Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNRIKA Batam 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Riau Kepulauan. Hallo sobat skul, senang rasanya hingga saat ini masih tetap konsisten memberikan ulasan yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua.Topik bahasan yang kami sandingkan kali ini akan lain dari yang biasanya kami buat, dimana kali ini topik yang akan kami bawakan membahas terkait daftar fakultas dan jurusan di semua kampus di Indonesia.

Masuk menjadi keluarga sebuah Universitas dan Jurusan yang tepat merupakn satu hal yang mestinya dilakukan bagi kita yang ingin melanjutkan perkuliahan di tingkat sekolah tinggi. Bila kita berhasil menjadi bagian dalam keluarga dari jurusan dan universitas yang tepat tersebut dalam artian yang kita pilih sesuai dengan minat, bakat, kemampuan dan kemauan kita, maka itu akan memudahkan kita dalam menjalankan setiap kegiatan perkuliahan dengan nyaman sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

daftar fakultas jurusan di unrika batam

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengulik lebih dalam mengenai daftar fakultas dan jurusan di Universitas Riau Kepulauan yang ada di Kota Batam ini, kami akan memberikan informasi tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan pemaparan yang ada di dalam KBBI, menjelaskan bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Pariwisata, Kedokteran Gigi, Pendidikan IPS dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan pemaparan yang ada di dalam KBBI, menjelaskan bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FISIP yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNMER, UKI, UHO) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan PKN, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Keolahragaan).

Tentang Universitas Riau Kepulauan

Untuk kita yang berada disekitaran Kepulauan Riau, pasti akan tidak asing dengan universitas favorit disana seperti UNIBA, UIB, Universitas Maritim Raja Ali Haji dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga merupakan kampus favorit disana yaitu Universitas Riau Kepulauan atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNRIKA.

UNRIKA adalah sebuah perguruan tinggi yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Pahlawan No.99, Bukit Tempayan, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

UNRIKA merupakan salah satu kampus swasta yang pertama kali didirikan di Provinsi Riau. UNRIKA dibangun atas penggabungan dua sekolah tinggi dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB) yaitu Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE).

YPTB didirikan sejak tanggal 12 Desember 1992 yang bergerak dalam mendirikan, membina dan mengelola perguruan tinggi di Pulau Batam. Atas pesatnya pertumbuhan minat masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan dalam perguruan tinggi, maka STIE dan STT Perguruan Tinggi Batam secara resmi digabung dan dirubah statusnya menjadi Universitas Riau Kepulauan.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNRIKA

Hingga kini Universitas Riau Kepulauan telah membuka sebanyak 5 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan prodi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana, hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di UNRIKA.

1. Fakultas Ekonomi
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S2 Manajemen

2. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Arsitektur

3. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Sejarah
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Bimbingan Konseling

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan
  • S1 Ilmu Pemerintahan

Universitas Riau Kepulauan ialah kampus yang mempunyai segudang prestasi, maka tidak heran persaingan di UNRIKA setiap tahunnya selalu naik. Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas Riau Kepulauan.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas keguruan, jurusan unuversits putera batam, beasiswa, soal tes masuk, jurusan, kop surat, brosur, siakad unrika akreditasi, teknik industri, jurusan kuliah, beasiswa di unrika batam, akreditasi, biaya kuliah universitas riau kepulauan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments