Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Batas Waktu (Timer) di Google Form dengan formLimiter

Daftar Isi [show]

Cara Membuat Batas Waktu (Timer) di Google Form dengan FormLimiter

Soalskul.com - Tutorial mudah dan lengkap disertai gambar cara membuat batas waktu atau timer di Google Form dengan formLimiter. Hallo guys, balik lagi nih sama kami yang selalu memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat tentunya hehee.

Dimasa pandemi ini memang banyak sekali mengubah sistem pengajaran yang diberikan oleh guru dan dosen tak terkecuali dalam sistem ujian. Pandemi mengharuskan kita untuk tetap melaksanakan ujian meskipun kita berada dirumah.

Pembatasan waktu dalam ujian memang kerap kali dilakukan oleh guru atau dosen. Pembatasan ini dilakukan dengan tujuan agar siswa lebih fokus terhadap soal yang diberikan sehingga meminimalisir mereka untuk saling mencontek.

Salah satu media yang banyak banget digunakan para pengajar dalam membuat soal ujian yaitu dengan menggunakan Google Form. Tak heran karena Google Form sendiri memiliki tampilan yang menarik, mudah digunakan, fleksibel dan tentunya gratis sehingga banyak yang menggunakannya.

Meskipun Gform sudah cukup terkenal, akan tetapi banyak diantara teman-teman belum tahu cara melakukan pembatasan waktu dengan menggunakan Google Form. Nah pas banget nih pada tulisan kami kali ini akan membahas bahasan yang banyak banget direquest sama temen-temen semua yaitu mengenai cara membuat batasan waktu pada google form menggunakan formLimiter.

Form Limiter merupakan salah satu plugin yang bisa kamu instal di Google Form, dimana plugin ini bisa membantumu dalam mengatur beberapa pengaturan menarik salah satunya adalah mengatur batas waktu pengumpulan di google form.

Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah sini yaa!!

Hal-hal yang Harus Disiapkan

Sebelum melanjutkan tutorialnya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan diantaranya :
  1. Koneksi Internet
  2. Pastikan kamu sudah menyiapkan formulir yang sudah diisi soal karena tutorial ini akan langsung menuju penyetingan batas waktu.
  3. Instal plugin formLimiter di Google Form (cara instal akan di jelaskan dalam tutorial)
Jika semua kelengkapannya sudah terpenuhi, kalian bisa lanjut dalam pembahasan lengkapnya dibawah ya!!
Baca Juga : Download Kumpulan Soal dan Pembahasan UNBK SMK (TERBARU)

Cara Mudah dan Lengkap Menambahkan Timer di Google Form

Dibawah sini terdapat 9 langkah yang kami jelaskan secara lengkap dan mudah disertai gambar untuk mempermudah kalian pemahamannya dalam membuat batas waktu atau timer pada formulir di Google Form.

Langkah 1 : Hal pertama yang harus dilakukan yaitu masuk ke halaman pengisian formulir melalui Google Drive atau bisa langsung klik link Google Form ini.

Langkah 2 : Setelah berada dalah halaman pengisian formulir dan selesai mengisikan soal, klik ikon titik 3 yang ada di bagian kanan atas halaman lalu klik “add-on”.

langkah 2 setting timer gform

Langkah 3 : Dikolom pencarian ketikan “formLimiter” lalu klik plugin “formLimiter” pada hasil yang ditampilkan.

langkah 3 setting timer gform

Langkah 4 : Kamu akan diarahkan ke halaman penginstalan plugin formLimiter lalu tekan “instal”

Langkah 5 : Jika proses instalasi berhasil maka akan muncul ikon baru “add-on” yang ada di sebelah icon tema dibagian atas halaman. Selanjutnya kamu bisa klik ikon “add-on” tersebut lalu klik opsi “formLimiter” kemudian akan muncul popup baru lalu klik “Set Limit”. (jika formLimiter tidak muncul, coba kamu refresh halaman google formnya terlebih dahulu).

langkah 5a setting timer gform

langkah 5b setting timer gform

Langkah 6 : Selanjutnya akan muncul pop up baru lalu dibagian Limit Type ganti dengan opsi “date and time” kemudian menu pengaturan akan muncul.

langkah 6 setting timer gform

Langkah 7 : Atur tanggal dan waktu terakhir pengumpulan soal.

langkah 7-9 setting timer gform

Langkah 8 : Atur pesan ketika responden terlambat mengumpulkan.

Langkah 9 : Jika pengaturan selesai klik “Save and enable”.

Sekarang formulir yang kamu buat sudah tersetting dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Apabila responden mengumpulkan atau submit soal melewati batas yang sudah ditentukan, maka jawaban yang dikirim tidak akan masuk atau diterima dan akan muncul pesan seperti dibawah.
 
hasil setting timer gform
Baca Juga : Cara Membuat Google Form Agar Bisa Edit Hasil Jawaban

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit tutorial yang bisa kami sampaikan, rupanya tidak susah kan membuat batas waktu pengumpulan soal di google form hehee. Semoga ulasan kami bisa memudahkan teman-teman dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. cara membatasi, menggunakan timify, mengatur batas waktu, setting timer di google form di hp, cara setting buka tutup waktu otomatis google form, menggunakan form limiter yang sudah terinstal, tidak muncul.

Show comments