Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kampus Merdeka - KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Hallo sobat skul, pasti kamu sedang mencari tahu tentang apa itu kampus merdeka kan?, dan kamu sekarang mungin sedang tertarik dengan salah satu program Kampus Merdeka yakni KKNT? Disini kami mengupas secara tuntas mulai dari lata belakang, tujuan, kategori dan tema, hingga proses pelaksanaannya.

Kampus Merdeka memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa dalam mengambil mata kuliah diluar jurusan dengan melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semestr (SKS).

Dalam hal ini Perguruan tinggi wajib memberikan hak mahasiswa untuk mengambil ataupun tidak SKS diluar kampusnya sebanyak 2 semester (40 SKS) atau mahasiswa juga dapat mengambil SKS di prodi lain dalam kampusnya sebanyak 1 semester dari total semester yang harus ditempuh (selein prodi kesehatan).

Yuk Daftar Kampus Merdeka - KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)
Menurut Menteri Pendidikan Nadiem Makarim kini bobot SKS untuk kegiatan diluar kelas sangat kecil sehingga menutup mahasiswa untuk lebih berpengalaman. Terdapat perubahan makna dari SKS menurut Nadiem yang sebelumnya diartikan sebagai “Jam Belajar” kini dimaknai sebagai “Jam Kegiatan”.

Kegiatan disini mencakup belajar di dalam kelas, magang, pertukaran pelajar, pengabdian masyarakat, wirausaha, riset, studi independen, hingga kegiatan mengajar didaerah terpencil.

Salah satu pengabdian masyarakat yang biasa dijumpai oleh mahasiswa adalah program KKN. Kamu pasti sering mendengar istilah Tri Dharma Perguruan Tinggi kan?

Istilah tersebut mengandung arti bahwa selain mendapatkan pembelajaran, mahasiswa juga harus turut andil dalam pengabdian masyarakat. Dengan KKN akan membuat mahasiswa lebih peka dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya.

Melalui program Kampus Merdeka - Merdeka Belajar, Mendikbud membuka program sebagai wadah pengabdian masyarakat bagi para mahasiswa ditengah pandemi Covid-19 agar terus terealisasikan yang dinamakan KKN Tematik.

Hingga sekarang ini kasus terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat, dalam rangka membantu pengurangan penyebaran Covid-19, mahasiswa diharapkan bisa mengikuti proram KKN Tematik Covid-19 ini.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan baru dari Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Tujuan utama dari dibuatnya kebijakan ini yaitu untuk membuat para mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang nantinya akan berguna untuk memasuki dunia kerja.

Adanya konsep belajar merdeka ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan para mahasiswa mendapat pendidikan diluar kampus. Selain program belajar dan pengabdian yang ditawarkan, rupanya dalam Kampus Merdeka memiliki program lain yang dipecah lagi kedalam 8 program diantaranya:

  1. Pertukaran Pelajar
  2. Magang / Praktik Kerja
  3. Mengajar Di Sekolah
  4. Penelitian / Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Studi / Proyek Independen
  8. Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT)
Dengan melakukan pengabdian masyarakat akan ada banyak hal positif yang bisa didapat bagi kita bahkan masyarakat. Dengan mengabdi kita dituntut untuk membentuk tatanan masyarakat menjadi lebih baik dalam pengelolaannya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih detail terkait salah satu program yang ada di Kampus Merdeka yaitu program Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah sini ya!!

Latar Belakang KKNT

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah sebuah bentuk pendidikan dengan memberikan pengalaman belajar pada para mahasiswa untuk berkecimpung langsung ditengah masyarakat, dan secara langsung mahasiswa bersama masyarakat mengidentifikasi potensi sekaligus menangani masalah yang ada sehingga harapannya bisa meningkatkan potensi desa / daerah dan menciptakan solusi untuk masalah yang ada.
Baca Juga : 6 Manfaat yang Bisa Kamu dapat Dalam Pengabdian Masyarakat

Tujuan KKNT

1. Pemberdayaan Personal

  • Meningkatkan kompetensi dan peran mahasiswa sebagai agent of change untuk masyarakat.
  • Meningkatkan jiwa kerelawanan dan kemampuan kolaborasi (interprofessional dan transprofessional).
  • Memacu kontribusi konkrit mahasiswa dalam penanganan Covid19 dan peningkatan literasi dan numerasi.

2. Pembedayaan Masyarakat 

Mengembangkan kapasitas, pengetahuan dan mendorong peningkatan kesadaran masyarakat dalam perubahan perilaku hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan komunitasnya

3. Pemberdayaan Institusi

Memperkuat kontribusi PT dalam penanganan Covid-19 dan sebagai implementasi kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar serta Kampus Mengajar

Kategori dan Tema KKNT

Peserta dapat memilih kategori KKNT sebagai berikut :
  1. KKNT Covid19 Daring
  2. KKNT Covid19 Luring
  3. KKNT Literasi & Numerasi Daring
  4. KKNT Literasi & Numerasi Luring
Baca Juga : Tentang Beasiswa AWS Dicoding: Cloud and Back-End Developer Scholarship

Lingkup Peserta KKNT

  1. Peserta KKNT adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, minimal semester 4.
  2. Untuk KKNT Covid-19, diutamakan untuk mahasiswa bidang kesehatan.
  3. Peserta KKNT membentuk kelompok (1 kelompok = 10 – 12 orang) dan setiap kelompok didampingi 1 dosen pembimbing.
  4. Perguruan tinggi menugaskan kelompok peserta dan dosen pembimbing.
  5. Khususnya untuk KKNT luring, penugasan peserta KKNT sesuai dengan domisili tempat tinggal peserta KKNT dan tidak menyebabkan perpindahan penduduk dari 1 daerah ke daerah lainnya.

Fasilitas Bagi Para Peserta KKNT

  1. Pengakuan kredit (sks) dan sertifikat pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kinerjanya. Mekanisme pengakuan sks sesuai kebijakan dari setiap PT.
  2. Pembekalan secara nasional melalui open course dan webinar series yang akan difasilitasi oleh Ditjen Dikti Kemdikbud bekerjasama dengan mitra.
  3. Fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) untuk peserta KKNT luring yang akan difasilitasi oleh BNPB.

Proses Pelaksanaan

Buat kamu nih yang tertarik dengan program dari Mendikbud yang satu ini, berikut merupakan proses pelaksanaannya dari mulai pendaftaran hingga akhir pelaksanan

proses pelaksanaan kampus merdeka kknt
Baca Juga : Beasiswa Berklee College of Music, Wujudkan Mimpi Bermusikmu!!

Penutup

Itulah tadi sedikit pemaparan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga ulasannya bisa menambah wawasan kalian dan membuka pemahaman kalian tentang KKNT ini. Menuntut ilmu dan mengabdi kepada rakyat bukanlah dua perkara yang sepantasnya dipisah-pisahkan. apa itu, proker kkn tematik kampus merdeka covid, dan reguler, kelebihan dan kekurangan, kapan, contoh, cara daftar, syarat kampus merdeka diterapkan pdf.
Show comments