Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Seleksi Masuk ITS Untuk Lulusan SMA/SMK

Daftar Isi [show]

jalur seleksi masuk its lulusan sma
Soalskul.com - Jalur Seleksi Masuk ITS Untuk Lulusan SMA/SMK. Hai sobat skul,kembali lagi dengan kami pada kesempatan ini yang akan membawakan sebuah artikel yang menurut kami cukup penting untuk diketahui bagi kalian semua yang baru saja lulus baik di SMA/MA/SMK.

Disini kami akan membagikan informasi seputar dunia perkuliahan lagi khususnya ITS pada kesempatan kali ini. Dimana sekarang kita akan membahas tentang jalur apa saja sih yang bisa diambil bagi para pejuang kampus khususnya lulusan SMA sederajat agar bisa masuk kedalam kampus idaman ini? (ITS).

Tentang ITS

Pendidikan merupakan sebuah batu loncatan bagi kita untuk bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Dengan pendidikan kita akan menjalani hidup yang lebih terarah dan membuka wawasan kita tentang apa saja yang ada didunia ini dan bagai mana untuk bisa mendapatkannya.

Salah satu jenjang pendidikan yang ada yaitu adalah Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi baik Negeri / Swasta menawarkan jasa bagi setiap individu untuk bisa mengasak karakteristik dan skill yang dimiliki.

Salah satu yang terbaik dari sekian banyak perguruan tinggi di Indonesia adalah ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Tak jauh berbeda seperti namanya, kampus yang satu ini didirikan pada 10 November 1957 tepatnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dari sekian banyak prodi yang ada di ITS, prodi favorit di ITS yang menjadi impian kebanyakan calon maba didominasi oleh jurusan teknik, diantaranya adalah Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknik Lingkungan.

Jalur Seleksi Masuk ITS

Setiap tahunnya kampus ini selalu dibanjiri dengan calon mahasiswa yang siap untuk memperebutkan posisi di bangku perkuliahannya. Ada banyak jalur untuk bisa bergabung dengan ITS khususnya bagi kalian yang baru lulus SMS/MA/SMK yaitu diantaranya :

1. SNMPTN

Pada jalur pertama yang akan kita bahas yaitu SNMPTN. jadi apa itu SNMPTN?

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan bagi siswa / siswi berprestasi untuk bisa masuk perguruan tinggi pilihannya dengan menyertakan nilai rapor semester 1 sampai 5 selama di jenjang SMA.

Untuk ITS sendiri melalui SNMPTN ini membuka untuk program studi sarjana yang di selenggarakan oleh ITS, dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali prodi Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah Kota, Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan menerima juga calon maba dari jurusan non eksakta.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tidak semua siswa bisa ikut dalam seleksi SNMPTN. Setiap sekolah diberi kuota untuk siswanya agar bisa mengikuti seleksi yang satu ini. Jadi siswa yang bisa mengikuti SNMPTN merupakan mereka yg terpilih atas kebijakan masing-masing sekolah. Biasanya mereka yang terpilih merupakan siswa yang mendapatkan hasil pembelajaran yang baik serta memiliki prestasi yang baik pula.

2. SBMPTN

Jalur seleksi selanjutnya yang bisa ditempuh yaitu SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau lebih sering disingkat SBMPTN adalah sebuah seleksi bersama yang diselenggarakan untuk menjaring calon mahasiswa melalui ujian yang diselenggarakan.

Jalur yang satu ini diperuntukan tidak hanya untuk siswa yang baru lulus SMA saja tetapi bisa juga diikuti oleh mereka yang telah beberapa tahun lulus. Ada batasan bagi mereka yang ingin ikut SBMPTN, biasanya mereka yang bisa ikut SBMPTN yaitu dari lulusan tahun itu dan lulusan 2 tahun sebelumnya.

Alokasi daya tampung mahasiswa melalui seleksi ini setiap tahunnya berubah-rubah, adapun untuk tahun 2019 daya tampung yang dikeluarkan yaitu sebesar 40% dari total daya tampung seluruh jalur seleksi.

Adapun kelompok ujian yang ada dalam seleksi ini dibagi atas 3 diantaranya :
  1. Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi)
  2. Kelompok Soshum (Sosial dan Humaniora)
  3. Kelompok Campuran (gabungan antara saintek dan soshum)
Sejak awal pelaksanaan ujian SBMPTN diusung dengan tes yang menggunakan kertas (PBT), namun sejak tahun 2019 lalu mulai diterapkan ujian yang berbasiskan komputer untuk seleksi ini. Nama ujian yang dilakoni dinamakan dengan nama UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

3. Ujian Mandiri

Setiap Universitas kebanyakan mengadakan yang namaya Ujian Mandiri, Ujian mandiri berbeda dengan SNMPTN maupun SBMPTN dimana ujian yang satu ini diselenggarakan secara langsung oleh pihak kampus dengan kebijakannya sendiri.

Adapun Ujian Mandiri yang bisa diikuti bagi kalian yang telah lulus SMA sederajat yang diselenggarakan oleh ITS diantaranya adalah :

UMDESAIN

UMDESAIN merupakan jalur seleksi masuk jenjang Sarjana jurusan Desain Produk Industri. Seleksi jalur ini diselenggarakan melalui tes tertulis untuk semua peserta. Apabila tidak lulus dalam seleksi ini, maka hasil tes jalur UMDESAIN bisa digunakan untuk mengikuti ujian mandiri jalur PKM yang nantinya akan diselenggarakan.

SKM

SKM adalah salah satu jalur seleksi yang bisa ditempuh bagi para pejuang ITS untuk bisa bergabung menjadi jajaran mahasiswa ITS khususnya bagi kalain yang baru lulus SMA.

SKM atau Seleksi Kemitraan dan Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru ITS. Sesuai namanya, jalur seleksi ini dibedakan atas 2 yaitu :
  • Program kemitraan
Program kemitraan diperuntukan bagi siswa SMA/MA/SMK sesuai dengan syarat ketentuan yang dikeluarkan ITS dan merupakan utusan Instansi Mitra (Perusahaan,/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang memiliki nota kesamaan dengan ITS yang ditunjukan dengan adanya MoU dan MoA.
  •  Program Mandiri
Seleksi Program Mandiri ini diperuntukan untuk siwa lulusan SMA/MA/SMK yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi PKM ITS Untuk semua Program studi akan didasarkan pada nilai yang diperoleh dari hasil ujian UTBK atau nilai ujian tulis ITS, Nilai Rapor, Deskripsi diri, dan Prestasi lainnya. Dan Khusus peminat Program Studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas, Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah Portofolio

Begitu saja informasi yang bisa kami sampaikan, mohon maaf sebelumnya bila ada salah kata. Semoga artikel ini bisa menambah minat kalian untuk bisa bergabung menjadi Mahasiswa yang nantinya akan memajukan bangsa ini.

Jika kalain suka dengan artikel ini, jangan lupa sebar keteman kalian ya

Baca :  
Show comments