Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi, Struktur, dan 5 Tips Menulis Esai yang Baik dan Benar

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Tips membuat Esai yang baik dan lengkap disertai definisi dan strukturnya. Pasti kamu sedang mencari tahu apa itu essay kan? mungkin kamu sedang ditugaskan oleh gurumu untuk membuat essay? Kamu sedang mencari banyak referensi agar essay yang kamu buat bisa maksimal dan jadi yang terbaik? Disini kami akan mengupas secara tuntas mulai dari definisi, struktur hingga tips dalam membuat essay.

Hallo guys, balik lagi nih bersama kami yang selalu memberikan informasi menarik dan bermanfaat tentunya. Pada artikel kali ini kami akan mengajak kalian untuk memahami apa aja sih tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat esai.

Esai memiliki perbedaan yang cukup menonjol dibandingkan dengan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Esai memiliki struktur penulisan yang tidak terlalu kompleks hanya terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup, sedangkan KTI memiliki struktur mulai dari BAB I/Pendahuluan (Latar Belakang, Tujuan, Rumusan Masalah, Metode) dsb.

Menulis esai merupakan hal yang biasa disinggung dalam mata pelajaran seperti bahasa hingga sejarah. Selain itu esai juga sering banget nih muncul saat kita mendaftarkan beasiswa hingga mengikuti lomba. Namun sebelum menulis esai, kalian tau ga sih apa itu esai, dan apa aja struktur yang dibutuhkan dalam membuat esai? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak penjelasannya dibawah ya!!

Definisi, Struktur, dan 5 Tips Menulis Esai

Definisi Essay

Essay merupakan sebuah tulisan yang menjabarkan opini penulis dalam objek atau tema tertentu yang dicoba untuk dinilainya (Dalman, 2011). Esai merupakan bentuk karangan yang disusun dalam bentuk paragraf.

Esai adalah salah satu karya tulis ilmiah yang membahas tentang kejadian yang terjadi dilingkungan masyarakat berupa fakta atupun pengalaman, menurut pendapat atau pandangan penulis mengenai hal yang diangkat.

Baca Juga : GRATIS! Cara Merekam / Record Layar Google Meet di HP

Struktur Penulisan Esai

Semua struktur yang ada di dalam penulisan esai tidaklah dijabarkan dalam bentuk tulisan namun kita cukup langsung menjabarkannya dalam bentuk paragraf. Dalam menulis esai, ada 3 struktur yang harus diperhatikan diantaranya:

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan akan berisi tentang pernyataan umum dan latar belakang mengenai topik yang akan diangkat. Dibagian pendahuluan juga berisi tentang ide pokok dalam esai.

Dalam pendahuluan secara lebih gampangnya merupakan gambaran dari isi yang akan dibahas dalam esai sehingga akan mempermudah pembaca dalam memahami isi pada bagian selanjutnya.

2. Isi / Pembahasan

Pada bagian ini merupakan inti dari sebuah esai itu sendiri. Pada bagian pembahasan penulis akan menjabarkan semua ide dan opininya secara rinci. Didalam pembahasan biasanya akan dimasukan terkait ilustrasi, mencari sebab akibat, menjelaskan konsekuensi, cara kerja atau fungsi dsb.

3. Penutup

Bagian terakhir dari sebuah esai adalah penutup yang mana akan berisi tentang rangkuman dari pendahuluan dan isi yang telah dijabarkan sebelumnya. Unsur yang ada didalam penutup biasanya berisi kesimpulan, saran hingga daftar pustaka.
Baca Juga : Tips Memilih Kuliah di Luar Negeri Vs Dalam Negeri, Bagus Mana?

Tips Menulis Esai yang Baik dan Benar

1. Mulailah dengan pendahuluan yang menarik

Bagian pendahuluan merupakan bagian yang sangat krusial bagi sebuah esai. Karena dengan pendahuluan yang menarik dan tersusun dengan baik, maka besar kemungkinan esaimu akan mudah dilirik dan dipahami isinya. Kamu bisa memulai kalimatmu dengan membahas suatu fakta yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

2. Masukkan sebuah konflik

Sebuah esai akan lebih menarik dengan adanya konflik yang banyak dirasakan oleh orang-orang. Konflik disini tidak harus berasal dari permasalahan yang berat, tetapi cukup dengan menjelaskan tujuan dari esai ini yaitu untuk memberikan sebuah opini atau gagasan dari konflik tersebut sehingga esaimu akan terlihat lebih bermutu karena adanya penyelesaian.

3. Berikan ide yang mudah dipahami

Pada dasarnya ide yang diangkat dalam sebuah esai berasal dari tema yang ditentukan. Namun tidak semua penulis pasti menguasai tema yang diangkat.

Mau tidak mau kamu harus mendalami terlebih dahulu tema yang diangkat sehingga ide atau pendapatmu yang akan dituangkan dalam esai bisa lebih tepat sasaran dan mudah dipahami.

4. Gaya penulisan yang baik

Dalam sebuah esai kita pasti sangat mengandalkan kata-kata sebagai kekuatannya. Esai yang bagus merupakan esai yang memiliki gaya penulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan dan yang terpenting tidak bertele-tele.

Tentunya hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, karena dengan gaya penulisan yang baik bisa memberi kemudahan pembaca dalam menyerap opini yang kamu berikan.

5. Gunakan data yang valid

Merujuk pada data yang valid merupakan hal yang sangat penting kamu terapkan dalam sebuah esai. Karena tidak mungkin kan kita membuat esai tapi ternyata data yang kamu berikan merupakan data yang tidak benar adanya, itu artinya sama saja kamu menyebarkan berita hoax.

Untuk menghindari data yang kamu tulis tidak valid, kamu bisa membandingkan data tersebut dengan berbagai sumber terpercaya lainnya atau bila perlu kamu bisa mendapatkan datamu langsung pada pihak atau situs aslinya.
Baca Juga : Mengenal Kampus Merdeka - KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Penutup

Itulah tadi sedikit tips dari kami buat kalian semua yang sedang mencoba membuat esai. Semoga ulasan kami ini memberi kamu pemahaman yang cukup sehingga mempermudah dalam penyusunan esai nantinya.

Semua orang akan mati kecuali karyanya, menulis merupakan salah satu karya yang luar biasa. contoh, cara menusil, membuat, format, kerangka penulisan essay lomba, yang baik untuk mahasiswa, menarik, beasiswa, pdf.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Definisi, Struktur, dan 5 Tips Menulis Esai yang Baik dan Benar"