Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel Bisa Untuk Daftar Hadir

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat kolom tanda tangan di Microsoft Excel memang banyak orang yang ingin mengetahuinya. Biasanya kolom tanda tangan di Excel dibuat dalam bentuk zig-zag yakni orang pertama ttd di kiri, orang kedua di kanan, orang ketiga lanjut di kiri bawah nya dan seterusnya.

Kolom tanda tangan semacam ini biasanya dibuat untuk daftar hadir atau absensi. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya bila kita tidak memiliki keahlian dalam Excel, cara membuat kolom tanda tangan akan menjadi sulit.

Oleh karena itu dalam artikel kami ini akan menjelaskan secara lengkap cara membuat kolom tanda tangan di Excel yang pastinya mudah dibuat bahkan bagi pemula.

Bila kamu tidak bisa mengikuti panduan pembuatannya dibawah, kamu juga bisa gunakan saja template TTD Excel yang sudah kamu bagikan gratis dibawah. Cukup klik tombol unduh maka kamu akan mendapatkan template nya.

Komputer membuka file Excel berisi daftar nama dan tanda tangan

Baca: Cara Export Hasil Jawaban Google Form ke Excel

Cara Buat Kolom TTD Zig-Zag di Excel unuk Daftar Hadir

Kolom tanda tangan di Excel yang paling umum dibuat adalah kolom TTD yang berbentuk zig-zag dimana peserta 1 berada di kiri, peserta 2 berada di kanan, peserta 3 di bawah 1, peserta 4 di bawah 2 dst.

Kolom tanda tangan excel zig-zag untuk daftar hadir

Kolom tanda tangan zig zag di Excel seperti diatas biasa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya sebagai absensi. Cara membuat kolom tanda tangan seperti diatas pun sangat mudah. Secara lengkap akan kami ajarkan dalam panduan dibawah.

1. Buat tabel Excel

Langkah pertama kita harus membuat tabel Excel nya terlebih dahulu yang berisi beberapa data seperti No, Nama dan kolom Tanda Tangan. Bila kamu ingin menambahkan baris baru, kamu bisa melakukannya sesuai kebutuhan.

2. Gabung cell untuk membuat kolom Tanda Tangan

Seperti terlihat dalam gambar bahwa kolom Tanda Tangan dibuat dalam 2 cell yang telah digabung antara cell C1 dan D1. Untuk menggabungkannya kamu tinggal blok saja C1 dan D1 > menu “Home” > “Marge & Center”. Dengan begitu kolom Tanda Tangan akan tampak seperti dalam gambar.

Baca: Cara Mengubah Foto JPG ke PDF

3. Gabung cell untuk kolom input tanda tangan

Langkah selanjutnya kita akan membuat kolom tanda tangan zig zag di excel nya seperti gambar diatas. Untuk membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggabungkan cell atas dan cell bawah.

Sebagai contoh caranya blok dulu cell C2 dan C3 lalu > "Marge & Center”, maka 2 cell tersebut akan tergabung. Kemudian blok cell cell D2 dan D3 lalu gabungkan seperti cara diatas. Gabungkan semua cell lainnya hingga terbentuk kolom tanda tangan zig-zag seperti diatas.

Template Kolom Tanda Tangan Excel

Bila kamu masih merasa kesusahan mengikuti panduan diatas untuk membuat kolom tanda tangan di Excel secara manual, kamu tinggal pakai aja template kolom tanda tangan excel zig-zag yang sudah kami buat.

Dengan template yang kami sajikan kamu tinggal mengganti data nya sesuai keinginan mu saja. Klik tombol unduh dibawah lalu dapatkan template nya secara gratis.

UNDUH

Baca: Cara Convert PDF ke Excel Online dan Offline

Akhir Kata

Untuk membuat kolom tanda tangan di Microsoft Excel sebagai daftar hadir caranya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa membuatnya secara manual seperti panduan diatas atau langsung gunakan saja template yang kami sajikan.

Show comments