Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UPP Pasir Pengaraian 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Pasir Pengaraian. Helo sahabat skul, teramat senang rasanya karena sampai sekarang kami masih tetap menjaga kekonsistenan dalam membawakan tulisan yang harapan kami bisa derguna untuk kita semua. Pembahasan yang kami sandingkan kali ini akan berbeda dengan beberapa waktu lalu yang mana sebelumnya banyak memaparkan mengenai soal dan pembahasan Ujian Mandiri di beberapa kampus dan UTBK. Nah, untuk sekarang topik yang kami berikan akan membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan di semua kampus yang ada di Indonesia.

Menjadi bagian dari Program Studi dan Perguruan Tinggi yang tepat merupakn satu hal yang penting bagi setiap mahasiswa. Dengan masuknya kita dalam jurusan dan kampus yang tepat, maka itu akan membantu kita dalam memunculkan perasaan nyaman selama berkuliah sehingga hasil studi yang kita dapatkan menjadi lebih maksimal.

daftar fakultas jurusan upp pasir pengaraian

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kami memberikan informasi mengenai daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Pasir Pengaraian yang berada di Kabupaten Rokan Hulu ini, akan kami ajak kalian untuk mengenal apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Dari pengertian yang dituliskan dalam KBBI, definisi jurusan yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Ekonomi Syariah, Kebidanan, Ilmu Administrasi Negara dsb.

2. Fakultas

Dari pengertian yang dituliskan dalam KBBI, definisi fakultas yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kedokteran yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Kedokteran, Pendidikan Dokter Gigi, Keperawatan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (IPB, ITS, UNJA) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Biologi, Fasilkom). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan).

Tentang Universitas Pasir Pengaraian

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitaran Provinsi Riau, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana seperti UNISI, UNRI, UNILAK dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit disana yaitu Universitas Pasir Pengaraian atau lebih akrab disebut dengan singkatan UPP.

UPP adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Tuanku Tambusai, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Indonesia.

UPP merupakan sebuah universitas yang berada dibawah naungan Yayasan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan Daerah (YP3D). Yayasan yang dibangun pada tanggal 30 Juni 2000 ini didirikan dalam rangka memajukan sektor penddikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Rokan Hulu khususnya.

Untuk mewujudkan cita-cita YP3D, maka berdasarkan SK Mentri Pendidikan Nasional RI pada tanggal 2 Agustus 2002 didirikanlah Politeknik Pasir Pengaraian (POLIPERA). Pada tanggal 24 Mei 2004 Yayasan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan Daerah (YP3D) dirubah namanya menjadi Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH).

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 19 Juli 2007 maka didirikan Akademi Kebidanan (AKBIDPAPE) untuk menjawab kebutuhan akan sumber daya dibidang kesehatan di Kabupaten Rokan Hulu. Kemudian berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 3 Agustus 2009 maka dilakukan peleburan terhadap POLIPERA dan AKBIDPAPE menjadi Universitas Pasir Pengaraian (UPP).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UPP

Hingga saat ini UPP membuka sebanyak 6 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan program studi yang cukup bervariasi mulai dari Diploma hingga Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di UPP Pasir Pengaraian.

Program Diploma
  • D3 Kebidanan


Program Sarjana

1. Fakultas Ekonomi
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

2. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

3. Fakultas Ilmu Komputer
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

5. Fakultas Pertanian
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi

6. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil

UPP Pasir Pengaraian merupakan kampus yang berprestasi, maka tidak heran persaingan di UPP setiap tahunnya semakin melonjak naik. Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas Pasir Pengaraian.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. visi misi, spmb, beasiswa, brosur pendaftaran upp ac id, jurusan apa saja yang ada, struktur rganisasi, jumlah mahasiswa, pendaftara di universitas pasir pengaraian, logo, biaya kuliah, persyaratan pendaftaran, akreditasi, jurusan universitas pasir pengaraian negeri atau swasta, krs khs, sia, jurusan, akreditasi di upp ac id.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments