Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Import Soal Word ke Google Form di HP dengan Form Builder

Daftar Isi [show]

Cara Import Soal Word ke Google Form di HP dengan Form Builder

Soalskul.com - Cara mudah dan lengkap memindahkan soal dari Word ke Google Form tanpa Copy Paste menggunakan Form Builder. Halo sahabat skul, balik lagi nih sama kami yang pastinya selalu hadir memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat tentunya hehee.

Untuk artikel yang akan kami bawakan kali ini kembali membahas tentang tips dalam Google Form yang banyak banget di request oleh teman-teman nih yaitu tentang cara import soal word ke google form dengan menggunakan HP.

Akhir-akhir ini memang kita diharuskan untuk tetap beraktivitas meskipun dirumah saja tak terkecuali dalam aktivitas sekolah. Banyak cara baru yang ditempuh oleh orang-orang untuk tetap bisa melakukan kegiatan belajar-mengajar.

Salah satu cara yang bisa dibilang baru yaitu penggunaan Google Form sebagai media ujian bagi para siswa. Google form dipilih karena menawarkan pembuatan formulir online dengan banyak fitur menarik dan tampilan yang mudah untuk dipahami.

Dalam membuat formulir di Gform sebenarnya bisa kita lakukan secara manual satu persatu, akan tetapi hal itu tentunya akan menyulitkan kita bila pertanyaan yang kita miliki jumlahnya ratusan.

Maka dari itu untuk menyingkat waktu, import data merupakan salah satu solusi yang banyak digunakan oleh beberapa orang untuk memindahkan soal dari word ke dalam Google Form.

Untuk kalian yang bingung dengan cara import data atau memindahkan soal di word ke dalam google form tanpa copy paste, simak ulasannya dibawah ya!!.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum melanjutkan tutorialnya, ada beberapa hal yang mestinya kamu persiapkan terlebih dahulu diantaranya :
  1. Koneksi Internet
  2. Instal Google Drive
  3. Instal Googe Docs
  4. Soal dalam dokumen MS. Word (bisa saja diganti dengan format lain, akan tetapi dalam tutorial ini kami menggunakan contoh format Word).
  5. Instal plugin Form Builder di Google Form (lakukan instalasi plugin dengan menggunakan komputer untuk cara yang lebih mudah)
Jika kelengkapan diatas sudah terpenuhi, kalian bisa lanjut pada pembahasan dibawah sini!!
Baca Juga : Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Karimun 2021 (TERBARU)

Cara Instal Form Builder di Laptop

Langkah 1 : Tekan ikon titik 3 yang ada di bagian kanan atas halaman lalu klik “add-ons”.

Langkah 2 : Dikolom pencarian ketikan “Form Builder” lalu klik plugin “Form Builder” pada hasil yang ditampilkan.

instal form builder

Langkah 3 : Kamu akan diarahkan ke halaman penginstalan plugin Form Builder lalu klik “instal”

Langkah 4 : Jika proses instalasi berhasil maka akan muncul ikon baru Form Builder yang ada di sebelah icon tema dibagian atas halaman.

Cara Memindahkan Soal dari Word ke Google Form dengan HP

Langkah 1 : Siapkan soal dalam dokumen MS. Word dengan format Doc atau Docx.

Langkah 2 : Upload soal ke Google Drive (pastikan gmail Gdrive dan Gform merupakan gmail yang sama untuk memudahkan proses pemindahan)

Langkah 3 : Setelah upload berhasil, buka file tadi yang ada di Google Drive dengan menggunakan Google Documen dengan cara tekan titik 3 pada samping kanan file lalu pilih “open with”, dan klik “Google Docs”.

Langkah 4 : Otomatis soal akan terbuka di aplikasi Google Docs yang sudah terinstal di HPmu, pastikan soal dan jawaban tidak acak-acakan dan tata letak soal sesuai dengan urutan yang diinginkan.

Langkah 5 : Simpan file tersebut sebagai Google Dokumen. Untuk menyimpannya kamu bisa pilih titik 3 di kanan atas halaman Google Docs, lalu pilih “share & export” dan pilih “Save as”, lalu pilih opsi format “Google Docs”.

langkah 5 memindah soal dari word ke gform

Langkah 6 : Selanjutnya kita masuk ketahapan memindahkan / import soal ke Google Form. Masuk ke halaman pengisian formulir melalui Google Drive atau bisa langsung klik link Google Form ini.
Baca Juga : Cara Memindahkan Soal Word ke Google Form Dengan Form Builder
Langkah 7 : Setelah masuk pada halaman pengisian formulir, tekan ikon titik 3 yang ada di bagian kanan atas halaman lalu klik “add-ons” (Pastikan kamu sudah instal plugin Form Builder di laptop yang sudah dijelaskan diatas).

Langkah 8 : Akan muncul pop up baru lalu pilih opsi “Form Builder”

langkah 8 memindah soal dari word ke gform

Langkah 9 : Kemudian akan muncul pop up baru lalu klik “Start”.

langkah 9 memindah soal dari word ke gform

Langkah 11 : Kemudian akan muncul pop up baru lalu pilih opsi “Google Docs”.


Langkah 12 : Kemudian pilih soal yang telah kamu buat sebelumnya lalu tekan “Select”.

langkah 12 memindah soal dari word ke gform

Langkah 13 : Scrol ke bawah pada pop up Form Builder dan akan muncul daftar soal yang akan di import, lalu klik “import Selected” maka soal akan secara otomatis terimport ke dalam Google Form.

Langkah 14 : Lakukan penyesuaian terhadap formulir.

Baca Juga : Daftar Plugin / Add-on Google Form Terbaik Untuk Ujian (TERBARU)

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara memindahkan soal dari word ke Google Form di Smartphone menggunakan Form Builder. Ternyata tidak sesulit yang kalian dibayangkan bukan. Semoga ulasan ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan permasalahan yang kalian temui. cara import, memindahkan soal matematika, excel, word ke google form tanpa form builder.

Show comments