Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Soal Word ke Google Form Dengan Form Builder

Daftar Isi [show]

cara memindahkan soal word ke gform

Soalskul.com - Tutorial muadah dan lengkap memindahkan soal dari Word ke Google Form tanpa Copy Paste dengn Form Builder. Hallo guys, balik lagi nih sama kami yang selalu memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat tentunya hehee.

Pada artikel kami kali ini akan membahas topik yang banyak banget direquest nih sama temen-temen semua yaitu tentang cara mengimport soal dari MS. Word ke Google Form tanpa copy paste satu-satu.

Memang akses kita sebagai seorang pelajar ataupun guru belakangan ini sering melibatkan layanan Google Form untuk membuat Kuesioner untuk penelitian ataupun soal ujian.

Cara menuliskan pertanyaan di Google Formpun sebenarnya bisa kita lakukan manual dengan mengetikannya langsung. Akan tetapi bagaimana bila soal yang kita miliki berada dalam Ms. Word dan jumlahnyapun begitu banyak sehingga tidak memungkinkan kita untuk mengetikannya manual satu persatu karena hal itu justru akan membuang banyak waktu kita.

Maka dari itu untuk mempersingkat waktu, import data merupakan sebuah solusi yang banyak digunakan oleh beberapa orang untuk memindahkan soal dari word ke Google Form.

Akan tetapi import data ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Nah untuk memberi pemahaman kepada kalian, berikut kami sajikan tutorial lengkap dan mudah disertai gambar untuk mengimport soal dari word ke Google Formulir dengan memanfaatkan plugin yang disediakan google form yaitu Form Builder.

Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah sini yaa!!

Baca Juga : Cara Mudah Export Hasil Jawaban Google Form ke Excel 

Hal-hal yang Harus Disiapkan

Sebelum melanjutkan pada tutorialnya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan diantaranya :
  1. Koneksi Internet
  2. Google Drive
  3. Pastikan kamu sudah memiliki soal dalam dokumen MS. Word (Format DOC atau DOCX)
  4. Instal plugin Form Builder di Google Form (cara instal akan di jelaskan dalam tutorial)
Jika kelengkapannya sudah terpenuhi, kalian bisa lanjut dalam pembahasan lengkapnya dibawah sini!!

Tutorial Memindahkan Soal dari Word menjadi Google Form dengan Form Builder

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut merupakan tutorial lengkap memindahkan soal dari Microsoft Word ke Google Formulir.

Langkah 1
: Pastikan kamu sudah membuat dan memiliki soal dalam dokumen MS. Word dengan format Doc atau Docx.

Langkah 2 : Upload soal ke Google Drive

langkah 2 word to gform

Langkah 3 : Setelah berhasil di upload, sekarang tinggal kamu buka file yang ada di Google Drive dengan menggunakan Google Documen dengan cara klik kanan pada file lalu klik “open with”, dan klik “Google Docs”.

langkah 3 word to gform

Langkah 4 : Setelah soal terbuka, pastikan soal tidak acak-acakan dan tata letak soal sesuai dengan urutan yang diinginkan.

Langkah 5 : Selanjutnya kamu harus menyimpan file tersebut sebagai Google Dokumen sehingga kamu akan memiliki soal dengan 2 format yaitu format awal (docs) dan format baru (Google Docs). Untuk menyimpannya kamu bisa klik “File” dan Klik “Save as Google Docs”.

langkah 5 word to gform

Langkah 6 : Setelah soal berhasil dirubah menjadi Google Dokumen, selanjutnya masuk ketahapan memindahkan / import soal ke Google Form. Hal yang harus dilakukan yaitu masuk ke halaman pengisian formulir melalui Google Drive atau bisa langsung klik link Google Form ini.
Langkah 7 : Setelah berada dalah halaman pengisian formulir, klik ikon titik 3 yang ada di bagian kanan atas halaman lalu klik “add-on”.

langkah 7 word to gform

Langkah 8 : Dikolom pencarian ketikan “Form Builder” lalu klik plugin “Form Builder” pada hasil yang ditampilkan.

langkah 8 word to gform

Langkah 9 : Kamu akan diarahkan ke halaman penginstalan plugin Form Builder lalu klik “instal”

langkah 9 word to gform

Langkah 10 : Jika proses instalasi berhasil maka akan muncul ikon baru "add-on" yang ada di sebelah icon tema dibagian atas halaman. Langkah selanjutnya kamu bisa klik icon "add-on" tersebut lalu klik opsi “Form Builder” kemudian akan muncul pop up baru lalu klik “Start”.

langkah 10a word to gform

langkah 10b word to gform

Langkah 11 : Selanjutnya akan muncul pop up baru lalu klik opsi “Google Docs” kemudian pilih soal yang telah kamu buat sebelumnya lalu tekan “Select”.

langkah 11 word to gform

Langkah 12 : Scrol ke bawah pada popup Form Builder dan akan muncul list soal yang akan di import, kemudian klik “import Selected” maka soal akan secara otomatis terimport ke Google Form.

langkah 12 word to gform

Langkah 13 : Setelah soal berhasil di import, maka step selanjutnya tinggal kita melakukan penyesuaian terhadap soal pada formulir.
Baca Juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan Ujian Mandiri UNDIP (TERBARU)

Kesimpulan

Itulah tadi tutorial yang bisa kami sampaikan terkait cara memindahkan soal dari word ke Google Form. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Hehee. Semoga ulasan ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan permasalahan yang kalian temui. cara mengubah, import, memindahkan soal matematika dari ms word ke google form tanpa form builder, pengaya, dengan cepat tanpa copy paste.
Show comments