Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Curriculum Vitae ATS Online: Bisa Menggunakan HP

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat CV ATS online dan gratis untuk lamaran kerja memang sangat banyak orang ingin mengetahuinya. Nyatanya sekarang membuat CV bisa dilakukan dengan mudah bahkan cukup menggunakan HP saja.

Curriculum Vitae memang sangat umum di minta oleh perusahaan pada para pelamar untuk mengetahui detail dari pelamar tersebut. Dalam CV, kita bisa mengetahui berbagai informasi mulai dari identitas, pengalaman kerja, sertifikasi, skill, riwayat pendidikan dll.

Bagi para pencari kerja, membuat CV memang sangat perlu diketahui caranya. Sayangnya banyak orang yang masih belum bisa membuat CV yang baik dan benar.

Untungnya kita bisa membuat CV dengan mudah cukup menggunakan situs online saja lohh. Lalu apa situs online nya? dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak artikel kami untuk lebih jelasnya.

Cara membuat CV ats online secara gratis

Tips Buat CV ATS Friendly dan Menarik

Sebelum membuat CV untuk lamaran pekerjaan, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar CV mu mudah dilirik oleh HR. Berikut beberapa hal wajib yang harus kamu pahami.

  1. Gunakan format CV yang sederhana dan bersih misalnya format CV ATS.
  2. Gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Calibri, atau Times New Roman.
  3. Gunakan ukuran font yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar misalnya 10-12.
  4. Masukkan kata kunci yang relevan dalam CV mu sesuai dengan deskripsi dan jobdesc pekerjaan.
  5. Tambahkan informasi data diri mu seperti email, no HP, linkedin, alamat, dll.
  6. Buat pemisah atau section antar bagian seperti bagian pendidikan, pekerjaan, pengalaman, dll.
  7. Gunakan poin sederhana untuk mendeskripsikan sesuatu dan jangan terlalu fokus pada paragraf atau kalimat yang terlalu panjang.
  8. Hindari menggunakan gambar atau grafik berlebih.
  9. Jelaskan serinci mungkin pengalaman kerja mu. Tapi ingat hanya masukkan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan saja.
  10. Jabarkan setiap peristiwa berdasarkan yang terbaru misal pengalaman di sebutkan dari yang terbaru sampai lama.

Cara Buat CV ATS Online di HP untuk Lamaran Kerja

Cara membuat Curriculum Vitae atau CV secara online dan gratis bisa kita lakukan menggunakan situs cakeresume.com. Dengan situs ini kita bisa membuat CV yang ATS friendly baik menggunakan HP atau laptop.

Selain cakeresume, ada beberapa situs pembuat CV online lainnya yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. CVmaker.com
  2. Resume.io
  3. Suratplus.com
  4. Canva.com

Kamu bisa membuat CV untuk lamaran pekerjaan secara online dengan cakeresume.com cukup dengan melengkapi saja form yang diberikan. Dengan data yang kamu berikan, maka kamu bisa dengan mudah membuat CV cukup dengan memilih template yang disediakan.

Cara membuatnya tidak begitu sulit ko. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk simak pembahasan berikut.

Baca: 9 Tips Membuat CV Untuk Beasiswa AAS

1. Buka browser dan kunjungi situs cakeresume.com

Langkah pertama kamu perlu membuka browser di HP atau laptop mu. Kemudian kunjungi situs https://www.cakeresume.com

2. Pilih opsi buat CV gratis

Jika sudah di dalam situs, klik tombol "Buat CV Gratis". Tombol ini bisa kamu temukan dibagian bawah. Coba kamu scroll ke bawah hingga menemukan tombol tersebut.

3. Buat akun terlebih dahulu

Bila sebelumnya kamu belum pernah membuat akun di cakeresume, kamu akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Untuk mempercepatnya kami sarankan memilih opsi daftar dengan Google saja. Bila sudah buat akun, lanjut untuk login ke dalam akun mu.

4. Lengkapi form yang diberikan

Jika kamu sudah berhasil login, selanjutnya klik tombol "Pencari Kerja". Selanjutnya kamu akan diminta memilih preferensi pekerjaan yang sesuai minat mu.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi form profil. Klik "Masukan secara manual" untuk mulai mengisinya. Isi selengkap mungkin form ini karena nanti data tersebut akan masuk ke dalam CV mu.

5. Pilih template CV ATS friendly

Jika form nya sudah kamu isi dan sudah di simpan, selanjutnya klik tombol "Buat CV" maka kamu akan diberikan beberapa pilihan template Curriculum Vitae yang ATS friendly. Pilih salah satu template CV nya lalu pilih tombol "Ubah" untuk mengedit dan melengkapi CV mu sendiri.

6. Download CV

Jika kamu rasa CV mu sudah siap, kamu bisa mengunduhnya dengan cara tekan ikon titik 3 di kanan atas lalu pilih "Download CV PDF". Maka secara otomatis CV mu akan terunduh ke device mu.

Baca: Cara Mengubah Foto JPG ke PDF

Akhir Kata

Membuat CV online memang sangat mudah dilakukan apalagi dengan hadirnya situs seperti cakeresume.com. Dengan situs ini kita bisa membuat CV online secara gratis yang ATS friendly baik di HP atau laptop sekalipun. 

Dengan berbagai pilihan template CV ATS friendly yang menarik dan bagus-bagus, membuat kita semakin dipermudah dalam pembuatan Curriculum Vitae.

Show comments