Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Form Lampiran Upload File di Google Form

Daftar Isi [show]

Cara Menambahkan Form Lampiran Upload File di Google Form

Soalskul.com - Cara mudah menambahkan fitur upload file pada Google Form. Holla guys, setelah sebelumnya kami banyak membahas tentang tips dan trik pada salah satu aplikasi video conference yaitu Zoom Meeting, kali ini kami akan membahas sesuatu yang berbeda yaitu tentang tips n trik pada aplikasi formulir online yang banyak digunakan yaitu Google Form.

Banyak diantara kita yang masih merasa kebingungan terhadap fitur-fitur yang ada di Google Form salah satunya yaitu fitur Upload File. Fitur upload file merupakan fitur yang sangat dibutuhkan oleh beberapa orang terutama para guru dan dosen.

Dengan adanya fitur upload file ini akan mempermudah kita untuk mengumpulkan data dalam format yang berbeda-beda mulai dari PPT, Dokumen, Video, Gambar, Excel, Spreadsheet, PDF dll.

Nah untuk menjawab kebingungan kalian, berikut kami berikan pembahasan lengkap disertai gambar cara menambahkan fitur upload file pada Google Form. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Baca Juga : Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan (TERLENGKAP)

Tutorial Membuat Lampiran Upload File di Google Form

Langkah 1 : Buka Google Form melalui Google Drive dengan akun Gmail yang kamu punya lalu dibagian kiri atas tekan tanda “+” bertuliskan “NEW” lalu pilih opsi “Google Form”. Untuk cara yang lebih mudah kamu bisa langsung klik link Google Form ini.

Langkah 2 : Masukan judul dan deskripsi dari formulir yang akan kamu buat.

Langkah 3 : Pilih metode untuk menjawab pertanyaan dengan melakukan klik pada segitiga mengarah kebawah disamping kanan pengisian pertanyaan.

langkah 3 upload file google form

Langkah 4 : terdapat beberapa opsi pilihan lalu klik "Upload File"

langkah 4 upload file google form

Langkah 5 : Bila muncul peringatan bahwa responden akan mengupload file ke Google Drive maka pilih Lanjutkan (Continue). Form pengisian akan berubah dan terdapat beberapa fitur baru yang ditampilkan.
Baca Juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN (TERBARU)
Langkah 6 : Masukan pertanyaan / intruksi di kolom pengisian pertanyaan.

langkah 6-11 upload file google form

Langkah 7 : Kamu juga bisa mengaktifkan jenis file tertentu yang bisa di upload. Terdapat beberapa opsi tipe file yang bisa diupload seperti Dokumen, Spreadsheet, PDF, Video, Presentasi, Gambar, hingga Audio. Lalu ceklis sesuai kebutuhan.

Langkah 8 : Kamu juga bisa mengatur jumlah file yang bisa di unggah oleh responden. Adapun opsi pilihannya adalah 1 hingga 10 file.

Langkah 9 : Kamu juga bisa mengatur ukuran file maksimum yang bisa di upload responden. Adapun opsi pilihannya adalah 1 MB, 10 MB, 100 MB, 1 GB, hingga 10 GB. Pilih sesuai kebutuhan.

Langkah 10 : Kamu juga bisa mengatur apakah pertanyaan ini wajib diisi atau tidak dengan klik icon “wajib diisi / Required” di bagian bawah pertanyan (optional).

Langkah 11 : Untuk pengaturan lebih lengkapnya kamu bisa klik tombol "Ubah" dibagian bawah fomulir.

Langkah 12 : Disini kamu bisa membatasi responden agar hanya bisa mengupload 1 kali.

langkah 12-14 upload file google form

Langkah 13 : Kamu juga bisa mengatur apakah responden dapat mengedit jawaban setelah mengupload atau tidak hingga memberikan akses responden untuk melihat jawaban yang sudah di upload atau tidak.

Langkah 14 : Kamu juga bisa membatasi jumlah file yang nantinya akan diupload secara keseluruhan oleh responden.

Baca Juga : Cara Mudah Memindahkan Soal Word ke Google Form Tanpa Copy Paste

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan singkat kami terkait cara menambahkan fitur upload file di google formulir. Rupanya tidak sesusah yang dibayangkan bukan hehee. Semoga ulasan kami kali ini bisa menyelesaikan permasalahan teman-teman semua. cara mengirim, menyisipkan, penyebab gagal, tidak bisa upload file gambar, pdf di google form ditolak server, cara mengumpulkan tugas, ukuran maksimal upload file di google form.

Show comments