Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN Biologi SMA 2023 PDF dan Pembahasannya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com -  Apakah kamu sedang mencari soal OSN SMA biologi 2023? Jangan khawatir sob karena disini telah kami kami sajikan link download soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang biologi SMA 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya mulai dari tingkat kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P) hingga OSN tingkat Nasional.

Biologi adalah salah satu bidang yang diperlombakan dalam OSN 2023. Setiap jenjang pendidikan dan bidang yang diperlombakan dalam OSN memiliki persaingan yang sangat ketat karena akan disaring yang terbaik dari putra dan putri yang ada di seluruh Indonesia.

Karena persaingan yang ketat ini membuat kita harus maksimal dalam mempersiapkan diri menjelang OSN agar nantinya memperoleh hasil yang terbaik. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri yang cukup efektif dan efisien menghadapi OSN adalah dengan mengerjakan soal-soal OSN tahun sebelumnya.

Melakukan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya dapat memberikan pemahaman kepada kita terkait tipe soal yang kemungkinan akan diujikan. Latihan soal pun bisa menjadi tempat yang baik untuk mengasah pemahaman materi yang sudah kita pelajari.

Untuk kalian yang sedang mencari soal OSN SMA cabang lomba biologi tahun 2023 dalam format PDF yang bisa di download, langsung aja yuk simak pembahasan kami dibawah ini!!

Soal Olimpiade OSN Biologi SMA 2023 PDF

Sekilas Mengenai OSN SMA Biologi Tahun 2023

Pada tahun 2023, Olimpiade Sains Nasional diselenggarakan lagi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. OSN 2023 sama seperti tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA sederajat.

OSN SMA/MA/Sederajat 2023 memiliki 9 bidang atau cabang olimpiade sains yang akan diperlombakan. Salah satu cabang lomba tersebut yaitu bidang Biologi. Adapun mekanisme penyelenggaraan OSN 2023 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari OSN-K, OSN-P, hingga OSN tingkat nasional.

Tahap seleksi pertama dimulai dari OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) guna menyaring peserta didik terbak di setiap kabupaten/kota di Indonesia.

Mereka yang terbaik akan dipertandingkan dalam OSN tingkat provinsi (OSN-P) guna menyaring peserta didik terbaik di setiap provinsi.

Terakhir mereka yang terbaik untuk setiap perwakilan provinsi akan masuk tahap seleksi OSN tingkat nasional untuk menyaring peserta terbaik di seluruh Indonesia.

Beberapa materi atau kisi-kisi dalam penyelenggaraan OSN cabang biologi SMA tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional diantaranya:

  1. Biologi Sel (Molekuler, Mirkobiologi & Bioteknologi)
  2. Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan
  3. Anatomi dan Fisiologi Hewan
  4. Etolog
  5. Genetika dan Evolusi
  6. Ekologi
  7. Biosistematika

Ada beberapa persyaratan khusus untuk peserta OSN biologi SMA 2023 seperti peserta merupakan siswa atau siswa SMA/MA/Sederajat kelas X atau XI, mempunyai nilai mata pelajaran biologi dan bahasa inggris yang baik, peserta hanya diperbolehkan mengikuti OSN maksimal sebanyak 2 kali saja.

Baca: Download Soal OSN Informatika/Komputer SMA 2023 PDF

Download Soal OSN Biologi SMA 2023 PDF dan Kunci Jawaban

Tanpa berbasa-basi lagi langsung saja kami sajikan link download soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) biologi SMA 2023 disertai pembahasannya dan kunci jawaban PDF untuk tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Soal OSN SMA 2023 Biologi PDF 1 >> UNDUH

Soal OSN SMA 2023 Biologi PDF 2 >> UNDUH

Soal OSN SMA 2023 Biologi PDF 3 >> UNDUH

Catatan: Adapun soal yang sudah kami kumpulkan diatas berasal dari berbagai sumber terpercaya yang ada di internet. Klik tombol "UNDUH" diatas untuk download soal OSN biologi SMA 2023 PDF.

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Simpulan

Itulah tadi link download soal OSN bidang biologi SMA 2023 yang dapat kami sajikan disertai pembahasan dan kunci jawabannya dalam format PDF. Soal-soal diatas kami dapatkan dari sumber-sumber terpercaya di internat untuk semua tingkatan seleksi mulai dari OSN-K, ONS-P hingga OSN tingkat nasional.

Harapan kami semoga apa yang telah kami berikan diatas dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjelang OSN tahun ini. Good Luck!! silabus, contoh, rediksi, kisi-kisi, materi soal olimpiade osn biologi sma 2023 dan pembahasannya, kunci jawaban pdf tingkat kabupaten.

Show comments