Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Tes Army Alpha Intelegence Dalam Psikotes

Daftar Isi [show]

contoh soal tes army alpha psikotes
Soalskul.com - Contoh Soal Tes Army Alpha Intelegence Dalam Psikotes. Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami dimana kami setiap harinya akan terus untuk memberi informasi terkait soal dan pembahasan dari dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tak kalah menarik dari artikel sebelumnya dimana kami sebelumnya banyak menyajikan informasi terkait soal dan pembahasan UNBK hingga seleksi masuk PTN. Sekarang kami akan membagikan informasi menarik tentang tes yang banyak di ujikan dalam beberapa kesempatan seperti halnya dalam penyeleksian didunia pekerjaan yaitu Psikotes.

Apa Itu Psikotes?

Tes Psikologi atau lebih akarab di sebut dengan Psikotes merupakan sebuah tes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk menjaring karyawan terbaik dibidangnya. Tak hanya didunia pekerjaan, Psikotes juga sering muncul dalam tes penerimaan mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri.

Tujuan dari Psikotes yaitu untuk menilai kemampuan kokgitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun fungsi dari psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang sehingga bisa digunakan sebagai alat acuan dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Ada banyak sekali tipe soal yang diujikan dalam psikotes, diantaranya yaitu pengujian dalam kemampuan daya ingat, numerik, logika, dan kreatifitas. Salah satu tipe psikotes yang sering diujikan yaitu Tes Army Alpha Intelegence

Tentang Tes Army Alpha Intelegence

Setelah sebelumnya kami membahas tentang Contoh Soal Tes Deret Angka Dalam Psikotes, kali ini kami akan membahas juga tentang salah satu tes yang sering diujikan dalam melakukan Psikotes yaitu Tes Army Alpha Intelegence.

Tes ini juga sering diujikan dalam Psikotes selain tes Wartegg, Pauli, verbal, Aritmatika, Menggambar dll. Setiap tes mempunyai kesulitan masing-masing tentunya. Adapun tes Army Alpha ini juga tidak bisa diremehkan kesulitannya. Walaupun dalam soal ini hanya terdiri dari 12 soal, tetapi kita akan dibuat kewalahan bila kita tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya.

Dalam tes ini kita akan diuji tentang daya tangkap, ketelitian, kecepatan, dan ketepatan dengan soal yang telah diberikan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk bisa teliti dan menjaga konsentrasi kita dengan instruksi yang diberikan oleh narator.

Adapun pengerjaannya yaitu nantinya kita akan diberi selembar kertas yang terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka, huruf dan deretan bentuk. Kita akan diminta untuk mengerjakan sesuai dengan perintah yang dibacakan oleh narator dengan durasi pengerjaan setiap instruksinya berkisar antara 5 hingga 10 detik saja.

Perlu kita ingat, bentuk kalimat perintah yang di bacakan oleh narator merupakan bentuk kalimat majemuk bertingkat, jadi bahasa perintahnya bisa dibilang lebih susah untuk dipahami.

Contoh Tes Army Alpha Intelegence

Lembar jawab Tes Army Alpha Intelegence
lembar jawab soal army alpha
Berikut ini kami berikan contoh dari Tes Army Alpha yang sering keluar dalam psikotes sebagai bahan referensi kalian :

Soal 1
Instruksi Narator : "Buatlah tanda silang pada lingkaran pertama dan sebuah huruf antara 1 sampai 5 pada lingkaran setelah 4"

Jawaban : 
jawaba soal 1 tes army alpha

 



Soal 2
Instruksi Narator : "Tarik sebuah garis dari lingkaran ke 3 ke lingkaran ke 6. Garis itu lewat dibawah lingkaran ke 4 dan diatas lingkaran ke 5" 

Jawaban :
jawaban soal 2 tes army alpha

Soal 3
Instruksi Narator : "Jika betul bumi lebih besar dan mars maka silang lingkaran 2, jika tidak maka coret kata tidak"

Jawaban :
jawaban soal 3 tes army alpha

Soal 4
Instruksi Narator : " Tulislah jawaban dalam lingkaran ketiga pada pertanyaan berikut, 'Berapa harikah satu minggu itu?', dalam lingkaran ke 4 tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke 5 jawaban yang salah dari pertanyaan tadi"  

Jawaban :
jawaban soal 4 tes army alpha
Soal 5
Instruksi Narator : "Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran tetapi tidak termasuk dalam segitiga. Dan tulislah huruf "A" pada bidag yang terletak dalam lingkaran dan segitiga" 

Jawaban :
jawaban soal 5 tes army alpha








Soal 6
Instruksi Narator : "Tulis "X" pada bidang yang terletak pada segitiga tetapi tidak dalam bujur sangkar,. Tulislah "Y" pada bidang dalam bujur sangkar dan segitiga tetapi tidak dalam lingkaran"

Jawaban :
jawaban soal 6 tes army alpha








Soal 7
Instruksi Narator : "Buatlah sebuah garis melintang pada huruf yang ada dibelakang huruf "B", Dan buatlah pula sebuah garis diatas huruf setelah "F"" 

Jawaban :
jawaban soal 7 tes army alpha



Soal 8
Instruksi Narator : "Tulislah pada lingkaran pertama, huruf ke 5 pada kata pertama. Dalam lingkaran ke 2, huruf ketiga dari kata ke 2. Dalam lingkaran ke 3, huruf penghabisan dari perkataan ke 3" 

Jawaban :
jawaban soal 8 tes army alpha




Soal 9
Instruksi Narator : "Coretlah bilangan yang kurang dari 40 tetapi lebih dari 30"

Jawaban :
jawaban soal 9 tes army alpha



Soal 10
Instruksi Narator : "Tulislah angka 2 dalam 2 bagian yang kecil, dan antara angka 2 sampa 7 dalam bagian hampir paling besar"

Jawaban :
jawaban soal 10 tes army alpha




Soal 11
Instruksi Narator : "Coret angka ganjil dan tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga. Dan coret angka genap yang berhuruf dalam lingkaran" 

Jawaban :
jawaban soal 11 tes army alpha




Soal 12
Instruksi Narator : "Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4. Kecuali kalau 4 lebih besar dari 1 dalam hal ini buatlah sebuah garis melintang pada 1" 

Jawaban :
jawaban soal 12 tes army alpha




Demkian pemamapar yang telah kami buat, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi kalian sebelum melaksanakan Psikotes yang dimana ada tipe Tes Army Alpha Intelegence yang akan diujikan mendatang.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temanmu ya

Baca :
Show comments