Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Dan Pembahasan Integral Tentu & Tak Tentu (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Contoh Soal dan Pembahasan Integral Tentu dan Tak Tentu. Pada ulasan kali ini kami akan menghadirkan artikel yang lumayan berbeda dari sebelumnya dimana sebelumnya kami banyak membawakan bahasan yang isinya mengenai daftar jurusan disebuah perguruan tinggi. Nah untuk kali ini bahasan kami akan berisikan informasi seputar materi yang biasanya dibahas dalam mata pelajaran matematika yaitu Integral. Langsung saja berikut ulasannya.

soal dan pembahasan integral tentu dan tak tentu

Definisi Integral

Sebagai awalan tak lengkaap bila kita tidak mengerti apa itu pengertian atau definisi dari integral itu sendiri. Definisi dari Integral merupakan sebuah bentuk operasi matematika yang menjadi invers (kebalikan) dari sebuah operasi tertentu dan juga limit dari jumlah atau luas daerah tertentu. Integral banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti menentukan luas sebuah bidang, menentukan volume benda putar, melakukan analisis medan magnet pada kumparan dll.

Rumus Dasar Integral

Matematika tentunya tidak lepas dari yang namanya rumus. Dalam integral, terdapat beberapa rumus dasar yang harus kita ketahui diantaranya :

rumus dasar integral


Macam-Macam Integral

Dari pengertian integral yang telah disebutkan diatas, integral dibagi menjadi 2 yaitu integral tak tentu (kebalikan dari turunan fungsi), dan Integral tentu (limit dari suatu luas daerah tertentu).

Integral Tak Tentu

Seperti yang telah dikutip sedikit diatas bahwa integral tak tentu merupakan konsep yang berhubungan dengan proses penemuan suatu fungsi asal (F(x)) apabila fungsi turunan atau derivative F’(x) = f(x) diketahi. Jadi bisa dibilang integral tak tentu adalah bentuk integral yang hasilnya berupa fungsi dalam variabel tertentu dan masih memuat konstanta integrasi. Rumus dasar integral tentu adalah :

Rumus dasar integral tak tentu :
rumus dasar integral tak tentu
Dengan “c” merupakan konstanta integrasi


Contoh sederhana :

contoh sederhana integral tak tentu 1

Integral Tentu

Sedangkan untuk integral tentu dapat didefinisikan sebagai konsep yang berhubungan dengan proses perhitungan luas suatu daerah di bawah kurva yang batas-batas dari daerah tersebut diketahui. Rumus dasar integral tentu adalah :

Rumus dasar integral tentu adalah :

rumus dasar integral tentu


Contoh sederhana :

contoh sederhana integral tentu


Contoh Soal Dan Pembahasan Integral

Nah setelah kita memahami definisi dari integral dan tau macam-macam yang ada dalam integral (Integral Tentu & Tak Tentu), berikut kami berikan contoh soal da pembahasannya sebagai bekal kalian untuk semakin mempermudah pemahaman terkait materi integral ini. Berikut ulasannya:

Download soal Integral Tentu & Tak Tentu format PDF di akhir artikel!!

Integral Tak Tentu

Berikut merupakan contoh soal dan pembahasan dari Integral Tak Tentu :

contoh integral tak tentu 1

contoh integral tak tentu 2

contoh integral tak tentu 3

contoh integral tak tentu 4

contoh integral tak tentu 5

Integral Tentu

Berikut merupakan contoh soal dan pembahasan dari Integral Tentu :

contoh integral tentu 1
contoh integral tentu 2
Download soal Integral Tentu dan Tak Tentu lebih format PDF lengkap dengan klik tautan berikut:
  1. Soal Integral Tentu & Tak Tentu >> DOWNLOAD
  2. Soal Integral Tentu & Tak Tentu >> DOWNLOAD
Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai pembahasan integral tentu dan tak tentu. Tunggu pembahasan lain di materi berikutnya ya.  kumpulan soal un, 50, 100, contoh soal pilihan ganda integral dan pembahasannya kelas 11,contoh soal dan jawaban, pembahasan integral pdf, brainly, substitusi, tak tentu kelas 11, parsial brainly, kuliah, bentuk akar, fungsi aljabar.

Jika artikel ini membantu, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Show comments