Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UPB Batam 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Putera Batam (UPB). Hai sahabat skul, pertemuan kali ini akan menjadi kabar gembira untuk kalian yang sedang mencari informasi seputar daftar fakultas dan jurusan disebuah perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Dikesempatan ini kami akan menyajikan informasi terkait daftar fakultas dan jurusan di semua perguruan tinggi di Indonesia.

Menjadi keluarga dari sebuah Universitas dan Jurusan yang tepat dalam artian yang kita pilih sesuai dengan minat, bakat, kemauan, dan kemampuan kita merupakn satu hal yang mestinya dilakukan bagi kita yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat sekolah tinggi. Masuknya kita dalam universitas dan jurusan yang sesuai akan memberikan dampak positif bagi berlangsungnya studi yang kita tempuh.

daftar fakultas jurusan di universitas putera batam

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memaparkan daftar fakultas dan jurusan di Universitas Putera Batam yang ada di Kota Batam ini, kami akan memberikan informasi tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai pemaparan yang ada di dalam KBBI, menjelaskan bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Agroteknologi, Kedokteran, Pariwisata dsb.

2. Fakultas

Sesuai pemaparan yang ada di dalam KBBI, menjelaskan bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik dan Komputer yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Komputer, DKV, Teknik Pertambangan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ISI Denpasar, UNISMA, UNMER) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, FASILKOM, SAINTEK). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara).

Tentang Universitas Putera Batam

Untuk kita yang berada disekitaran Kepulauan Riau, pasti akan tidak asing dengan kampus-kampus favorit disana seperti UNRIKA, UNIBA, Universitas Internasional Batam dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga merupakan kampus favorit disana yaitu Universitas Putera Batam atau lebih akrab disebut dengan singkatan UPB.

UPB adalah sebuah perguruan tinggi yang bersetatuskan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jalan R. Soeprapto Muka Kuning, Kibing, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Berdirinya UPB merupakan pengembangan dari sebuah Lembaga Pendidikan Komputer dan Bahasa Inggris yang berdiri sejak tahun 1992 dengan nama Lembaga Pendidikan Putera Batam.

Menjawab atas fenomena meningkatnya minat masyarakat terhadap sekolah di sebuah perguruan tinggi, akhirnya lembaga ini ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Bahasa Asing (ABA) Putera Batam yang didasarkan atas Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 28 Oktober 2002.

Selang beberapa tahun setelah dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 15 Agustus 2008, maka akademi ini secara resmi ditingkatkan statusnya kembali menjadi Universitas Putera Batam (UPB).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UPB Batam

Hingga kini UPB telah membuka sebanyak 2 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan prodi yang cukup bervariasi yang seluruhnya merupakan program Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Putera Batam.

1. Fakultas Teknik dan Komputer
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Industri

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Ilmu Hukum
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Administrasi Negara
  • S1 Sastra Inggris

Universitas Putera Batam ialah kampus yang mempunyai segudang prestasi, maka tidak heran persaingan di UPB setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas Putera Batam.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. ilmu komunikasi, beasiswa, jurusan, soal tes masuk universitas putera batam, manajemen, akreditasi, pendaftaran, biaya universitas putera batam jurusan, negeri atau swasta, siaa upb, universitas, jadwal kuliah putera batam.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments