Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Mengubah Foto JPG ke PDF Gratis Bisa dari HP

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara mengubah foto ke PDF memang banyak orang yang ingin mengetahuinya. Beberapa dari mereka perlu melakukan ini sebagai dokumentasi. Meskipun sebenarnya sangat mudah melakukannya, nyatanya banyak diantara kita yang masih belum tau cara ubah JPG jadi PDF.

Kebanyakan orang mungkin lebih sering mengubah foto atau gambar menjadi PDF menggunakan Microsoft Word dengan cara memasukan gambarnya ke halaman Word kemudian save sebagai PDF.

Namun ada cara yang lebih sederhana loh, bahkan kamu bisa melakukannya lewat HP. Lalu bagaimana caranya? Yuk baca artikel kami dibawah.

Cara mengubah foto ke pdf

Cara Membuat Foto Jadi PDF Menggunakan HP

Cara pertama untuk membuat foto jadi PDF menggunakan HP bisa dilakukan langsung lewat galeri HP mu tanpa bantuan aplikasi tambahan atau tanpa situs online.

Hampir semua merek HP Android bisa menggunakan cara ini. Secara umum kamu bisa ikuti tutorial cara buat foto menjadi PDF di HP seperti panduan dibawah ini.

  1. langkah pertama kamu bisa buka galeri di HP mu lalu cari foto yang ingin di convert jadi PDF.
  2. Klik fotonya sampai terbuka kemudian klik ikon titik 3 yang biasanya ada di kanan atas.
  3. Akan muncul beberapa opsi lalu pilih menu “Print”.
  4. Akan terbuka halaman preview lalu tekan tulisan “Save as PDF”.
  5. Lanjut tekan tombol “PDF”..
  6. Tentukan lokasi foto yang dijadikan PDF akan disimpan.
  7. Jangan lupa tekan “Save” untuk menyimpan hasil PDF nya.
Bila kamu tidak bisa menggunakan cara diatas, kami rekomendasikan untuk menjadikan foto ke PDF menggunakan bantuan situs online.
Baca: Mendapatkan File Slideshare

Cara Ubah Foto ke PDF Tanpa Aplikasi

Dibagian ini kami akan ajarkan kalian cara mengubah foto menjadi format PDF menggunakan bantuan situs online. Karena ini online jadi kamu bisa melakukannya lewat HP atau laptop asal kalian memiliki browser disana.

Ada banyak sekali website convert image JPG to PDF yang ada di internet. Beberapa diantaranya yang terbaik dan paling kami rekomendasikan adalah berikut ini:

  1. https://acrobat.adobe.com/link/acrobat/jpg-to-pdf
  2. https://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf
  3. https://tools.pdf24.org/id/gambar-ke-pdf
  4. https://smallpdf.com/jpg-to-pdf

Bila kamu tidak ingin menggunakan situs datas, kamu juga bisa menggunakan situs lain yang ada di internet. Cukup masukkan kata kunci "convert image to pdf" di pencarian google maka akan tampil banyak opsinya.

Untuk mengubah foto ke PDF secara online, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah. Setiap situs memiliki persamaan dalam mengoperasikannya meskipun terdapat beberapa perbedaan. Secara umum caranya seperti berikut.

  1. Langkah pertama kunjungi salah satu situs diatas menggunakan browser di HP atau laptop mu. Misal kami gunakan situs https://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf
  2. Jika sudah terbuka, klik tombol “Pilih gambar JPG”.
  3. Cari foto nya di galeri device mu yang mau di convert ke PDF lalu upload.
  4. Lalu foto mu akan ditampilkan dalam situs sebagai preview jika berhasil di upload.
  5. Kamu bisa pilih orientasi fotonya apakah ingin diubah jadi file PDF format landscape atau portrait.
  6. Kamu juga bisa mengubah ukuran halamannya sesuai keinginan mu.
  7. Kamu juga bisa memberikan margin pada foto mu yang akan dijadikan PDF apakah akan full layar atau memiliki margin di setiap sisinya.
  8. Jika sudah klik tombol "Konversi ke PDF" lalu tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. 
  9. Jika konversi berhasil, klik tombol “Unduh” untuk mendapatkan hasil PDF nya.
Selain digunakan untuk menjadikan foto ke PDF, banyak juga situs online yang khusus digunakan untuk keperluan lain seperti convert pdf ke excel, word ke pdf dan lain sebagainya.
Baca: Template PPT Sidang Skripsi

Kesimpulan

Untuk mengubah foto ke PDF bisa gunakan salah satu cara diatas baik yang tanpa aplikasi lewat galeri HP, atau gunakan situs online. Semua caranya mudah dilakukan bahkan kamu tidak perlu memiliki keterampilan khusus untuk mendapatkannya.

Show comments