Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Template Mind Map PPT dan Cara Membuatnya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Berikut link download template mind map PPT gratis yang bisa kamu dapatkan dengan beberapa pilihan desain yang bagus, keren dan aesthetic.

Tak jarang kita perlu membuat mind map untuk keperluan tugas atau untuk mengorganisasi sebuah ide dengan lebih baik. Mind Map disusun untuk mempermudah kita dalam memahami sebuah informasi.

Buat kamu yang sedang mencari template mind mapping di PPT, berikut kami sajikan beberapa desain yang menarik sekaligus kami ajarkan cara membuatnya sendiri di PPT.

komputer diatas meja dan dilayarnya terlihat sebuah mind map

Apa Itu Mind Map? 

Mind Map atau biasa disebut peta pikiran adalah alat visual yang dimanfaatkan untuk mengorganisir, memahami, dan menyajikan ide atau informasi dengan cara yang lebih terstruktur sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.

Mind map tersusun atas satu gagasan pusat atau topik sentral, dan dari situ, cabang-cabang atau anak cabang ditarik keluar yang mewakili topik utama. Dari topik utama ini juga bisa terus diperluas dengan tambahan sub topik.

Baca: Mendapatkan File di Scribd

Cara Membuat Mind Mapping di PPT Mudah

Selain digunakan untuk membuat slide presentasi, melalui PowerPoint kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat mind map sederhana. Dengan memanfaatkan fitur shapes kita bisa berkreasi untuk membuat mind map kita sendiri.

Sebagai contoh kali ini kami akan sajikan beberapa mind map sederhana yang bisa kamu buat menggunakan PPT. Ikuti saja tutorial dibawah ini untuk membuat mind map di powerpoint.

1. Buka slide PPT

Langkah pertama untuk memulai membuat mind map di PPT adalah membuat file PPT baru atau membuka file yang ingin kamu tambahkan mind map didalam nya.

2. Buat topik sentral mind map

Dalam sebuah mind map, susunan wajib yang harus ada adalah gagasan pusat atau topik sentral. Biasanya bagian ini dibuat satu di paling tengah dan ukurannya yang paling besar.

Mari kita buat topik sentral ini dengan cara masuk ke menu Insert > Shapes lalu pilih bentuk sesuai keinginan mu bisa bentuk persegi, lingkaran, awan dll bebas. Setelah kamu menambahkan shape untuk topik sentral, kamu bisa tambahkan teks ditengan shape tersebut.

3. Buat topik utama mind map

Setelah membuat topik sentral, selanjutnya kita perlu membuat topik utama mind mapping. Topik utama adalah cabang level pertama dalam mind map yang akan dihubungkan langsung pada sntral topik.

Topik utama berada di sekitar topik sentral dan bisa kamu buat lebih dari satu namun tetap pada kebutuhan mu. Untuk membuat topik utama caranya sama seperti membuat topik sentral.

Kamu bisa masuk ke Insert > Shapes lalu pilih bentuk nya sesuai keinginan. Tambahkan beberapa shape sekaligus sesuai kebutuhanmu di sekitar topik sentral. Jika sudah, jangan lupa tambahkan teks untuk setiap topik utamanya.

4. Buat sub topik mind map

Selanjutnya kita akan membuat sub topik mind map. Opsi sub topik ini sebenarnya optional sesuai kebutuhan mu namun bila kamu memang membutuhkan, kamu bisa menambahkannya.

Sub topik biasanya berada di sekitar topik utama untuk mendeskripsikan atau menjabarkan lagi bagian dari topik utama. Cara membuat sub topik tidak jauh berbeda seperti membuat topik utama dengan menambahkan shape sesuai keinginan mu.

5. Hubungkan antar shape topik

Jika semua shape untuk tiap-tiap topik sudah di buat dan sudah memiliki teks deskripsinya, selanjutnya kita perlu menghubungkan antar topik dengan sebuah garis. Jangan lupa hubungkan setiap topik utama dengan yopik sentral, dan hubungkan sub topik dengan topik utamanya.

Untuk membuat garis hubung nya kamu bisa buka Insert > Shapes lalu pilih garis/line. Tambahkan garis tersebut untuk menghubungkan antar topik.

6. Edit mind map

Langakah selanjutnya untuk mempercantik mind map yang kamu buat, kamu mengeditnya mulai dari font, ukuran font, warna shape, warna garis, warna background dll.
Baca: Cara Membuat Google Form Untuk Quiz atau Tugas

Mind Map PPT Template Free Download 

Memang untuk membuat mind mapping manual di PPT sangat membutuhkan proses yang lama dan kreatifitas yang tinggi agar hasilnya maksimal. Namun dari pada repot membuatnya, kamu bisa ko download saja template mind map PPT di bawah ini.

Kami telah menyediakan beberapa template mind map PPT presentation gratis dengan desain yang bagus, keren dan aesthetic. 

Dengan template ini kamu bisa membuat mind map di PPT dengan mudah karena desainnya sudah tersedia dan tinggal kita edit saja sesuai kebutuhan. Cukup klik tautan dibawah maka kamu bisa mendapatkan template nya. 

Template Mind Map PPT 1 > Dapatkan Disini

Template Mind Map PPT 2 > Dapatkan Disini

Template Mind Map PPT 3 > Dapatkan Disini

Baca: Template PPT Sidang Skripsi

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit ulasan dari kami mengenai template mind mapping PPT yang bisa kamu download secara free. Template diatas tentu bisa memudahkan kita membuat mind map di PPT dengan mudah dan cepat. Selain itu kami juga sudah ajarkan bagaimana cara membuat mind map di PPT secara manual.

Show comments