Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP BBG Banda Aceh 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (TERBARU). Hello sahabat skul, teramat senang rasanya karena hingga detik ini kami tetap bisa untuk konsisten menghadikan tulisan yang berguna untuk kita semua. Pembahasan yang kami ambil masih sama seperti sebelumnya yaitu terkait daftar fakultas dan jurusan diseluruh Universitas Negeri maupun Swasta di Indonesia. Pada beberapa ulasan lainnya, kami juga telah menulis mengenai soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Ada satu hal yang mesti kita pikirkan dengan matang sebelum melangkah kejenjang perkuliahan yaitu kita harus tepat dalam menentukan Jurusan perkuliahan. Dengan Jurusan perkuliahan yang tepat, hal itu akan menentukan bagaimana nantinya jalannya kuliah kita dan pekerjaan seperti apa yang akan kita peroleh setelah lulus.

Selain harus cermat dalam menentukan Jurusan, menentukan Universitas juga harus kita lakukan dengan tepat. Menentukan Perguruan Tinggi yang tepat berarti kita memilih kampus yang tepat terkait letak kampus yang sesuai dengan tempat yang kita inginkan dan biaya kuliah yang sesuai dengan keuangan kita. Dengan kita berada dalam Universitas yang tepat diharapkan hal itu akan mendukung jalannya kuliah kita dalam hal kenyamanan dan biaya.

daftar jurusan stkip bbg

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan topik bahasan kita terkait daftar Jurusan di STKIP Bina Bangsa Getsempena, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan mempunyai definisi sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Psikologi, Hubungan Internasional, Teknik Industri dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas mempunyai definisi sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang didalamnya terdapat Jurusan Pendidikan Guru Paud, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UII, ITB, UNIDA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Sosiologi, Ilmu Administrasi Negara).

Tentang STKIP Bina Bangsa Getsempena

Untuk kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Aceh, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu UTU, STAIN Meulaboh, dan IAIN Lhokseumawe. Namun selain kampus tersebut, ada lagi salah satu kampus yang juga menjadi favorit disini yang tepatnya berada di Banda Aceh yaitu ada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena atau lebih akrab disebut dengan singkatan STKIP BBG.

STKIP BBG merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Tanggul Krueng Aceh No.34 Rukoh, Darussalam, Rukoh, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. STKIP BBG didirikan berdasarkan surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 138/D/0/2003 tertanggal 5 September 2003.

Pada awal didirikannya, kampus ini baru menyelenggarakan 3 Prodi diantaranya D-II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK), dan S-1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Selanjutnya ada penambahan 3 prodi baru sejak tahun 2008 diantaranya S-1 Pendidikan Matematika, S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Daftar Jurusan Di STKIP BBG

Hingga sekarang STKIP BBG membuka sebanyak 6 Program Sarjana dan 1 Program Profesi yang cukup bervariasi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di STKIP BBG.
  1. S1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. S1 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
  3. S1 Prodi Pendidikan Guru Paud
  4. S1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  5. S1 Prodi Pendidikan Jasmani
  6. S1 Prodi Pendidikan Matematika
  7. Pendidikan Profesi Guru

STKIP BBG merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana kampus ini merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di STKIP BBG yang setiap tahunnya selalu meningkat. Adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. web stkip, jurusan pgsd di aceh, ejournal bbg ac id, logo, sop, biaya kuliah, pengumuman, bakak, visi misi, nama dosen stkip bbg, yayasan getsempena, universitas swasta pendidikan, stikes aceh, stkip bina bangsa meulaboh, daftar stkip, opensimka, pendaftaran, bidikmisi stkip bbg.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments