Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Folder Baru di Google Drive: Panduan untuk Pemula

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat folder baru di Google Drive nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Meskipun sebenarnya sangat mudah untuk melakukannya, bagi sebagian orang mungkin akan sedikit kesusahan apalagi yang masih pemula.

Cara membuat folder baru di Google drive bisa dilakukan lewat HP atau laptop. Lantas bagaimana cara membuatnya? Buat kamu yang penasaran, berikut panduan cara membuat folder di Google drive bagi pemula.

Cara membuat file google drive baru

Apa Itu Google Drive?

Sebelum membahas lebih dalam, kita akan beri sedikit pemahaman dulu pada kalian tentang apa itu Google Drive. Jadi Google Drive adalah sebuah tempat penyimpanan online gratis yang dimiliki oleh google untuk menyimpan dokumen digital seperti foto, video, file dll.

Dapat dikatakan juga bahwa Google Drive merupakan lemari penyimpanan raksasa yang ada di internet. Kamu bisa menggantikan fungsi flashdisk atau hardisk untuk menyimpan file digital dengan menggunakan Google Drive.

Tak hanya memudahkan kita dalam menyimpan file, Google Drive juga memudahkan kita untuk mengakses dan membagikan file pada orang lain melalui internet.

Baca: Cara Mengubah Foto JPG ke PDF

Cara Membuat Folder di Google Drive di HP

Cara pertama membuat folder baru di google drive dapat memanfaatkan device HP kita secara langsung. Cara buat folder Google Drive di HP dapat dilakukan di semua merek HP baik yang menggunakan OS Android atau iOS iPhone.

Untuk membuatnya pun kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Drive yang terinstal di HP atau lewat browser. Kali ini kami akan ajarkan cara buat folder di Google Drive lewat aplikasi Google Drive secara langsung.

  1. Langkah pertama pastikan kamu sudah instal aplikasi Google Drive di smartphone mu. Jika belum kamu bisa unduh di Play Store atau App Store
  2. Bila sudah terinstal langsung buka saja aplikasi Google Drive nya dan login ke dalam akun Gmail mu.
  3. Bila kamu sudah login, langsung tap saja ikon “+” yang tersedia dibagian bawah layar.
  4. Akan keluar beberapa pilihan menu lalu pilih saja menu “Folder”.
  5. Kamu akan diminta memberikan nama folder lalu berikan saja namanya sesuai keinginan mu.
  6. Klik tombol “Create” maka folder baru di Google Drive sudah berhasil dibuat.
  7. Kamu bisa melihat folder barunya langsung di halaman Home atau Files.

Cara Membuat Folder di Google Drive di PC

Langkah selanjutnya kita bisa membuat folder baru di Google Drive menggunakan perangkat laptop atau PC. Untuk membuat nya, kita perlu bantuan browser baik itu Chrome, Firefox, Microsoft Edge dll.

Nantinya lewat browser ini kita akan membuka situs resmi Google Drive dan mulai membuatnya disana. Untuk mulai membuat folder di Google Drive di PC, kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka browser di laptop mu.
  2. Lanjut buka situs https://drive.google.com
  3. Lanjut login menggunakan akun gmail yang kamu punya.
  4. Lanjut klik ikon “+ Baru” yang ada pada bagian kiri atas layar.
  5. Lanjut pilih menu “Folder baru” pada opsi yang diberikan.
  6. Lanjut beri nama folder tersebut sesuai keinginan mu.
  7. Lanjut klik tombol “Buat” maka folder tersebut akan dibuat.
  8. Untuk melihat folder nya kamu bisa masuk ke halaman Beranda lalu buka menu Folder.

Panduan Resmi Cara Buat Folder Baru di Google Drive

Google Drive juga telah menyediakan panduan resmi cara membuat folder baru. Dalam panduan tersebut mereka membahas banyak hal seperti membuat folder, memindahkan file atau folder, menghapus file atau folder, mengubah warna folder dll.

Panduan itu bahkan bisa kamu lihat berdasarkan device yang kamu gunakan apakah kamu menggunakan HP Android, iPhone atau bagkan menggunakan perangkat komputer.

Untuk melihat panduan resmi Google Drive tentang cara membuat folder baru, kamu bisa kunjungi melalui link berikut https://support.google.com/drive/answer/2375091

Penutup

Cara membuat folder bari di Google Drive bisa menggunakan HP Android, iPhone atau PC. Kamu bisa membuatnya lewat browser atau langsung lewat aplikasi Drive di smartphone mu.

Cara membuat folder baru di Google drive sebenarnya mudah, secara umum kamu hanya perlu menekan tombol "+" yang tersedia, lalu pilih opsi buat folder, lalu tinggal beri nama dan simpan folder tersebut.

Show comments