Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STMIK IBBI Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di STMIK Institut Bina Bisnis Indonesia (TERBARU). Hai sahabat skul, sangat senang rasanya karena hingga detik ini kami masih dapat konsisten menghadirkan tulisan yang kami harap bisa berguna untuk kita semua. Dibeberapa topik sebelumnya, kami telah memberikan bahasan mengenai soal UM Kedinasan dan soal UTBK. Pada topik yang kami muat sekarang masih membahas seperti sebelumnya yaitu terkait daftar fakultas dan jurusan diseluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. 

Hal yang harus menjadi pertimbangan calon mahasiswa sebelum melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan yaitu perkuliahan dimana kita harus teliti dalam memilih Jurusan perkuliahan. Dengan kita berada dalam Jurusan yang sesuai dengan bidang kita, maka itu akan menjadikan penentu bagaimana nantinya studi yang akan kita jalankan.

Tak hanya program studi, dalam menentukan universitas juga harus menjadi pertimbangan yang kita prioritaskan. Penting untuk kita berada dalam kampus yang tepat, karena dengan kampus yang tepat akan memudahkan kita dalam melancarkan pendidikan yang akan kita tempuh.

daftar jurusan stmik ibbi medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas topik utama kita mengenai daftar Jurusan di STMIK IBBI, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Geografi, Ilmu Tanah, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komputer yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UHN, ITB, STMIK Swadharma) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Saintek, Fakultas Kelautan, FKIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Perkapalan, Teknik Kimia, Teknik Mesin).

Tentang STMIK IBBI

Bagi kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Sumatera Utara, akan tidak asing dengan jajaran kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada USU, POLMED, ITM Medan dsb. Namun selain kampus tadi, ada lagi satu kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasi tepatnya berada di Kota Medan yaitu ada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Institut Bina Bisnis Indonesia atau lebih akrab disebut dengan singkatan STMIK IBBI.

STMIK Institut Bina Bisnis Indonesia merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Sei Deli No.18, Silalas, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Berdirinya kampus ini pada awalnya merupakan bentuk usaha dari yayasan Institut Bina Bisnis Indonesia (IBBI) yang semula yayasan ini mengelola lembaga pendidikan dibidang bisnis. Lembaga yang didirikan tanggal 17 April 1996 pada mulanya menyelenggarakan program pendidikan diploma dengan berbagai pilihan Program Studi.

Tahun 1998 IBBI berubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Untuk menyelaraskan dengan perkembangan zaman yang semakin peka dengan adanya teknologi, pada tahun 2003 IBBI membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK).

Daftar Jurusan Di STMIK IBBI

Hingga saat ini STMIK IBBI hanya membuka sebanyak 2 Program Studi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di STMIK Institut Bina Bisnis Indonesia.
  1. S1 Sistem Informasi (Terakreditasi B)
  2. S1 Teknik Informatika (Terakreditasi C)

STMIK IBBI adalah satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan terlihat dimana kampus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di STMIK ini yang setiap tahunnya selalu melonjak naik.

Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STMIK Institut Bina Bisnis Indonesia. kepanjangan, logo ibbi, akreditasi stie ibbi, stmik ibbi mahasiswa, alumni penting, biaya kuliah, siakad stmik ibbi medan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments