Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Plugin / Add-on Google Form Terbaik Untuk Ujian (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Daftar Plugin / Add-on Google Form Terbaik Untuk Ujian

Soalskul.com - Daftar add-on terbaik Google Form terbaru. Hola sahabat skul, masa pandemi masih terus berjalan hingga saat ini, aktifitaspun masih harus dibatasi untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Sektor pendidikanpun masih terus berjalan walaupun masih dalam sistem daring. Hal ini tentunya menuntut kita sebagai seorang guru ataupun pelajar agar tetap bisa menjalankan aktifitas sekolah.

Dalam bersekolah kita tak asing dengan yang namanya ujian. Ujian merupakan hal wajib yang harus tetap berjalan meski sekolah masih menggunakan sistem online. Dalam menyesuaikan diri dengan keadaan yang serba online inipun ujian akhir-akhir ini sering dilaksanakan dengan memanfaatkan salah salah satu situs formulir online buatan google yaitu Google Form.

Google form akan memudahkan kita dalam membuat formulir sesuai kebutuhan kita. Meskipun google form memiliki fitur yang lengkap, akan tetapi masih ada bebera fitur tidak disediakan oleh google form.
Baca Juga : Download Kumpulan Soal dan Pembahasan USBN SD/MI (TERBARU)
Untuk mengatasi ketidak lengkapan itu maka google form menyediakan sebuah add-on yang berguna sebagai tambahan fiturnya. Ada banyak sekali add-on yang dimiliki oleh google form. Hanya dengan menginstalnya saja kita sudah bisa menggunakan add-on tersebut.

Diantara banyaknya add-on yang ada, berikut kami sajikan beberapa yang terbaik, berguna dan paling bermanfaat yang bisa menunjang produktifitasmu dalam membuat formulir khususnya untuk ujian. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Add-on Terbaik Google Form Untuk Guru dan Dosen

Tanpa berbasa basi lagi langsung saja berikut merupakan 6 Add-on terbaik Gform yang bisa membantu dalam membuat formulir terbaikmu

1. Form Limiter

add- on formLimiter

Salah satu add-on terbaik yang ada di Google Form yaitu formLimiter. Plugin ini mempunyai fungsi yaitu mengatur batasan akses responden terhadap formulir seperti membatasi jumlah responden hingga membatasi responden mengakses formulir. FormLimiter banyak digunakan oleh para guru ataupun dosen untuk membuat soal ujian agar lebih terorganisir.

2. Form Builder

add-on Form Builder

Nah ada lagi nih plugin yang bermanfaat banget untuk guru dan dosen khususnya dalam membuat soal ujian. Dengan menggunakan plugin ini kamu bisa mepersingkat waktu input data dari berbagai sumber mulai dari Google Docs, Google Slides, hingga Google Sheets.

Cara kerja plugin ini terbilang cukup mudah yaitu kita tinggal import data yang kita punya nanti kita tinggal memilih mana saja yang akan dimasukan menjadi bagian dari soal atau formulir. Jadi bila kita sudah memiliki soal yang dituliskan dalam bentuk google docs dll, maka kita tinggal menggunakan plugin ini untuk mempercepat input data tanpa harus menginputnya satu persatu.

3. Form Publisher

add-on Form Publisher

Form Publisher merupakan add-on yang tentunya akan banyak sekali membawa manfaat buat kamu pada guru, dose, ataupun peneliti. Dimana plugin ini bisa memudahkan kamu dalam melakukan ekspor hasil jawaban di Google Form menjadi berbagai format seperti Google Docs, Sheets, Slides, atau PDF, hingga Microsoft Office.

4. Email Notification

add-on Email Notification

Email Notification merupakan salah satu plugin yang banyak sekali dimanfaatkan oleh orang-orang dalam membuat formulir khususnya yang sedang mengadakan webinar. Email Notification akan memudahkan pembuat formulir untuk mendapatkan notifikasi melalui email bahwa ada responden yang telah mengisi formulir.
Baca Juga : Cara Membuat Batas Waktu (Timer) di Google Form dengan formLimiter
Selain itu, Email Notification juga bisa digunakan untuk memberi pesan otomatis kepada responden yang telah mengisikan formulir. Pesan biasa diisikan untuk link webinar, link ujian, pemberitahuan umum, sertifikat dsb.

5. Form Ranger

add-on Form Ranger

Salah satu yang terbaik dari banyaknya plugin yang ada di Google Form adalah formRanger. Form Ranger berfungsi untuk memudahkan kita dalam menginput data yang banyak yang ada di spreadsheet.

Plugin ini biasa digunakan oleh guru dan dosen saat menginput nama siswanya di Gfrom. Jadi tanpa kita perlu input satu persatu nama siswa yang ada, kita cukup menggunakan formRanger input nama siswapun akan lebih cepat dan mudah.

6. Timify.me

add-on Timify.me

Timify.me merupakan salah satu plugin yang dapat memunculkan waktu berjalannya ujian atau pengisian formulir di Google Form. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dalam pembuatan soal ujian karena akan memberikan tampilan waktu yang secara real time berubah sesuai lamanya pengerjaan.

Cara kerja timify.me dimana plugin ini akan aktif setelah formulir berhasil dibuka da waktupun akan mulai berjalan dan akan berhenti sesuai waktu yang telah ditentukan. Kemudian bila waktu telah melewati batasnya maka formulir tersebut tidak bisa lagi dikerjakan dan secara otomatis akan tersubmit.

Timify.me fungsinya memang hampir mirip dengan formLimiter dalam hal pembatasan akses, akan tetapi timify.me memiliki keunngulan dalam hal tampilan yang juga disertai dengan sisa waktu berjalannya ujian.
Baca Juga : Cara Memindahkan Soal Word ke Google Form Tanpa Copy Paste

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa add-on yang ada di google form yang bisa menunjang aktifitasmu agar pembuatan formulirmu bisa berjalan lebih maksimal dan efisien. Tak hanya itu saja add-on yang dimiliki oleh gform, tentunya masih ada banyak lagi yang pastinya bermanfaat untuk kondisi formulir yang berbeda.

Semoga ulasan kami kali ini bisa membantu kalian untuk tetap produktif selama masa pandemi ini. Sampai berjumpa lagi dan tunggu artikel menarik dari kami lainnya. add ons google form untuk ujian, tidak muncul, cara menambahkan, menampilkan add on di google form premium, advenced, formlimiter google form add ons.

Show comments