Teknik Elektro: Matematika Dasar dan Fisika
  41. Rekayasa Nanoteknologi: Matematika Dasar dan Fisika
  42. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan: Matematika Dasar dan Fisika
  43. Teknologi Sains Data: Matematika Dasar dan Fisika

Soal dan Pembahasan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga

Disini kami akan memberikan link yang akan mengarah ke bagian halaman download sesuai kelompoknya. Kamu bisa menggunakan contoh soal dibawah untuk bahan pembelajaran. 

Disana tersedia soal dan pembahasan seleksi mandiri UNAIR untuk Tes Potensi Akademik (TPA) hingga tes sesuai prodi yang dipilih. Sesuaikan saja dengan kelompok jurusan mu.

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Tanpa basa - basi lebih lama lagi, berikut kami sampaikan soal dan pembahasan ujian mandiri di Universitas Airlangga:

1. Kelompok Saintek

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Untuk melanjutkan pengunduhan pada kelompok saintek, klik tombol download dibawah ini.

2. Kelompok Soshum

Soal dan pembahasan Ujian Mandiri Unair ini diambil dari kumpulan beberapa sumber di Internet. Untuk melanjutkan pengunduhan pada kelompok soshum, klik tombol download dibawah ini.

Semua informasi terkait seleksi mandiri di Universitas Airlangga mulai dari persyaratan, daya tampung, tata cara pendaftaran, materi test, biaya pendaftaran dll, dapat kamu akses dalam laman resmi mereka http://www.ppmb.unair.ac.id

Itulah tadi Sedikit informasi yang bisa kami sampai kan, semoga artikel ini bisa membantu kita dalam mempersiapkan diri sebelum masuk perguruan tinggi.

Contoh soal seleksi masuk unair, ujian mandiri soshum, saintek, tes mandiri undana kupang, pengalaman ujian mandiri, materi, latihan soal tes vokasi, potensi akademik unair, keketatan vokasi, tes masuk kedokteran, potensi akademik, biaya um unair.

Hallo sobat skul, bagi kalian yang suka dengan artikel ini dan merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman - teman kalian ya.
Show comments