Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Poltekkes Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Poltekkes Kementerian Kesehatan Medan (TERBARU). Hello sahabat skul, senang sekali rasanya karena sampai sekarang ini kami masih tetap konsisten menyajikan artikel yang bermanfaat untuk kalian. Untuk beberapa tulisan sebelum ini, kami telah membahas banyak terkait  soal Ujian Mandiri Kedinasan dan juga soal UTBK.

Memilih Prodi harus menjadi pertimbangan yang diperhitungkan bagi kita calon mahasiswa yang akan merambah dunia kampus. Bila kita masuk dalam bagian Prodi yang cocok dengan bidang yang kita sukai, maka hal tersebut akan membuat melacarkan jalannya studi kita.

Bukan hanya dalam memilih Jurusan yang harus kita lakukan dengan tepat, memilih Perguruan Tinggi juga harus menjadi pertimbangan yang kita prioritaskan pilihannya. Penting bagi setiap calon mahasiswa berada dalam kampus yang tepat dalam artian biaya dan lokasinya yang sesuai dengan keuangan dan keinginan kita. Dengan kita berada dalam kampus yang sesuai, maka hal itu akan memudahkan kita saat menjalankan perkuliahan nantinya.

daftar jurusan poltekkes medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita menuju bahasan utamanya yaitu tentang daftar Jurusan di Poltekkes Medan, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan KBBI Jurusan didefinisikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Menurut penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Farmasi, Ilmu Kelautan, Ekonomi Pembangunan dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan KBBI Fakultas didefinisikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Geologi, Teknik Industri, Teknik Informatika dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman, jadi Perguruan Tinggi (UAJY, UNM, UNPAR) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, FISIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Hubungan Internasional, Sosiologi, Ilmu Politik).

Tentang Poltekkes Kemenkes Medan

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UNIMED, UNPAB, UHN dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasi tepatnya di Kota Medan yaitu ada Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan atau lebih akrab disebut dengan singkatan Poltekkes Medan.

Poltekkes Kemenkes Medan merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kedinasan yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Jamin Ginting No.13,5, Lau Cih, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Pada mulanya di Sumatera Utara terdapat banyak institusi kesehatan baik dari TNI/POLRI, Depkes, Pemda hingga Swasta. Diantara banyaknya institusi di Sumut salah satunya ada Akademi Keperawatan Medan yang berada dibawah naungan Departemen Kesehatan.

Akademi Keperawatan di Medan berdiri tahun 1995 dengan nama sebelumnya adalah Pendidikan Ahli Madya (PAM) Keperawatan Medan dan kemudian tahun 1999 dirubah namanya menjadi Akademi Keperawatan.

Selain Akademi Keperawatan ada 8 lagi institusi yang berada dibawah naungan Departemen Kesehatan. Pada bulan Oktober dan November tahun 2001, semua Akademi yang bernaung dibawah Departemen Kesehatan digabung atas dasar menyikapi kebijakan SK Menkes tentang dibentuknya Politeknik Kesehatan.

Daftar Jurusan Di Poltekkes Medan

Sampai sekarang ini Poltekkes Medan membuka sebanyak 19 Program Studi. Berikut adalah daftar Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Medan.

  1. D3 Analisis Kesehatan
  2. D3 Farmasi
  3. D3 Gizi
  4. D3 Keperawan Gunung Sitoli
  5. D3 Keperawatan
  6. D3 Kesehatan Gigi
  7. D3 Kesehatan Lingkungan
  8. D3 Kebidanan Medan
  9. D3 Kebidanan Siantar
  10. D3 Kebidanan Karo
  11. D3 Kebidanan Sidempuan
  12. D3 Kebidanan Tapanuli Utara
  13. D3 Sanitasi
  14. D3 Teknologi Laboratorium Medis
  15. D4 Sinitasi Lingkungan
  16. D4 Gizi dan Dietetika
  17. D4 Keperawatan
  18. D4 Kebidanan Medan
  19. Profesi Kebidanan Medan

Poltekkes  Medan adalah satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di Poltekkes Medan setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.

Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan. jurusan analisis kesehatan di medan, asrama, pengumuman, beasiswa, simama poltekkes medan, alamat, cara pembayaran, lulusan, akreditasi poltekkes medan, simama, akreditasi poltekkes kemenkes medan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments