Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Share Screen Google Meet dengan Suara di HP & Laptop

Daftar Isi [show]

Cara Share Screen Google Meet dengan Suara

Soalskul.com - Tutorial cara mudah Share Screen Gmeet dengan suara atau audio di HP dan Laptop. Hallo gays, semakin bertambahnya zaman semakin meningkat pula perkembangan teknologi yang kian canggih. Salah satu keunggulan teknologi dimasa sekarang yaitu adanya kemudahan berkomunikasi dengan menggunakan telphone. Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh dari kita hanya dengan menggunakan HP.

Kecanggihan lain yang sudah bisa kita rasakan sekarang ini dalam hal komunikasi yaitu layanan video conference. Dengan aplikasi video conference kita bisa melakukan tatap muka dengan banyak orang hanya memanfaatkan device yang kita miliki seperti HP ataupun Laptop. Salah satu aplikasi video conference yang menawarkan fitur-fitur yang menarik yaitu Google Meet.

Saat melakukan video conference menggunakan Gmeet baik untuk kegiatan pembelajaran ataupun meeting online, kita sering kali dihadapkan pada kendala-kendala baru. Salah satu kendala yang sering dialami bagi pengguna baru yaitu kendala saat melakukan presentasi dalam bentuk video dimana suara yang ada dalam video tersebut tidak bisa didengar oleh audience / partisipan lain.

Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut kami sampaikan tutorial cara melakukan presentasi video menggunakan Google Meet pada HP maupun Laptop. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah.

Baca juga : GRATIS! Cara Membuat Zoom Meeting Unlimited Lebih Dari 40 Menit

Cara Share Screen Video di Gmeet dengan Audio Menggunakan Laptop

Untuk bisa memutar video dengan disertai suara / audio menggunakan laptop kamu bisa mengikuti tutorial dibawah sini.
  1. Buka Google Meet menggunakan browser di komputermu
  2. Login menggunakan akun Gmail agar bisa membuat rapat baru
  3. Bila sudah mempunyai kode / link meeting, masukan kode tersebut dibagian kolom pengisian kode atau link yang disediakan dihalaman utama
  4. Bila belum mempunyai kode, pada halaman utama pilih “New Meeting / Rapat Baru” untuk memulai rapat baru
  5. Setelah masuk dalam room meeting, klik “Presentasikan sekarang” dibagian kanan bawah halaman
  6. Akan muncul 3 opsi pilihan presentasi “Seluruh Layar Anda / Jendela / Tab” pilih sesuai kebutuhan
  7. Jika memilih opsi “Seluruh Layar Anda” maka kamu akan menampilkan seluruh halaman yang ada di dekstopmu kemudian klik “Bagikan / Share”. Opsi ini cocok banget untuk kamu yang ingin melakukan share screen saat melakukan split aplikasi.
  8. Jika video yang akan kamu putar berada pada penyimpanan komputermu kamu bisa membukannya dengan aplikasi pemutar video dan klik opsi “Jendela“ pada Google Meet. Pilih aplikasi pemutar video tersebut kemudian klik “Bagikan / Share”
  9. Jika video yang akan kamu purat berada dalam browser (Youtube, Facebook dll), kamu bisa klik opsi “Tab” kemudian pilih tab browser yang akan ditampilkan videonya lalu klik “Bagikan / Share”. Dibagian kiri bawah pop up yang muncul saat kamu memilih salah satu halaman browser klik “Share audio” untuk memunculkan audio.
  10. Bila cara diatas tidak bekerja, kamu bisa melakukan on mic selama video diputar maka otomatis audio dalam videomu akan keluar
  11. Selesai

Baca juga : Cara Mudah Menggunakan Google Meet Tanpa Aplikasi di HP & Laptop

Cara Share Screen Video di Gmeet dengan Audio Menggunakan HP

Untuk melakukan share screen dengan suara menggunakan HP / Smartphone tidaklah serumit bila menggunakan PC. Disini kamu tidak akan menemukan banyak opsi dalam menampilkan video ataupun audio seperti yang ada dalam PC.
  1. Buka dan login pada aplikasi Google Meet di Hpmu
  2. Bila sudah mempunyai kode / link meeting, masukan kode tersebut pada kolom pengisian kode atau link yang disediakan dihalaman utama
  3. Bila belum memiliki kode, pada halaman utama pilih “New Meeting / Rapat Baru” untuk membuat room / meeting baru
  4. Setelah masuk dalam ruangan meeting, klik titik 3 di bagiak kanan bawah layar kemudian klik “Share Screen”
  5. Bila muncul pop peringatan bahwa participants akan melihat semua yang ada dilayarmu klik “Star sharing”
  6. Pindahkan tampilan pada aplikasi yang akan anda tampilkan videonya (Youtube, Facebook, Galeri dll)
  7. Bila cara diatas tidak bekerja, kamu bisa melakukan on mic selama video diputar maka otomatis audio dalam videomu akan keluar
  8. Selesai
Baca juga : Cara Lengkap Share Screen Google Meet di Laptop & HP
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara share screen google meet with sound atau dengan suara hehee. Harapan kami semoga artikel kali ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan permasalahan audio tidak muncul saat melakukan share screen video di Google Meet. cara mengaktifkan suara share audio screen video di google meet dengan suara di hp, with sound, tidak ada suara.

Show comments