Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Export Hasil Jawaban Google Form ke Excel

Daftar Isi [show]

cara export jawaban responden gform ke excel

Soalskul.com - Tutorial cara menyimpan Jawaban Google Form ke Excel. Helo gays, balik lagi dengan kami yang selalu hadir membawakan bahasan yang menarik dan bermanfaat tentunya hehee.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tutorial tentang Google Form kembali. Pasti banyak diantara kamu khususnya para mahasiswa yang sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini ya. Tak heran Google Form atau biasa disebut Gform merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan survey dalam rangka mendapatkan informasi dari responden guna kepentingan penelitian baik itu laporan kuliah, jurnal hingga skripsi.

Selain digunakan untuk mendapatkan informasi berupa survey, rupanya Google Form juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan ujian, absensi, kuesioner dan lain-lain. Salah satu kendala yang biasa dirasakan orang-orang dalam menggunakan Gform adalah kebingungan mereka dalam memindahkan hasil responden kedalam format Excel.

Pertanyaannya kenapa sih kita harus memindahkan hasil jawaban responden dalam format Ms. Excel? Bukannya Gform sendiri sudah menyediakan fitur untuk kita bisa melihat jawaban hasil responden ya?. Nah salah satu alasan yang mendasarinya yaitu untuk mempermudah kita dalam membaca hasil responden dan mempermudah dalam pengolahannya, maka kita perlu memindahkan hasil Google Form ke bentuk Excel.

Untuk lebih lengkapnya berikut merupakan tutorial mudah dan lengkap cara export / memindahkan hasil jawaban di Google Form kedalam bentuk Excel.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan Ujian Mandiri UNDIP (TERBARU)

Tutorial Export Hasil Responden Google Form ke Spreadsheet

Langkah 1 : Buka Formulir online yang sudah kamu buat di Google Drive
Langkah 2 : Setelah masuk ke dalam halaman formulir, Klik “jawaban / Respons” yang ada dibagian header
cara export gform ke excel 1

Langkah 3 : Kemudian klik icon spreadsheet disebelah kanan atas
Langkah 4 : Akan muncul pop up “Pilihan tujuan jawaban” lalu pilih sesuai kebutuhan (Karena kita belum memiliki spreadsheet, maka kita akan memilih “Buat spreadsheet baru” kemudian klik “Buat”
cara export gform ke excel 2

Langkah 5 : Secara otomatis spreadshet akan terbuka (Bila tidak terbuka, coba cek di Google Drive)

Nah setelah kita berhasil mendapatkan hasilnya dalam bentuk spreadsheet, kali ini kita akan mendownload spreadsheet tersebut agar bisa dibuka dalam format Excel. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah!
Baca juga : Cara Melihat dan Export Hasil Google Form di HP & Laptop

Cara Export dari Spreadsheet ke Excel

Langkah 1 : Buka Spreadsheet yang telah kamu dapatkan (Untuk membukanya kembali kamu bisa mendapatkannya di Google Drive)
cara export gform ke excel 3

Langkah 2 : Setelah spreadsheet terbuka, klik ”File” dibagian menu bar
Langkah 3 : Kemudian klik “Download”
Langkah 4 : Lalu klik format “Microsoft Excel (.xlsx)”
Langkah 5 : Tunggu beberapa saat hingga download selesai
Langkah 6 : Sekarang kamu sudah berhasil export hasil Gform ke Ms. Excel
Baca juga : Cara Mudah Membuat Absensi di Google Form Dengan HP & Laptop
Itulah tadi sedikit ulasan dari kami terkait cara memindahkan hasil jawaban di Google Form ke dalam format Excel. Semoga ulasannya bisa mempermudah kalian dalam menyelesaikan permasalahan yang kalian miliki. cara menyimpan, pindah data google form ke excel, dowenload, cara import, convert google spreadsheet to, ke excel.

Show comments