Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Upload File di Google Form

Daftar Isi [show]

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Upload File di Google Form

Soalskul.com - Solusi dan Penyebab Gagal Upload File di Google Form. Hai teman-teman semua, berjumpa lagi dengan kami nih yang setiap harinya selalu update artikel menarik dan bermanfaat tentunya hehee.

Pada artikel kali ini kami akan membahas topik yang banyak banget di request nih sama temen-temen semua yaitu tentang cara mengatasi gagal upload file di Google Form.

Sebelum membahas solusi apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gagal upload file di Google Form, gak lengkap rasanya bila kita tidak mengetahui beberapa faktor yang mungkin menjadi kendala atau penyebab kita gagal upload file tersebut. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!
Baca Juga : Download Listening Section UNBK SMA 2017

Penyebab Gagal Upload File di Google Form

Ada beberapa hal yang menjadi faktor kamu gagal upload file di Gform. Berikut kami rangkum kemungkinan apa saja yang menjadi penyebab file gagal di upload di Google Form.

1. Koneksi Internet Kurang Stabil

Hal pertama yang menjadi penyebab kenapa file yang kamu upload itu gagal mungkin karena masalah koneksi yang tidak stabil. Koneksi yang tidak stabil atau bahkan terputus disaat upload file berlangsung tentunya akan membuat prosesnya menjadi terhenti dan file tidak dapat terupload dengan maksimal.

2. Ukuran File Terlalu Besar

Dalam Google Form ukuran file yang dapat diupload maksimal oleh responden bisa diatur oleh si pembuat formulir. Adapun opsi maksimal ukuran file yang ditawarkan diantaranya 1 MB, 10 MB, 100 MB, 1 GB, hingga 10 GB. Jadi pastikan kmu upload file dengan ukuran yang tidak melebihi batas yang ditentukan ya.

penyebab 2-3 gagal upload file gform

3. Jenis / Format File Tidak Sesuai

Selain mengatur ukuran file maksimal yang dapat di upload oleh responden, rupanya Google Form juga memiliki pengaturan lain yaitu untuk mengatur jenis file apa saja yang dapat di upload oleh responden.

Adapun pilihan opsi jenis file yang dapat di upload diantaranya Dokumen, Spreadsheet, PDF, Video, Presentasi, Gambar, hingga Audio. Pembuat formulir biasanya hanya memilih beberapa opsi jenis file yang bisa diupload, oleh karenanya ada kemungkinan file yang kamu upload tidak sesuai dengan jenis file yang diizinkan untuk di upload.

4. File Corrupt / Rusak

Kemungkinan terakhir yang menyebabkan kamu gagal dalam upload file yaitu faktor file yang corrupt atau rusak. Untuk memastikan apakah file yang kamu upload rusak atau tidak, kamu bisa membuka file tersebut dan bila gagal dibuka kemungkinan besar filemu rusak.
Baca Juga : Cara Menambahkan Form Lampiran Upload File di Google Form

Cara Mengatasi Gagal Upload File di Google Form

Setelah kamu mengetahui beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab file gagal di upload di Google Form, kali ini kami akan memberikan tips dan trik agar kamu tetap bisa upload file di google form.

1. Cek Koneksi Internet

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengecek apakah koneksi internetmu terputus atau tidak dan pastikan koneksi internetmu juga stabil agar proses upload bisa berjalan dengan maksimal. Bila koneksi internetmu tidak stabil coba pindah jaringan yang memiliki koneksi lebih stabil atau tunggu beberapa saat hingga koneksi stabil kembali.

2. Pastikan Ukuran File Tidak Melebihi Batas yang Ditentukan

Jika cara diatas tidak berpengaruh, mungkin kendalanya ada di ukuran file yang di upload. Pastikan ukuran file yang kamu upload tidak terlalu besar dalam artian tidak melebihi batas ukuran maksimal file yang sudah diatur oleh pembuat formulir. Jika kamu tidak tahu berapa ukuran maksimal file yang bisa diupload, kamu bisa langsung tanyakan pada orang yang membuat formulir tersebut.

3. Pastikan Jenis File yang di Upload Sesuai Dengan Format yang Diminta

Jika solusi diatas belum membuahkan hasil, mungkin kendalanya ada di jenis file yang kamu upload tidak sesuai. Pastikan kamu mengupload dengan format file yang diizinkan untuk diupload.

Untuk memastikannya kamu bisa menanyakan langsung pada orang yang membuat formulir kira-kira format apa saja yang di izinkan untuk bisa diupload. Bila format file yang kamu upload tidak sesuai, kamu bisa memasukan file yang ingin kamu upload kedalam format RAR / ZIP terlebih dahulu baru kemudian upload file RAR / ZIP tersebut.

4. Pastika File Tidak Mengalami Kerusakan

Kendala lain yang menyebabkan gagal upload di Google Form adalah kerusakan file. Pastikan file yang kamu upload tidak rusak ataupun corrupt. Untuk memastikannya kamu bisa membuka file tersebut dan apabila file tersebut gagal untuk dibuka kemungkinan besar file yang akan kamu upload rusak. Untuk mengatasinya kamu bisa memperbaiki file rusak tersebut dahulu baru kamu bisa kirim ulang file ke Gform.

5. Upload File Di Google Drive Terlebih Dahulu

Apabila kamu tetap tidak bisa upload file di Google Form, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai solusinya. Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan Google Drive sebagai perantara upload File.

Langkah 1 : Upload file yang ingin kamu upload di Gogle Form ke dalam Google Drive terlebih dahulu

Langkah 2 : setelah berhasil di upload ke dalam Google Drive sekarang kamu tinggal masuk ke dalam formulir Google Form lalu klik “Upload File”

Langkah 3 : Akan muncul pop up penyisipan file kemudian pilih opsi “Drive Saya”

langkah 3-4 solusi gagal upload file gform

Langkah 4 : Pilih file yang sudah kamu upload sebelumnya lalu klik “Pilih”
Baca Juga : Cara Merubah Tampilan Google Form Menjadi Menarik (Custom Theme)

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit tips dan trik yang bisa kami sampaikan terkait cara mengatasi gagal upload file di google form. Semoga ulasan kami kali ini bisa membantu teman-teman semua dalam mengatasi permasalahan yang sedang kalian alami.

Jangan lupa nantikan artikel menarik dan bermanfaat kita lainnya ya!!. kenapa file pdf tidak bisa upload video di, terjadi kesalahan upload ditolak server google form, cara mengirim file lewat google form, kenapa file yang dipilih tidak didukung untuk di upload di google form, semua file anda gagal di upload silahkan coba lagi atau hapus file yang gagal, server telah menolak file ikuti langkah berikut lalu upload file lagi.

Show comments