Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Lengkap Tentang Psikotes Dan Cara Mengerjakannya

Daftar Isi [show]

pembahasan lengkap psikotes
Soalskul.com - Pembahasan Lengkap Tentang Psikotes Dan Cara Mengerjakannya. Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami pada kesempatan kali ini, dimana kami setiap harinya akan memberi informasi penting serta menarik terkait dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Setelah sebelumnya kami membahas banyak soal dan pembahasan terkait UNBK hingga UTBK, kali ini kami juga akan membahas tentang topik yang tidak kalah menarik dari sebelumnya yaitu tentang Tes Psikologi.

Pasti diantara kalian ada yang tidak familiar ya dengan Psikotes ini. Tidak heran untuk kalian yang baru mengenal apa itu psikotes karena tes ini memang biasanya diujikan pada perekrutan pekerjaan maupun mahasiswa. Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu Psikotes dan apa saja sih macam-macam tipe soal yang sering diujikan dalam psikotes itu.

Tentang Psikotes

Tes Psikologi atau lebih akarab di sebut dengan Psikotes merupakan sebuah tes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk menjaring karyawan terbaik dibidangnya mulai dari perekrutan karyawaan BUMN, Bank, TNI, Polri dll. Tak hanya didunia pekerjaan, Psikotes juga sering muncul dalam tes penerimaan mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri.

Psikotes sendiri juga sering diujikan dalam penerimaan siswa baru pada jenjang SMA, penerimaan CPNS, dan masih banyak lagi seleksi yang mengujikan Psikotes ini. Dalam Psikotes kita akan diuji tentang logika, kesabaran, ketelitian, psikotes menggambar, psikotes matematika dll.

KBBI mengartikan Psikotes merupakan "prosedur pemeriksaan yang telah mengalami pembakuan, yang dimaksudkan untuk menyelidiki dan menetapkan sifat-sifat psikis khusus individu; pengujian mental". Jadi dapat disimpulkan psikotes merupakan sebuah tes yang diujikan kepada untuk mengetahui karakteristik kemampuan seseorang.

Psikotes biasanya dilakukan oleh seorang psikolog untuk membaca hasil dari tes yang telah kita ikuti sehingga akan nampak karakteristik kemampuan kita melalui jawaban yang telah kita jawab. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang akurat maka penting bagi psikolog memiliki keterampilan yang profesional dalam hal ini.

Tujuan dari Psikotes yaitu untuk menilai kemampuan kokgitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun fungsi dari psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang sehingga bisa digunakan sebagai alat acuan dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Berbeda dengan tes akademis, Tes Psikologi akan memberikan informasi bukan hanya tentang kemampuan kita, tetapi juga  bisa memberi gambaran tentang potensi yang kita miliki.

Ada banyak sekali tipe soal yang diujikan dalam psikotes, diantaranya yaitu pengujian dalam kemampuan daya ingat, numerik, logika, dan kreatifitas dll. Meskipun ada banyak tipe soal yang ada dalam psikotes, tetapi setiap tipe soal tersebut memiliki fungsi dan karakter yang berbeda walaupun pada dasarnya hanya untuk mengetahui karakteristik seseorang.

Tipe Soal Psikotes

Psikotes biasanya menjadi bagian dari satu rangkaian dalam sebuah penyeleksian. Penting bagi kita untuk berlatih tentang soal dalam psikotes, karena nantinya soal ini akan sering bermunculan dalam setiap penyeleksian entah dalam pendidikan ataupun didunia pekerjaan.

Banyak sekali macam-macam soal dalam psikotes yang sering diujikan sebagai alat ukur mengetahui kepribadian seseorang, diantaranya adalah :
  1. Tes Menggambar Pohon
  2. Tes Menggambar Orang
  3. Tes Koran/Pauli
  4. Tes Wartegg
  5. Tes Kemampuan Verba
    1. Sinonim
    2. Antonim
    3. Analogi
    4. Kelompok Kata
  6. Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule)
  7. Tes Deret Angka
  8. Tes Deret Gambar
  9. Tes Army Alpha Intelegence

Untuk memahami lebih jauh tentang contoh soal dari setiap tipe tes diatas bisa kunjungi disini

Cara agar bisa mengerjakan Psikotes

Dalam Psikotes kita akan diuji tentang banyak sekali soal berhubungan dengan logika, kreatifitas, pilihan, verbal, dll. Penting bagi kita menjawab dengan baik soal dari psikotes ini agar kita memiliki citra yang baik pula dimata para penguji.

Dalam Tes ini kita harus meperhatikan banyak aspek agar kita bisa dengan mudah mengerjakan tes yang satu ini. Dengan keterbatasan waktu yang diberikan tentunya akan menjadi halangan tersendiri untuk kita.

Disini yang harus kita lakukan yaitu kita harus menjaga konsentrasi kita agar tetap fokus dalam soal yang akan dihadapi nantinya.

Kita juga harus teliti dalam pengerjaan soal yang diberikan karena tidak jarang pula soal yang diberikan akan menggocek pikiran kita.

Kerjakan secara jujur dan dan hati-hati karena disini adalah sebuah pengujian yang akan mencerminkan bagaimana kepribadian dan karakteristik kita sendiri.

Mental dan tenaga juga sangat dibutuhkan disini jadi persiapkan diri kita sebelum mengikuti tes ini dengan menjaga agar kita dalam keadaan relax dan fit.

Penting bagi kita juga untuk sering berlatih soal psikotes ini karena dengan berlatih kita akan terbiasa dengan soal yang nantinya akan diujikan sehingga kita bisa memiliki sedikit gambaran terkait soal ini.

Demkian pemamapar yang telah kami buat, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi kalian sebelum melaksanakan Psikotes yang akan diujikan mendatang.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temanmu ya, dan bila ada pertanyaan bisa tanyakan di kolom komentar

Baca :
Show comments