Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Tes EPPS Dalam Psikotes

Daftar Isi [show]

contoh soal tes eeps psikotes
Soalskul.com - Contoh Soal Tes EPPS Dalam Psikotes. Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami dimana kami setiap harinya akan terus untuk memberi informasi terkait soal dan pembahasan dari dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tak kalah menarik dari artikel sebelumnya dimana kami sebelumnya banyak menyajikan informasi terkait soal dan pembahasan UNBK hingga seleksi masuk PTN. Sekarang kami akan membagikan informasi menarik tentang tes yang banyak di ujikan dalam beberapa kesempatan seperti halnya dalam penyeleksian didunia pekerjaan yaitu Psikotes.

Apa Itu Psikotes?

Tes Psikologi atau lebih akarab di sebut dengan Psikotes merupakan sebuah tes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk menjaring karyawan terbaik dibidangnya. Tak hanya didunia pekerjaan, Psikotes juga sering muncul dalam tes penerimaan mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri.

Tujuan dari Psikotes yaitu untuk menilai kemampuan kokgitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun fungsi dari psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang sehingga bisa digunakan sebagai alat acuan dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Ada banyak sekali tipe soal yang diujikan dalam psikotes, diantaranya yaitu pengujian dalam kemampuan daya ingat, numerik, logika, dan kreatifitas. Salah satu tipe psikotes yang sering diujikan yaitu Tes EPPS

Tentang Tes EPPS

Setelah sebelumnya kami membahas tentang Contoh Soal Tes Deret Gambar Dalam Psikotes, kali ini kami akan membahas juga tentang salah satu tes yang sering diujikan dalam melakukan Psikotes yaitu Tes EPPS.

Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah sebuah tes kepribadian yang terdiri atas beberapa pilihan yang mencerminkan diri seseorang. Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui kepribadian seseorang terkait motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. Tes ini disusun oleh Edward berdasarkan teori H. A Murray tentang kebutuhan.

Dalam tes ini tidak ada jawaban benar atau salah. Kita akan diberi sekitas 225 pasang pernyataan dengan waktu pengerjaan yang tidak terbatas untuk menunjang ketelitian peserta dalam mengerjakan tes. Biasanya pengerjaan dibatasi 60 menit untuk tidak mengulur waktu.

Adapun cara pengerjaannya yaitu kita akan diberi pasangan pernyataan ada huruf A untuk pernyataan pertama, dan huruf B untuk pernyataan kedua. Peserta diminta untuk memilih salah satu pernyataandari setiap pasangan pernyataan-pernyataan itu yang dianggapnya paling sesuai dengan dirinya, dan bukan yang dianggap umum dan ideal atau wajar oleh masyarakat di linggkungannya.

Jawaban yang telah dipilih peserta ditulis pada kertas jawaban yang telah disediakan, dengan cara melingkari huruf A atau B yang dipilihnya.

Contoh Tes EPPS

Berikut ini kami berikan contoh dari Tes EPPS yang sering keluar dalam psikotes sebagai bahan referensi kalian

Contoh 1
A. Saya suka menolong teman-teman saya bila mereka dalam kesulitan.
B. Saya ingin melakukan pekerjaan apa saja sebaik mungkin.

Contoh 2
A. Saya ingin mengetahui bagaimana pendapat orang-orang besar mengenai berbagai masalah yang menarik perhatian saya
B. Saya ingin menyelesaikan sesuatu yang sangat penting artinya

Contoh 3
A. Saya suka mengecam orang-orang yang mempunyai kedudukan sebagai yang berwenang
B. Saya suka canggung ditengah orang-orang yang saya anggap sebagai atasan saya.

Contoh 4
A. Saya ingin melakukan pekerjaan apa saja sebaik mungkin
B. Saya suka menolong orang lain yang tidak beruntung seperti saya.

Contoh 5
A. Saya suka membuat rencana sebelum melakukan pekerjaan yang sulit.
B. saya suka memberi pertolongan kecil kepada teman saya

Contoh 6
A. Saya suka bercerita kepada orang lain tentang petualangan saya dan hal-hal aneh yang pernah saya alami.
B. Saya ingin teman-teman saya mempercayai saya dan menceritakan kesulitan-kesulitan mereka kepada saya.

Contoh 7
A. Saya suka menyatakan pendapat saya tentang berbagai hal.
B. Saya suka memaafkan teman-teman saya yang kadang mungkin menyakiti hati saya.

Contoh 8
A. Saya ingin bisa mengerjakan segala sesuatu lebih baik dari pada orang lain.
B. Saya suka makan direstoran-restoran baru atau asing.

Contoh 9
A. Saya suka mengikuti adat-istiadat dan menghindarkan melakukan hal-hal yang mungkin dianggap tidak wajar oleh orang-orang yang saya hormati.
B. Saya suka mengikuti mode-mode baru

Contoh 10
A. Saya ingin dapat memecahkan teka-teki dan persoalan yang sukar bagi orang lain.
B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa yang diharapkan orang lain dari saya.

Demkian pemamapar yang telah kami buat, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi kalian sebelum melaksanakan Psikotes yang dimana ada tipe Tes EPPS yang akan diujikan mendatang.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temanmu ya

Baca :
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Contoh Soal Tes EPPS Dalam Psikotes"