Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Pembahasan Listrik Statis (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Contoh soal dan pembahasan listrik statis terlengkap. Hello sahabat skul, kali ini pembahasan kami akan mengulik tentang salah satu materi dalam mata pelajaran Fisika yang banyak direquest oleh temen-temen semua nih yaitu terkait "Listrik Statis".

Buat kamu yang sudah mulai mendapatkan mata pelajaran Fisika pasti tidak awam lagi ya dengan istilah listrik statis ini. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita sering loh mendapati kejadian yang ada hubunganya dengan listrik statis.

Salah satu contoh sederhana dari fenomena listrik statis dimana saat kita menggosokkan penggaris plastik pada rambut kita, kemudian kita dekatkan penggaris tersebut pada sobekan kertas yang akhirnya membuat kertas tersebut menempel sesaat pada penggaris. Nah untuk pemahaman lebih lengkapnya bisa kamu baca di bagian bawah ya!!

soal dan pembahasan listrik statis

Pengertian Listrik Statis

Listrik statis merupakan  kumpulan dari muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap tau biasa disebut statis, atau ketidak seimbangan muatan listrik pada sebuah benda. Menurut garis besarnya muatan listrik dibagi menjadi dua diantaranya listrik statis dan listrik dinamis.

Ada beberapa perbedaan diantara listrik statis dan listrik dinamis dimana listrik statis merupakan listrik yang diam dan memiliki perpindahan arus yang terbatas biasanya terbentuk karena gesekan benda. Sedangkan listrik dinamis merupakan listrik yang mengalir atau bergerak yang terjadi karena adanya sumber listrik yang mengalir.

Rumus-Rumus dalam Listrik Statis

Listrik statis pada umumnya memiliki beberapa rumus-rumus yang biasa digunakan diantaranya adalah :

  • Hukum Coulomb

Dalam hukum ini ada dua gaya yang dihasilkan yaitu gaya tarik dan gaya tolak dimana gaya tarik terjadi bila muatan tidak sejenis dan gaya tolak bila sejenis.

Rumus :



  • Kuat Medan Listrik

Medan listrik bisa didefinisikan sebagai daerah disekitaran muatan yang masih terpengaruh oleh gaya coulomb. Dalam kuat medan listrik, besarnya medan listrik sering disebut dengan kuat medan listrik dimana rumusnya adalah :

Rumus :



  • Energi Potensial Listrik

Energi potensial listrik merupakan usaha yang dilakukan untuk melawan gaya listrik dan memindahkan benda ke posisi yag berbeda. Energi potensial listrik mempunyai rumus yang bisa kalian lihat dibawah sebagai berikut :

Rumus :



  • Potensial Listrik

Setelah sebelumnya kita ada 3 rumus yang telah kita berikan, nah untuk rumus terakhir ini yaitu potensial listrik adapun rumusnya sebagai berikut :

Rumus :

Baca juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI (TERBARU)

Contoh Soal & Pembahasan Listrik Statis

Setelah sebelumnya kita telah memahami mulai dari definisi listrik statis hingga rumus-rumus yang ada dalam listrik statis, nah sekarang a waktudalah yang pas banget untuk kita melanjutkan pembahasan utama kita yaitu tentang soal dan pembahasan dari listrik statis,. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawag ya!!


Itulah tadi sedikit pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait soal dan pembahasan dalam materi listrik statis. Semoga ulasannya bisa membantu teman-teman agar mempermudah materi listrik statis ini.

Jangan lupa nantikan soal dan pembahasan pada materi selanjutnya ya!!. contoh soal, pilihan ganda, dan pembahasan listrik statis kelas 12, 9, pdf, dan dinamis beserta jawabannya, soal sbmptn, essay, hots listrik statis smp, contoh gejala listrik statis dan dinamis adalah.

Bila artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share keteman-teman kalian agar mempermudah mereka dalam belajar ya!!
Show comments