Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Tipe Soal Yang Sering Diujikan Dalam Psikotes

Daftar Isi [show]

macam tipe soal psikotes
Soalskul.com - Kumpulan Tipe Soal Yang Sering Diujikan Dalam Psikotes. Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami pada kesempatan kali ini, dimana kami setiap harinya akan memberi informasi penting serta menarik terkait dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Setelah sebelumnya kami membahas banyak soal dan pembahasan terkait UNBK hingga UTBK, kali ini kami juga akan membahas tentang topik yang tidak kalah menarik dari sebelumnya yaitu tentang Psikotes.

Pasti diantara kalian ada yang tidak familiar ya dengan Psikotes ini. Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu Psikotes dan apa saja sih macam-macam tipe soal yang sering diujikan dalam psikotes itu.

Tentang Psikotes

Tes Psikologi atau lebih akarab di sebut dengan Psikotes merupakan sebuah tes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk menjaring karyawan terbaik dibidangnya mulai dari perekrutan karyawaan BUMN, Bank, TNI, Polri dll. Tak hanya didunia pekerjaan, Psikotes juga sering muncul dalam tes penerimaan mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri.

Psikotes sendiri juga sering diujikan dalam penerimaan siswa baru pada jenjang SMA, penerimaan CPNS, dan masih banyak lagi seleksi yang mengujikan Psikotes ini. Dalam Psikotes kita akan diuji tentang logika, kesabaran, ketelitian, psikotes menggambar, psikotes matematika dll.

Tujuan dari Psikotes yaitu untuk menilai kemampuan kokgitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun fungsi dari psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang sehingga bisa digunakan sebagai alat acuan dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Ada banyak sekali tipe soal yang diujikan dalam psikotes, diantaranya yaitu pengujian dalam kemampuan daya ingat, numerik, logika, dan kreatifitas. Berikut macam-macam tipe soal yang sering diujikan dalam psikotes.

Macam Tipe Soal Psikotes

Psikotes biasanya menjadi bagian dari satu rangkaian dalam sebuah penyeleksian. Penting bagi kita untuk berlatih tentang soal dalam psikotes, karena nantinya soal ini akan sering bermunculan dalam setiap penyeleksian entah dalam pendidikan ataupun didunia pekerjaan.

Banyak sekali macam-macam soal dalam psikotes yang sering diujikan sebagai alat ukur mengetahui kepribadian seseorang, diantaranya adalah :

1. Tes Menggambar Pohon

Salah satu tahap psikotes yang sering diujikan dalam seleksi yaitu Tes Menggambar Pohon atau Tes Baum Tree. Tes menggambar pohon merupakan salah satu hal yang patut kita waspadai dalam psikotes karena kita akan dihadapkan dengan kreatifitas kita dalam menggambar pohon untuk mencerminkan kepribadian kita.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

2. Tes Menggambar Orang

Tes DAP (Draw A Person) atau juga sering disebut dengan DAM (Draw A Man) merupakan salah satu tipe dalam tes Psikologi yang sering kita jumpai. Tes DAP termasuk tes individual yang hingga saat ini masih banyak digunakan dalam menentukan kepribadian seseorang.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

3. Tes Koran

Tes yang juga sering diujikan dalam Psikotes yaitu Tes Koran/Pauli/Kreapline. Tes koran merupakan salah satu hal yang patut kita waspadai dalam psikotes karena kita akan dihadapkan dengan kemampuan untuk melatih daya tahan kita dalam tekanan.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

4. Tes Wartegg

Dalam tes ini kita akan diujikan dalam keterampilan menggambar. Kita akan disuguhi beberapa kotak dengan ada sedikit coretan kecil yang berbeda-beda disetiap kotaknya, dan dimana tugas kita adalah untuk melanjutkan coretan kecil tersebut agar menjadi sebuah gambar yang utuh.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

5. Tes Kemampuan Verbal

Salah satu tes yang sering diujikan dalam Psikotes adalah Tes Kemampuan Verbal. Tes Kemampuan Verbal merupakan salah satu tes yang diujikan untuk mengukur kecakapan, dan kemampuan bahasa seseorang, baik lisan maupun tulisan.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

6. Tes EPPS

Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah sebuah tes kepribadian yang terdiri atas beberapa pilihan yang mencerminkan diri seseorang. Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui kepribadian seseorang terkait motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

7. Tes Deret Angka

Tes Deret Angka diujikan untuk melihat kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Tes ini sering diujikan dalam Psikotes, soal ini juga sering dikeluarkan pada ujian TIU (Tes Intelegensia Umum) baik dalam penerimaan Perguruan tinggi kedinasan maupun seleksi masuk CPNS.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

8. Tes Deret Gambar

Sesuai namanya Tes Deret gambar, disini kita akan disuguhi banyak gambar yang akan melatih logika dan daya ingat kita. Tes ini merupakan salah satu tes yang banyak memaka waktu. Tes yang satu ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian dalam mengerjakannya.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

9. Tes Army Alpha Intelegence

Tes ini juga sering diujikan dalam Psikotes selain tes Wartegg, Pauli, verbal, Aritmatika, Menggambar dll. Setiap tes mempunyai kesulitan masing-masing tentunya. Adapun tes Army Alpha ini juga tidak bisa diremehkan kesulitannya. Walaupun dalam soal ini hanya terdiri dari 12 soal, tetapi kita akan dibuat kewalahan bila kita tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

Demkian pemamapar yang telah kami buat, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi kalian sebelum melaksanakan Psikotes yang akan diujikan mendatang.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temanmu ya

Baca :
Show comments