Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI): Definisi, Jenis, dan Struktur

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Definisi, jenis, stuktur, dan tips membuat karya tulis ilmiah (KTI). Halo guys, pernah ga sih kalian menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI)?, mungkin beberapa diantara kalian sudah pernah ya membuat sebuah karya ilmiah.

Atau mungkin kalian tidak sadar bahwa kalian sudah pernah membuat salah satu jenis dari karya ilmiah? hehee. Karya ilmiah memiliki berbagai jenis seperti makalah, skripsi, artikel dsb.

Buat kamu para mahasiswa atau pelajar pasti tidak asing lagi dengan karya ilmiah. Bahkan sebagai syarat lulus perkuliahan para mahasiswa dituntut untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi.

Dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar kita harus mempertimbangkan dari berbagai aspek muali dari teknik penulisan, susunan penulisan, bahasa hingga kesahihan data yang digunakan.

Berbeda dengan esai yang hanya terdiri dari bagian pendahuluan, pembahasan, dan penutup, namun didalam KTI kamu akan membuat sebuah tulisan dengan struktur yang lebih komplek lagi mulai dari pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, metodologi hingga daftar pustaka.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait definisi, jenis, struktur, hingga tips dan trik yang bisa kamu terapkan dalam membuat karya tulis ilmiahmu sendiri. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung simak pembahasannya dibawah ya!!

6 Tips Membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Definisi Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Karya Tulis Ilmiah atau biasa disingkat KTI merupakan sebuah karya tulis dari hasil penelitian kita yang diciptakan untuk memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Penulisan karya ilmiah dilakukan dengan runtut sesuai aturan yang ada dan sistematis yang berisi sebuah data, fakta, dan solusi sebuah permasalahan.

Jenis -jenis Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Mungkin untuk orang yang awam dalam dunia penelitian tidak mengetahui apa saja jenis-jenis dari karya tulis ilmiah. Berikut merupakan jenis dari karya ilmiah:

1. Artikel

Artikel merupakan tulisan yang isinya merupakan pendapatdari seseorang tentang suatu masalah atau peristiwa.

2. Makalah

Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang diselesaikan dengan memanfaatkan data-data yang ada di lapangan.

3. Kertas Kerja

Kertas kerja atau Work Paper pada dasarnya merupakan sebuah makalah, namun dibuat dengan melakukan analisis lebih mendalam dan dipresentasikan kepada para ilmuan.

4. Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat mendapat gelar sarjana (S1).

5. Tesis

Tesis merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat mendapat gelar Magister (S2).

6. Disertasi

Disertasi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat mendapat gelar Doktor (S3).
Baca Juga : Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di HP Android dan iOS

Struktur Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Umumnya KTI memiliki detail struktur yang berbeda-beda sesuai isinya. Namun berikut merupakan garis besar struktur penulisan karya tulis.

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
ABSTRAK


BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Rumusan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian


BAB II KAJIAN PUSTAKA

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
3.2 Waktu dan Tempat Penelitian
3.3 Populasi
3.4 Sampel
3.5 Teknik Pengumpulan Data
3.6 Responden Penelitian
3.7 Teknik Analisis Data


BAB IV PEMBAHASAN

BAB V KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran


DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BIOGRAFI PENULIS
Baca Juga : Definisi, Struktur, dan 5 Tips Menulis Esai yang Baik dan Benar

Tips Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI)

1. Pilih topik yang menarik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengangkat topik yang menarik. Dengan topik yang menarik pasti akan meningkatkan ketertarikan pembaca atau juri terhadap karya ilmiahmu. Akan tetapi kita tidak bisa asal mengambil topik, kita harus mempertimbangkan sasaran pembaca dari karya ilmiah ini agar lebih tepat sasaran.

2. Pahami dulu permasalahan yang akan diangkat

Setelah kita menentukan topik apa yang akan di angkat dalam karya ilmiahmu, sekarang waktunya buat kamu untuk memahami lebih mendalam tentang permasalahan yang kmu ambil.

Dengan kurangnya pemahaman kita terhadap permasalahan yang diangkat, maka hal tersebut bisa menjadi penghambat dalam proses penulisan nantinya. Hal tersebut juga akan mempermudah dalam membawa tulisanmu mau diselesaikan kearah mana.

3. Perbanyak literatur

Dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah kita pasti dituntut untuk membaca banyak sumber referensi untuk menemukan data, fakta dan membangun solusi yang tepat.

Sumber bacaan tersebut bisa kamu dapatkan dalam bentuk buku, artikel, jurnal ilmiah, dan jenis-jenis karya tulis ilmiah lainnya. Dengan hal tersebut tentunya akan membuatmu menemukan kemudahan dalam menyusun KTI.

4. Pastikan kamu menggunakan data yang valid

Setelah kamu membaca banyak referensi pasti kamu akan mengambil data dan fakta dari referensimu tersebut. Sekarang tugasmu adalah memastikan bahwa data dan fakta yang kamu masukan merupakan sesuatu yang benar keadaannya. Kamu bisa melakukan perbandingan dengan berbagai sumber yang lain untuk membuktikan kebenaran dari data dan faktanya.

5. Perhatikan cara penulisan yang baik

Tidak hanya ide dan isinya saja yang mesti kamu perhatikan. Namun dari segi penulisan dan strukturnya juga harus kamu perhatikan. Kamu harus memasukan struktur penulisan KTI dengan tepat sehingga pembaca bisa dengan mudah memahami dan mengidentifikasi apa yang kamu tulis. Penggunaan bahasa juga harus kamu perhatikan sesuai kaidah penulisan yang baik.

6. Lakukan evaluasi dan pengecekan ulang

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan evaluasi dan cek ulang terhadap karya tulismu muali dari judul, pendahuluan, isi, penutup, hingga daftar pustaka. Kamu bisa memastikan penulisan yang kamu buat benar dan membenarkan penulisan kata yang salah hingga kalimat yang rancu.

Dengan hal tersebut bisa meminimalisir kesalahan yang bisa berujung fatal. Kamu bisa memperhatikan apakah konten yang kamu gunakan sudah relevan dengan ide dan tujuan dari penulisanmu ataupun belum.
Baca Juga : Mengenal Kampus Merdeka - KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Penutup

Itulah tadi pembahasan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga ulasannya bisa bermanfaat untuk kalian semua dan membantu kalian dalam memahami hingga menyusun karya tulis ilmiahmu.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. contoh, struktur, karya tulis ilmiah kesehatan, mahasiswa pdf, tentang covid 19, pendidikan, lingkungan hidup.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "6 Tips Membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI): Definisi, Jenis, dan Struktur"