Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal dan Pembahasan USM PKN STAN (TERBARU)

Daftar Isi [show]

kumpulan soal usm pkn stan
Soalskul.com - Kumpulan Soal dan Pembahasan USM PKN STAN (TERBARU)Hallo sobat skul, kembali lagi dengan kami yang kali ini akan menyajikan sebuah bahasan yang tidak kalah menarik dari artikel dan website lainnya dimana kali ini kami akan membahas tentang topik yang sangat dicari-cari oleh para pejuang kampus khususnya kedinasan yaitu USM PKN STAN semua tahun.

Sekilas Tentang PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau sering disebut dengan singkatan PKN STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berada dibawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma (Vokasi) dalam bidang keuangan negara.

Awalnya PKN STAN dinamakan hanya STAN saja, namun pada tahun 2015 lalu tepatnya tanggal 23 Juli diresmikan nama yang baru yaitu PKN STAN.

Banyak pelajar yang setelah lulus dari SMA/MA/SMA ingin melanjutkan pendidikan di PKN STAN. Tak heran banyak pelajar yang ingin masuk STAN karena disini kita akan diberikan kemudahan salah satunya biaya kuliah yang gratis.

Kuliah di STAN memang gratis karena STAN sendiri merupakan sekolah kedinasan dibawah Kementrian Kuangan Republik Indonesia yang dimana lulusan dari STAN akan langsung mendepat pekerjaan yang berkecimpung di bagian keuangan negara.

Sekilas Tentang USM PKN STAN

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan kumpulan soal dan pembahasan dari Ujian Saringan Masuk (USM) yang di selenggarakan oleh PKN STAN. PKN STAN memberikan kesempatan bagi para pelajar lulusan SMA/MA/SMK untuk bergabung dalam jajaran mahasiswa STAN yang nantinya akan ditugaskan dalam pengelolaan keuangan negara.

PKN STAN merupakan salah satu kampus idaman dan paling bergengsi di Indonesia dimana lokasinya yang sangat strategis berada diperkotaan yaitu tepatnya ada di daerah Bintaro, Tangerang Selatan.

Setiap tahunnya materi yang diujikan dalam USM PKN STAN tidak jauh berbeda, disitu akan diujikan soal terkait bahasa inggris, test logika, test matematika, pengetahuan umum dll. Untuk bisa mengikuti USM PKN STAN para peserta dapat memilih lokasi yang disediakan yaitu terdapat 30 lokasi ujian yang tersebar diseluruh indonesia.

Setiap tahun antusias orang untuk mengikuti USM PKN STAN selalu mengalami peningkatan, dengan jumlah kuota yang terbatas dan peserta yang beribu-ribu serta seleksi yang sulit menjadikan STAN sebagai sekolah yang paling sulit untuk dimasuki. Sebagai contoh pada tahun 2017 hanya sekitar 4% dari keseluruhan peserta yang diterima.

Materi Pengujian USM PKN STAN

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta yaitu :

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Test Intelegensi Umum (TIU)
  • Test Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Test Potensi Akademik (TPA)
3. Test Bahasa Inggris (TBI)

Setiap peserta harus melakukan test yang diujikan termasuk test tertulis ini. Untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya para peserta harus lulus dalam test tertulis ini dimana peserta harus memenuhi standar ambang batas nilai yang telah ditentukan.

Nilai Ambang Batas USM PKN STAN

Adapun nilai ambang batas pada tahun 2019 yang harus dicapai agar bisa melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu :

nilai ambang batas usm pkn stan
1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Test Intelegensi Umum (TIU) : dari 30 soal harus mendapatkan poin minimal 80
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 75
Untuk menyelesaikan SKD para peserta diberi waktu 90 menit dimana dalam test kali ini peserta mendapatkan poin untuk TIU dan TWK adalah
Salah : 0
Benar : 5
Tidak menjawab : 0

  • Test Karakteristik Pribadi (TKP) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 143
Sedangkan untuk test TKP poin yang didapatkan adalah :
Nilai terendah : 1
Nilai tertinggi : 5
Tidak menjawab : 0

2. Test Potensi Akademik (TPA)
Untuk menyelesaikan TPA para peserta diberikan waktu 40 menit untuk mengerjakan 45 soal dan diusahakan mendapatkan minimal yaitu 67 poin, adapun poin yang didapatkan dalam pengerjaan soalnya adalah :
Salah : -1
Benar : 4
Tidak menjawab : 0

3. Test Bahasa Inggris (TBI)
Untuk menyelesaikan TBI para peserta diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan 30 soal dan diusahakan mendapatkan minimal yaitu 30 poin, adapun poin yang didapatkan dalam pengerjaan soalnya adalah :
Salah : -1
Benar : 5
Tidak menjawab : 0

Kisi-Kisi USM PKN STAN

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Test Intelegensi Umum (TIU)
  • Test Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Test Potensi Akademik (TPA)
  • Kemampuan verbal (Sinonim, Antonim, Kosa kata, Analogi, Bacaan);
  • Kemampuan kuantitatif / Aritmatika;
  • Kemampuan Penalaran (Pola barisan, Analitik, Penarikan kesimpulan / logika, Pola gambar)
3. Test Bahasa Inggris (TBI)
  • Structur and written expression
  • Error Recognition
  • Reading Comprehension

Program Studi PKN STAN

Adapun jurusan yang dibuka dalam USM PKN STAN adalah :
  1. Program Studi Kebendaharaan Negara Diploma I dan III;
  2. Program Studi Kepabeanan dan Cukai Diploma I dan III;
  3. Program Studi Pajak Diploma I dan III;
  4. Program Studi Akuntansi Diploma III dan IV;
  5. Program Studi Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan Diploma III;
  6. Program Studi Manajemen Aset Diploma III.

Soal dan Pembahasan USM PKN STAN

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan dari USM PKN STAN berdasarkan tahun pelaksanaannya:

1. USM PKN STAN 2007
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2007 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


2. USM PKN STAN 2008
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2008 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


3. USM PKN STAN 2009
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2008 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


4. USM PKN STAN 2010
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2010 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


5. USM PKN STAN 2011
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2011 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


6. USM PKN STAN 2012
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2012 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.

Download
(tidak diadakan USM PKN STAN)

7. USM PKN STAN 2013
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2013 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


8. USM PKN STAN 2014
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2014 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


9. USM PKN STAN 2015
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2015 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


10. USM PKN STAN 2016
Soal dan pembahasan USM PKN STANI tahun 2016 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


11. USM PKN STAN 2017
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2017 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


12. USM PKN STAN 2018
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2018 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


13. USM PKN STAN 2019
Soal dan pembahasan USM PKN STAN tahun 2019 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.

Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian yang membutuhkan soal-soal USM PKN STAN ini dan semoga kalian bisa masuk Universitas yang diinginkan. semoga bermanfaat. buku latihan, prediksi, download materi, ebook, naskah asli soal spmb stan 2018, 2019, 2020 pdf.
Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments