Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UTND Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan (TERBARU). Helo sahabat skul, begitu senang rasanya karena hingga sekarang ini kami masih bisa memberikan informasi yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada kesempatan baru ini kami akan membawakan topik yang bahasannya mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua kampus yang ada di Indonesia. Dikesempatan sebelumnya kami juga telah membawakan topik mengenai soal dan pembahasan Ujian Mandiri dan UTBK.

Merupakan hal yang penting bagi kita melakukan pilihan yang tepat atas jurusan perkuliahan. Dengan kita masuk Program Studi yang sesuai makan dengan hal itu akan membantu kita dalam melancarkan jalannya studi kita. Memilih Prodi yang tepat berarti kita memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kita. 

Tak hanya menentukan Jurusan, menentukan kampus juga merupakan hal yang harus kita persiapkan dengan matang pilihannya. Dengan kita berada dalam bagian Perguruan Tinggi yang tepat atas lokasi kampus dan biaya kuliahnya, maka hal itu akan membantu kita dalam mempermudah menjalankan perkuliahan.

daftar fakultas jurusan utnd medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum beralih menuju bahasan utama kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Tjut Nyak Dhien yang ada di Kota Medan ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai penjelasan yang dipaparkan KBBI, jadi Jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Sesuai penjelasan yang dipaparkan KBBI, jadi Fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ekonomi yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ekonomi Pembangunan, Manajmen, Ekonomi Syariah dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (UKI, ITS, UIN Yogyakarta) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Budidaya Perikanan, Peternakan).

Tentang Universitas Tjut Nyak Dhien

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan Universitas yang menjadi favorit disana yaitu ada USU, UHKBPNP, UMA Medan dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Universitas Tjut Nyak Dhien atau sering disebut dengan singkatan UTND Medan.

Universitas Tjut Nyak Dhien adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Gg. Rasmi No.28, Sei Sikambing C. II, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Universitas ini didirikan pada tahun 1956 dan berada dibawah naungan Yayasan Abdi Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sumatra Utara (APIPSU). Hingga saat ini UTND memiliki sebanyak 7 Fakultas yang didirikan.

Yayasan APIPSU sendiri didirikan pada 10 Oktober 1956 dan yayasan ini pada mulanya dinamakan Yayasan Akademi Perniagaan dan Ilmu Politik Sumatera Utara. Hingga saat ini Yayasan APIPSU menaungi beberapa sekolah tinggi yaitu Universitas Tjut Nyak Dien (UTND), Akademi Perniagaan dan Perusahaan (APP), dan Sekolah Asisten Apoteker (SAA).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UTND Medan

Sampai sekarang UTND membuka sebanyak 7 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dara Diploma, Sarjana, Profesi. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Tjut Nyak Dhien.

1. Fakultas Agama Islam
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • D3 Akuntansi
  • D3 Manajemen Perusahaan
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Manajemen

3. Fakultas Farmasi

  • S1 Farmasi
  • Profesi Apoteker

4. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

5. Fakultas Pertanian dan Peternakan

  • S1 Agroteknologi
  • S1 Budidaya Perkebunan
  • S1 Peternakan

6. Fakultas Psikologi

  • S1 Psikologi

7. Fakultas Teknik dan Komputer

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin

UTND Medan merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di UTND Medan selalu meningkat. Dengan adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini.forlap dikti, beasiswa, alamat, akreditasi universitas tjut nyak dhien medan, alamat, akreditasi farmasi cut nyak dhien langsa.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments