Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Kumpulan Soal dan Pembahasan USBN SD/MI (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Download Kumpulan Soal dan Pembahasan USBN SD/MI (TERBARU)

Soalskul.com - Download Kumpulan Soal dan Pembahasan USBN SD/MI.
Kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang kami harap bisa menjadi bermanfaat bagi para pelajar khususnya bagi adek-adek kelas 6 yang sebentar lagi akan menempuh USBN dalam waktu dekat ini. Harapan kami artikel ini bisa mempermudah pemahaman adek-adek sekalian dalam pembelajaran yang akan diujikan mendatang.

Ujian Nasional yang awalnya dilakukan sebagai ujian terakhir dalam jenjang SD sederajat, kini telah dihapuskan sejak tahun 2013/2014 lalu. Meskipun UN bagi sekolah dasar sudah dihapuskan, namun tetap masih ada pengujian yang harus ditempuh bagi para siswa, yaitu USBN.

Perbedaan mendasar antara UN dan USBN yaitu dalam pembuatan soal pengujiannya, UN dibuat dengan standar nasional, sedangkan soal dalam USBN dibuat oleh sekolah yang bersangkutan.

Sampai sekarang masih banyak yang menganggap UN bagi sekolah dasar itu masih dilaksanakan dengan nama sistem yang sekarang USBN. Perlu digaris bawahi bahwa "UN bagi SD sudah dihapus, sekarang yang ada adalah USBN, dan antara UN dan USBN merupakan dua hal yang berbeda"

USBN atau kepanjangan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional merupakan sebuah ujian yang diselenggarakan setiap akhir masa sekolah yang dilakukan selama pembelajarannya di SD sederajat bagi murid kelas 6 SD/MI sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP.

Ujian ini dilaksanakan serentak diseluruh indonesia dalam waktu dan sistem yang sama, dengan tingkat kesulitan soal yang sama pula, yang artinya tidak ada perbedaan nantinya baik dipelosok daerah atau diperkotaan sekalipun.

Tujuan dari pembuatan artikel ini yaitu sebagai modal bagi bapak/ibu guru untuk mempermudah melakukan pengajaran pada siswa dan siswi yang diajarkan. Karena dengan semakin banyak referensi tentang soal-soal ujian sekolah yang diberikan kepada para siswa, maka pemahaman ujian sekolah nantinya akan dengan mudah didapatkan oleh para murid.

Dengan sering melakukan pelatihan soal-soal USBN, diharapkan para murid semakin terbiasa dengan tipe-tipe soal yang akan ujikan nantinya.

Mata Pelajaran Pada USBN SD/MI

Dalam USBN SD/MI ini terdapat 3 mata pelajaran yang kami paparkan, yaitu:
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam

USBN SD/MI Berdasarkan Tahun

Tanpa basa basi lebih panjang lagi, berikut saya paparkan soal dan pembahasan USBN SD/MI berdasarkan tahun pelaksanaan :

1. USBN SD/MI Tahun 2014

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 214 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


2. USBN SD/MI Tahun 2015

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 2015 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


3. USBN SD/MI Tahun 2016

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 2016 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


4. USBN SD/MI Tahun 2017

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 2017 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


5. USBN SD/MI Tahun 2018

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 2018 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


6. USBN SD/MI Tahun 2019

Soal dan pembahasan ujian sekolah SD/MI tahun 2019 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian yang membutuhkan soal-soal USBN SD/MI ini. semoga bermanfaat

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments