Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Soal dan Pembahasan Terlengkap Sifat Koligatif larutan. Setelah pada artikel sebelumnya kami banyak membahas mengenai soal dan pembahasan masuk perguruan tinggi mulai dari UTBK hingga Ujian Mandiri, kali ini bahasan kami akan sedikit berbeda dimana kami akan mengulik tentang soal dan pembahasan materi tentang sifat koligatif larutan yang sering muncul pada kelas 12 dalam mata pelajaran Kimia.

Dalam tulisan ini kami memberikan ulasan mulai dari definisi, rumus yang sering muncul dalam materi dan dibagian akhir kami memberikan soal dan pembahasannya sebagai bahan kita untuk mempermudah pemahaman materinya. Langsung saja berikut ulasannya.
soal dan pembahasan sifat koligatif larutan

Definisi Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan adalah suatu larutan yang bergantung pada jumlah partikel dalam zat terlarut yang berada dalam jumlah pelarut saat kondisi tertentu. Atau dapat diartikan juga sebagai sebuah larutan yang tidak tergantung pada zat terlarut, melainkan bergantung pada konsentrasi atau jumlah partikel pada zat terlarut. Terdapat 4 macam dalam sifat koligatif larutan diantaranya :

1. Penurunan Tekanan Uap (∆P)

Penurunan tekanan uap merupakan tekanan yang disebabkan adanya molekul gas dari sebuah cairan yang kemudian mengalami pengapan yang disebut tekanan uap cairan. Bila cairan yang sama tersebut dimanfaatkan seagai pelarut dalam sebuah larutan, maka tekanan uap cairan akan menurun. Dalam penurunan tekanan uap ada rumus yang biasa digunakan yaitu :

rumus penurunan tekanan uap

keterangan penurunan tekanan uap

2. Kenaikan Titik Didih (∆Tb)

Titik didih merupakan keadaan suhu saat tekanan uap jenuh cairan berada dalam keadaan sama dengan tekanan uap. Titik didih larutan keadaannya akan selalu lebih tinggi bila dibandingkan pelarutnya. Proses kenaikan titik didih larutan dari titik didih pelarutnya sering disebut kenaikan titik didih larutan. Dalam kenaikan titik didih ada rumus yang biasa digunakan yaitu :

rumus kenaikan titik didih

keterangan kenaikan titik didih

3. Penurunan Titik Beku (∆Tf)

Titik beku merupakan keadaan suhu saat tekanan uap larutan berada pada posisi sama dengan tekanan uap pelarut murni. Titik beku larutan keadaannya akan selalu lebih rendah bila dibandingkan pelarutnya. Proses penurunan suhu beku larutan dari titik beku pelarutannya sering disebut penurunan titik beku larutan. Dalam penurunan titik beku ada rumus yang biasa digunakan yaitu :

rumus penurunan titik beku

keterangan penurunan titik beku

4. Tekanan Osmosis (π)

Osmosis merupakan keadaan berpindahnya pelarut dari membran semipermeabel menuju larutan berkonsentrasi yang lebih tinggi. Tekanan yang diberikan kepada bagian yang lebih pekat untuk menghentikan proses ini disebut dengan tekanan osmosis. Tekanan adalah sebuah tekanan yang dibutuhkan dalam mempertahankan partikel zat pelarut supaya tidak berpindah dalam larutan yang memiliki konsentrasi lebih tinggi. Besarnya dapat ditentukan dengan rumus yaitu :

rumus tekanan osmosis

Contoh Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan

Setelah sebelumnya kalian membaca materi yang dipaparkan diatas, dibagian ini kami akan memberikan kumpulan contoh soal dan pembahasan dari materi tentang sifat koligatif larutan ini.
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 1Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 2Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 3Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 4Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 5
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 6
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 7
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 8
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 9
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 10
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 11
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 12Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 13Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 14
Contoh Soal Pembahasan Sifat Koligatif Larutan 15

Itulah tadi sedikit yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga pembahasan ini bisa membantu kalian dalam memahami soal serta pembahasan materi sifat koligatif larutan kelas 12. contoh soal pilihan ganda, un, hots, ulangan harian sifat koligatif larutan dan, beserta pembahasannya, rangkuman, bank soal kimia, download soal dan pembahasan sifat koligatif larutan pdf, doc, rumus, materi, sebutkan 4 sifat koligatif larutan kelas 12, elektrolit.
Jika pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya agar mereka juga bisa mendapat manfaatnya
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan (TERLENGKAP)"