Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Dan Pembahasan Pola Bilangan Kelas 8 (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Soal Dan Pembahasan Terlengkap Pola Bilangan Kelas 8 SMP. Apa kabar sobat skul, nah pada beberapa kesempatan lalu kami telah mengulas tentang soal dan pembahasan integral dan juga tentang daftar fakultas & jurusan di beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tak jauh berbeda dari yang lalu, kali ini kami akan memberikan artikel yang juga tak kalah menarik dari sebelumnya yaitu tentang soal dan pembahasan pola bilangan untuk kelas 8.

Pola bilangan merupakan salah satu materi yang sering sekali dikeluarkan dalam beberapa kesempatan seperti penyeleksian mahasiswa, seleksi CPNS, psikotes dsb. Maka tak heran materi ini sejak dini diberikan dalam kurikulum kita yaitu kelas 8 SMP sederajat. Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak pembahasannya dibawah.

soal dan pembahasan pola bilangan kelas 8 smp

Definisi Pola Bilangan

Pola bilangan memiliki definisi yaitu susunan dari beberapa angka yang mana susunan tersebut membentuk suatu pola tertentu. Pola yang biasa kita kenal dalam pola bilangan yaitu seperti persegi, persegi panjang, segitiga, garis lurus, pola ganjil, genap dan lain-lain.
Baca juga : Soal Dan Pembahasan Integral Tentu & Tak Tentu (TERLENGKAP)

Macam Pola Bilangan

Ada banyak selaki jenis pola bilangan yang sering dikeluarkan dibeberapa kesempatan, mulai dari tingkatan yang mudah sampai tingkat dengan kesuliatn pemecahan yang rumit. Berikut kami berikan sedikit contoh dari macam-macam pola bilangan.

1. Pola Bilangan Persegi

Pada pola ini susunan angka yang terbentuk akan membentuk menyerupai persegi atau sama dengan pola bilangan berpangkat 2. Contoh dari pola bilangan ini diantaranya 4, 9, 16, 25, ... dll. Dalam pola bilangan persegi ini memiliki rumus untuk mencari nilai ke-n yaitu :
rumus pola bilangan persegi

Bentuk pola bilangannya bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.
bentuk pola bilangan persegi

Contoh Soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan persegi

2. Pola Bilangan Persegi Panjang

Pada pola ini susunan angka yang terbentuk akan membentuk menyerupai persegi panjang. Sebagai contoh yang termasuk pola persegi panjang yaitu susunan angka 6, 12, 20, 30, ... dan seterusnya. Dalam pola ini memiliki rumus (persamaan) untuk menentukan pola ke-n yaitu :
rumus pola bilangan persegi panjang
n = bilangan bulat positif

Bentuk pola bilangannya bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.
bentuk pola bilangan persegi panjang

Contoh soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan persegi panjang

3. Pola Bilangan Segitiga

Pada pola yang satu ini tentunya akan membentuk pola segitiga. Contoh dari pola ini diantaranya adalah 3, 6, 10, 15, ... dll. Dalam pola segitiga memiliki rumus untuk mencari nilai ke-n yaitu :
rumus pola bilangan segitiga

Bentuk pola bilangannya bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.
bentuk pola bilangan segitiga
Selain bisa mencari nilai yang ditentukan dengan menggunakan rumus diatas, untuk memecahkan penyelesaian pada pola segitiga bisa kita gunakan dengan cara menjumlahkan bilangan dimana selisih bilangan setelahnya +1 dari bilangan sebelumnya.
bentuk pola bilangan segitiga 2

Contoh soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan segitiga

4. Pola Bilangan Pascal

Selanjutnya yaitu pola bilangan pascal. dari sisi sejarahnya pola ini ditemukan oleh seorang ilmuan prancis, yaitu Blaise Pascal. Jika diperhatikan pola bilangan ini akan membentuk sebuah piramida / segitiga. Pola bilangan pascal atau segitiga pascal memiliki rumus yaitu :
rumus pola bilangan segitiga pascal

Bentuk pola bilangannya bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.
bentuk pola bilangan segitiga pascal

Contoh soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan segitiga pascal

5. Pola Bilangan Garis Lurus

Pola garis lurus merupakan sebuah pola yang mana susunan angkanya akan terentuk seperti garis yang lurus. Contohnya :
bentuk pola bilangan garis lurus

6. Pola Bilangan Ganjil

Pola yang satu ini merupakan sebuah pola yang mana susunan bilangannya merupakan angka-angka yang ganjil, contohnya adalah angka 1, 3, 5, 7, ... dll. Pola ini memiliki rumus yaitu :
rumus pola bilangan ganjil

Contoh soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan ganjil

7. Pola Bilangan Genap

Pola bilangan genap merupakan sebuah pola yang mana susunan bilangannya terdiri dari angka-angka genap seperti 2, 4, 6, 8, 10, ... dll. Pola ini memiliki rumus yaitu :
rumus pola bilangan genap

Contoh soal :
contoh soal dan pembahasan pola bilangan genap
Baca juga : Contoh Soal Tes Army Alpha Intelegence Dalam Psikotes

Soal Dan Pembahasan Pola Bilangan

Setelah tadi kita membahas tentang definisi dan macam-macam dari pola bilangan, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh soal dan pembahasan yang sering keluar dalam materi pola bilangan ini. Langsung saja kita simak ulasannya.
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 1
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 2
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 3
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 4
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 5
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 6
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 7
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 8
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 9
contoh soal dan pembahasan pola bilangan 10
Baca juga : Cara Share Screen Google Meet dengan Suara di HP & Laptop
Berikut adalah sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan terkait pembahasan pola bilangan bagi kelas 8. Tunggu pembahasan kita yang lain dimateri berikutnya ya.  soal soal pilihan ganda pola bilangan kelas 8, 11 kurikulum 2013 pdf, soal ulangan harian bab, contoh soal pola bilangan kelas 8 brainly, persegi, dan pembahasannya essay.

Jika artikel ini bermanfaat dan membantu kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar yang lain juga bisa mendapatkan juga manfaatnya hehehe

Show comments