Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Mengerjakan Psikotes Dari Setiap Tipe Soalnya

Daftar Isi [show]

tips sukses menghadapi psikotes
Soalskul.com - Tips Sukses Mengerjakan Psikotes Dari Setiap Tipe Soalnya.  Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami pada kesempatan kali ini, dimana kami setiap harinya akan memberi informasi penting serta menarik terkait dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Setelah sebelumnya kami membahas banyak soal dan pembahasan terkait UNBK hingga UTBK, kali ini kami juga akan membahas tentang topik yang tidak kalah menarik dari sebelumnya yaitu tentang Psikotes.

Pasti diantara kalian ada yang tidak familiar ya dengan Psikotes ini. Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu Psikotes dan bagai mana sih tips sukses untuk mengerjakan psikotes dari berbagai tipe soal yang ada dalam psikotes. Langsung aja kita bahas yu!!

Tentang Psikotes

Tes Psikologi atau lebih akarab di sebut dengan Psikotes merupakan sebuah tes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk menjaring karyawan terbaik dibidangnya mulai dari perekrutan karyawaan BUMN, Bank, TNI, Polri, CPNS dll. Tak hanya didunia pekerjaan, Psikotes juga sering muncul dalam tes penerimaan mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri. Psikotes sendiri juga sering diujikan dalam penerimaan siswa baru pada jenjang SMA.

Tujuan dari Psikotes yaitu untuk menilai kemampuan kokgitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun fungsi dari psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, potensi, hingga karakter seseorang sehingga bisa digunakan sebagai alat acuan dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Ada banyak sekali tipe soal yang diujikan dalam psikotes, diantaranya yaitu pengujian dalam kemampuan daya ingat, numerik, logika, dan kreatifitas. Berikut macam-macam tipe soal yang sering diujikan dalam psikotes.

Tips Mengerjakan Psikotes

Banyak sekali macam-macam soal dalam psikotes yang sering diujikan sebagai alat ukur mengetahui kepribadian seseorang, diantaranya adalah :
  1. Tes Menggambar Pohon
  2. Tes Menggambar Orang
  3. Tes Koran/Pauli
  4. Tes Wartegg
  5. Tes Kemampuan Verba
    1. Sinonim
    2. Antonim
    3. Analogi
    4. Kelompok Kata
  6. Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule)
  7. Tes Deret Angka
  8. Tes Deret Gambar
  9. Tes Army Alpha Intelegence

Dari bermacam macam tipe soal diatas tentunya memiliki tips dan trik yang berbeda dalam mengerjakannya. Agar kalian bisa menghadapi tes yang satu ini dengan baik, kami sarankan membaca terlebih dahulu pemaparan dibawah ini terkait tips dan trik pengerjaan soal pikotes berdasarkan tipe soalnya.

1. Tes Menggambar Pohon

Disini kita akan diuji dengan kemampuan kita dalam menggambar pohon. Dalam Gambar tersebut nantinya bisa diambil kesimpulan tentang bagaimana kepribadian kita. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Gambarlah sebuah pohon secara lengkap, mulai dari akar, batang, ranting, daun, buah, bunga, dan sebagainya.
  2. Jangan menggambar pohon kelapa, pohon pisang, padi, jagung, dan pohon lainnya yang tidak memiliki struktur pohon yang lengkap seperti halnya tidak memiliki ranting.
  3. Gambarlah secara presisi di tengah kertas.
  4. Gambarlah dengan jelas dan tampak tegas
  5. Tulis nama pohon yang digambar, dibawah gambar pohonnya.
  6. Usahakan kertas agar selalu bersih dan rapih dan pastinya jaga agar tidak lecek.
  7. Maksimalkan waktu yang telah diberikan
  8. Tenang Dalam pengerjaannya
  9. Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

2. Tes Menggambar Orang

Tes DAP (Draw A Person) atau juga sering disebut dengan DAM (Draw A Man) merupakan salah satu tipe dalam tes Psikologi yang sering kita jumpai. Disini kita akan dianalisis kepribadiannya dengan hasil gambar orang yang kita buat. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Gambar sesuai jenis kelamin
  2. Gambar dengan bagian tubuh yang lengkap
  3. Jangan menggambar kartun
  4. Gambar seseorang dengan atribut memiliki profesi (usahakan gambar sesuai profesi yang kalian daftar dalam pekerjaan)
  5. Perhatikan detail terkecilnya mulai dari mata, alis, dsb
  6. Garis gambar yang jelas dan tampak tegas
  7. Jaga kebersihan dan kerapian kertas
  8. Maksimalkan waktu yang diberikan.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

3. Tes Koran

Tes yang juga sering diujikan dalam Psikotes yaitu Tes Koran/Pauli/Kreapline. Disini kita akan dihadapkan dengan banyak sekali deretan angka dan tugas kita adalah untuk menjumlahkan 1 angka dengan angka yang lainnya secara terus menerus. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Jaga konsentrasi agar tetap fokus karena kita akan berhadapan dengan angka dalam waktu yang lama
  2. Atur nafas bila perlu agar bisa tetap tenang dan terjaga
  3. Kerjakan dengan cepat dan cermat karena disini kita akan dikejar oleh waktu
  4. Sering berlatih agar terkendali ketenangan kita dalam mengerjakan soal tipe ini
  5. Cari posisi duduk yang nyaman sebelum bertempur
  6. Jaga kondisi dalam keadaan prima sebelum mengikuti tes ini
  7. Jangan lupa berdoa

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

4. Tes Wartegg

Dalam tes ini kita akan diujikan dalam keterampilan menggambar. Kita akan disuguhi beberapa kotak dengan ada sedikit coretan kecil yang berbeda-beda disetiap kotaknya, dan dimana tugas kita adalah untuk melanjutkan coretan kecil tersebut agar menjadi sebuah gambar yang utuh. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Gambarlah sesuai bidang yang diambil. misalkan kita mendaftar di PT KAI maka baiknya kita menggambar sesuatu yang berhubungan dengan perkereta apian.
  2. Gambarlah dengan jelas dan terkesan tegas.
  3. Gambarlah dengan cepat dan teliti karena ada batas waktu pengerjaannya.
  4. Tetaplah jaga kertas agar tetap bersih dan tidak lecek, karena itu menggambarkan seberapa rapi kamu ketika mengerjakan sebuah pekerjaan.
  5. Khusus bagi laki-laki, apabila kamu mulai menggambar, maka hendaknya hindari pengerjaan di awali dengan mengerjakan nomor 5. Di dalam ilmu psikologi, gambar tersebut berkaitan dengan seorang laki-laki dengan kelainan seksual.
  6. Masih terkait penomoran pengerjaan gambar. Usahakanlah mengerjakan gambar tidak terlalu urut, misalnya nomor 1-2-3-4-5-6-7-8 secara berurutan. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu adalah seorang yang terlalu kaku dan kurang inisiatif.
  7. Bukan hanya terlalu urut, terlalu acak dalam pengerjaan juga dianggap tidak baik, karena penomoran yang terlalu acak juga akan memberikan kesan bahwa kamu bukanlah orang yang visioner / tidak mempunyai tujuan yang jelas dan sulit diatur.
  8. Nomor urut 3,4,5,6 usakanlah kamu menggambar benda mati atau yang maskulin, dengan garis yang tegas.
  9. Sedangkan untuk pengerjaan nomor 1,2, 7, dan 8 di dalam tes wartegg ini, berusahalah untuk menggambar makhluk hidup, atau bentuk-bentuk yang bersifat feminim.
  10. Cantumkanlah nama dari masing-masing gambar pada bagian kertas yang kosong, maksudnya jangan cantumkan di dalam kotak gambar, hal ini akan membuat harus pekerjaanmu terlihat lebih rapi dan mudah di baca.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

5. Tes Kemampuan Verbal

Salah satu tes yang sering diujikan dalam Psikotes adalah Tes Kemampuan Verbal. Tes Kemampuan Verbal merupakan salah satu tes yang diujikan untuk mengukur kecakapan, dan kemampuan bahasa seseorang, baik lisan maupun tulisan. Dalam tes ini dibagi lagi atas beberapa bagian soal yaitu Sinonim, Antonim, Analgi, dan Pengelompokan Kata. Tips mengerjakan tes kemampuan verbal :
  1. Cermati kata yang ada dalam soal dengan benar
  2. Jawab sesuai permintaan dalam soal (sinonim, antonim, analogi, kelompok kata)
  3. Berlatihlah dengan sering
  4. Tambah kosakata baru
  5. Maksimalkan waktu yang diberikan
  6. Fokus pada tipe soal yang mudah terlebih dahulu agar mendapatkan nilai yang maksimal
  7. Banyak membaca agar mendapat kosa kata baru
  8. Berdoa sebelum memulai tes

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

6. Tes EPPS

Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah sebuah tes kepribadian yang terdiri atas beberapa pilihan yang mencerminkan diri seseorang. Disini kita akan dihadapkan dengan pertanyaan yang akan mencerminkan diri kita dan tugas kita memilih salah satu diantaranya. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Pilih jawaban sesuai kepribadian kita
  2. Jujur adalah kunci dari tes ini
  3. Jangan mengada-ada jawaban hanya untuk dipandang sebagai pribadi yang baik
  4. Cermati pernyataan yang diberikan
  5. Jawab dengan teliti karena kita diberi waktu yang panjang untuk tes ini
  6. Jangan hiraukan jawaban orang lain karena jawaban tidak ada yang benar atau salah
  7. Berdoa sebelum mengikuti tes

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

7. Tes Deret Angka

Tes Deret Angka diujikan untuk melihat kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Disini kita akan diberikan soal yang berkaitan dengan angka dan huruf dinama kita harus menebak angka mana yang tepat untuk melengkapi kolom yang kosong dalam soal. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Cermati soal yang ada dengan membaca pola yang mungkin diterapkan
  2. Pola deret dapat berupa penjumlahan, perkalian, pembagian, pengkuadratan dan lain-lain.
  3. Jika deret/angka tidak teratur (angka naik tapi kemungkinan ada yang turun atau angka kembar di tengah) dipastikan terdiri dari lebih satu deret (melompat)
  4. Jika ada dua angka kembar di depan umumnya merupakan deret fibonanci (angka berikutnya hasil penjumlahan dari dua angka sebelumnya)
  5. Jaga kerapian lembar jawaban
  6. Berdoa sebelum memulai pengerjaan

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

8. Tes Deret Gambar

Sesuai namanya Tes Deret gambar, disini kita akan disuguhi banyak gambar yang akan melatih logika dan daya ingat kita. Tes ini merupakan salah satu tes yang banyak memaka waktu. Tes yang satu ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian dalam mengerjakannya.

Salah satu tips untuk menyelesaikan tes ini dengan mudah adalah kita harus memerhatikan pola dari soal yang ditanyakan dan gunakan ketelitian yang kalian miliki dengan baik. Kita juga harus menjaga konsentrasi kita karena soal ini sangat membutuhkan ketenangan dan konsentrasi.

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

9. Tes Army Alpha Intelegence

Tes ini juga sering diujikan dalam Psikotes. Setiap tes mempunyai kesulitan masing-masing tentunya. Adapun tes Army Alpha ini juga tidak bisa diremehkan kesulitannya. Disini kita akan diberi 12 soal dan kita harus mengerjakan soal tersebut dengan waktu yang terbatas. Berikut tips mengerjakannya :
  1. Konsentrasi dengan soal
  2. Dengar dan cermati instruksi narator karena narator tidak akan mengulangi instruksinya
  3. Jangan langsung kerjakan bila narator belum selesai membacakan instruksi
  4. Maksimalkan waktu sebaik mungkin karena kita akan diberi waktu hanya sekitar 5 sampai 10 detik dalam setiap nomornya
  5. Kita harus memahami betul instruksi narator terkait instruksi angka, penempatan, kaliamat dan logika.
  6. Jaga agar lembar jawaban selalu bersih dan tidak lecek
  7. Berdoa sebelum mengerjakan

Untuk melihat contohnya bisa lihat disini

Demkian pemamapar yang telah kami buat, semoga pembahasan ini bisa menjadi berguna untuk kalian yang akan menghadapi Psikotes yang akan diujikan mendatang.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke temanmu ya

Baca :
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tips Sukses Mengerjakan Psikotes Dari Setiap Tipe Soalnya"