Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi di Word Otomatis: Tidak Perlu Buat Titik Manual

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word memang penting diketahui khususnya bagi kita yang sedang membuat dokumen penting seperti skripsi, makalah, hingga buku.

Daftar isi adalah salah satu bagian penting dalam sebuah dokumen yang bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui isi sebuah dokumen.

Dengan melihat daftar isi, pembaca bisa cepat melihat gambaran isi karya tulis tersebut dan langsung menuju bagian yang mereka minati tanpa perlu membolak-balik halaman satu per satu.

Dalam membuat dokumen di Word, banyak orang yang masih membuat daftar isi secara manual. Sebenarnya cara ini tidak salah akan tetapi akan sangat merepotkan dan memakan waktu yang lama.

Bayangkan saja bila kita sudah membuat daftar isi secara manusl, tiba-tiba kita ingin menambahkan subab baru maka kita harus merombak daftar isinya agar kembali sesuai dengan urutan dan nomor halamannya.

Untungnya Microsoft Word menyediakan pembuat daftar isi otomatis. Dengan fitur ini akan sangat memudahkan kita apalagi bila terdapat penambahan data pada dokumen kita karena otomatis daftar isi akan menyesuaikan.

Lalu bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Word? Buat kamu yang penasaran, yuk simak pembahasan kami dibawah ini!!

Komputer diatas meja sedang membuka Microsoft Word dan menampilkan lembar daftar isi

Baca: Cara Hapus Halaman Kosong di Word yang Sudah di Page Break

Panduan Membuat Daftar Isi Otomatis di Word Laptop

Daftar isi otomatis di Microsoft Word sangat memudahkan kita bila sewaktu-waktu menambahkan bab atau subab baru. Dengan adanya daftar isi otomatis kita tidak perlu membuat manual daftar isinya termasuk mengurutkan nomor halaman secara manual.

Bebebarap tahapan yang perlu dilakukan sebelum membuat daftar isi otomatis adalah memberi setiap bab hingga subab sebuah heading style. Dengan begitu nantinya kita bisa membuat daftar isi otomatis. 

Lalu bagaimana cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word laptop? ikuti panduan dibawah untuk tutorial lengkapnya.

1. Tambahkan Heading Style untuk setiap Bab dan Subab

Langkah pertama ialah kita harus memutuskan terlebih dahulu mana bab dan subab yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi. Jika sudah ditentukan, kita harus memberi heading style untuk setiap subab dan bab nya. Misalkan kita memiliki 3 tingkatan yaitu Bab 1, Subab 1.1, Subab 1.1.1.

Ubah Bab 1 dengan heading style yaitu Heading 1. Caranya blok Bab 1 nya > “Home” > pada grup “Style” tekan tulisan “Heading 1”. Kini bab 1 sudah di ubah style menjadi Heading 1.

Ubah Subab 1.1 dengan heading style yaitu Heading 2. Caranya blok Subab 1.1 nya > “Home” > pada grup “Style” tekan tulisan “Heading 2”. Kini subab 1.1 sudah di ubah style menjadi Heading 2.

Ubah Subab 1.1.1 dengan heading style yaitu Heading 3. Caranya blok Subab 1.1.1 nya > “Home” > pada grup “Style” tekan tulisan “Heading 3”. Kini subab 1.1.1 sudah di ubah style menjadi Heading 3.

Jika kamu memiliki lebih dari 3 tingkatan level subab, kamu bisa tambahkan sebagai heading style yaitu Heading 4.

Bila kamu tidak cocok dengan desain heading style yang diberikan secara default baik heading 1, 2 atau 3, kamu juga bisa mengedit nya secara manual.

Atau bila tidak mau repot, kamu bisa mengatur style masing-masing heading tersebut agar nantinya setiap di pilih heading nya maka akan secara otomatis di format sesuai keinginan mu..

Cara edit style heading secara otomatis dengan klik kanan pada Heading yang mau di edit misal Heading 2 > klik menu “Modify”. Disana akan tampil beberapa menu edit style mulai dari font, ukuran dll yang bisa kamu pilih.

Baca: Cara Memindahkan Soal di Word ke Google Form

2. Buat daftar isi otomatis menggunakan fitur Table of Contents

Jika sudah diberikan heading style pada tiap-tiap bab dan subab, maka kita selangkah lagi bisa membuat daftar isi otomatis. Caranya tinggal kamu klik saja fitur Table of Content maka daftar isi akan otomatis terbuat dengan rapi. Secara lebih jelas ikuti panduan dibawah ini.

  1. Pastikan semua Bab dan Subab sudah diberi heading style.
  2. Jika sudah, cukup letakkan saja kursor nya pada lembar daftar isi.
  3. Lanjut asuk ke menu “References” lalu pilih menu “Table of Contents”.
  4. Pilih salah satu template daftar isi yang tersedia.
  5. Jika sudah dipilih otomatis daftar isi akan muncul.

Catatan: Bila nantinya kamu menambahkan bab dan subab baru atau nomor halaman nya berubah karena kamu menambahkan tulisan, kamu bisa update daftar isi nya dengan klik menu “Update Table” lalu pilih opsi apakah ingin update nomor halamannya saja atau isi nya.

Baca: Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel

Akhir Kata

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word sangat mudah dilakukan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memberi heading style untuk setiap Bab dan Subab kemudian gunakan fitur Table of Contents maka otomatis akan muncul daftar isi lengkap dengan titik-titik yang rapi dan nomor halaman yang sesuai.

Kamu bisa menggunakan cara membuat daftar isi otomatis di atas untuk berbagai versi Word mulai dari 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 hingga yang terbaru karena caranya tidaklah jauh berbeda.

Show comments