Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal OSN Informatika/Komputer SMA 2023 PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com -  Berikut kami sajikan dalam artikel ini link download soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika/Komputer SMA 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya mulai dari tingkat kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P) hingga OSN tingkat Nasional.

Salah satu cabang lomba dalam OSN SMA tahun 2023 adalah bidang Informatika/Komputer. OSN bidang ini diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek Republik Indonesia dan Ikatan Alumni TOKI.

Bidang infromatika atau sebelumnya komputer adalah salah satu cabang yang diperlombakan dalam OSN untuk menguji kemampuan peserta dalam penyelesaian masalah (problem solving) melalui soal-soal pemrograman.

Persaingan yang ketat untuk setiap tahapan seleksi OSN mengharuskan kita untuk banyak melakukan persiapan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu bentuk persiapan yang paling efektif adalah dengan mengerjakan soal-soal OSN tahun sebelumnya.

Melakukan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya dapat memberikan pemahaman kepada kita terkait tipe soal yang kemungkinan akan diujikan. Latihan soal pun bisa menjadi tempat yang baik untuk mengasah pemahaman materi yang sudah kita pelajari.

Untuk kalian yang sedang mencari soal OSN SMA cabang lomba informatika/komputer 2023, langsung aja yuk simak pembahasan kami dibawah ini.

Soal OSN Informatika/Komputer SMA 2023 PDF

Sekilas Mengenai OSN Informatika/Komputer SMA 2023

Tahun 2023 lalu ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. OSN tahun 2023 di selenggarakan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat.

Dalam OSN SMA 2023 terdapat 9 bidang olimpiade sains. salah satu diantaranya adalah bidang Informatika/Komputer. Mekanisme penyelenggaraan kompetisi ini tidak jauh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya dimana akan dilakukan melalui seleksi berjenjang di seluruh Indonesia.

Pertama dimulai dari OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) untuk mendapatkan peserta didik terbak di setiap kota. Kemudian mereka akan dipertandingkan dalam OSN tingkat provinsi (OSN-P) untuk menemukan peserta terbaik di setiap provinsi. Kemudian terakhir mereka akan dipertandingkan dalam OSN tingkat Nasional untuk mempertemukan peserta terbaik dari setiap provinsi dan disaring yang terbaik.

OSN SMA 2023 bidang informatikabertujuan guna menyaring peserta didik terbaik yang nantinya akan menjadi anggota TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia). Mereka inilah yang nantinya akan mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat dunia yaitu Internasional Olympiad in Informatics (IOI).

Adapun materi dalam OSN informatika SMA disesuaika dengan materi OSN tingkai IOI dengan berbagai penyesuaian. Adapun materi uji yang ada diantaranya terkait:

  1. Dasar-dasar pemrograman
  2. Operasi logika dan bitwise
  3. Aritmatika
  4. Aturan berhitung
  5. Rekursi
  6. Pencarian dan pengurutan
  7. Strategi pemecahan masalah
  8. Struktur data
  9. Graf dan tree
  10. Geometri dasar.

Bagi para pesertayang ingin berpartisipasi dalam OSN SMA 2023 cabang informatika/komputer, terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi yaitu peserta merupakan peserta didik SMA kelas X atau XI, peserta memiliki nilai matematika yang baik, peserta belum pernah mengikuti pelatihan tingkat nasional dalam bidang informatika/komputer yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional.

Baca: Soal Olimpiade OSN Kimia SMA 2023 PDF dan Kunci Jawaban

Soal OSN Informatika/Komputer SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Sebelumnya kami sudah membahas artikel terkait soal OSN SMA 2023 mulai dari cabang lomba kimia, matematika hingga fisika. Nah selanjutnya disini kami akan membagikan link download soal OSN Informatika/Komputer SMA 2023 disertai pembahasan dan kunci jawabannya dalam format PDF dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Soal OSN Informatika SMA 2023 1 PDF >> UNDUH

Soal OSN Informatika SMA 2023 2 PDF >> UNDUH

Soal OSN Informatika SMA 2023 3 PDF >> UNDUH

Catatan: Soal-soal diatas kami dapatkan dan kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya di internet. Untuk mengunduh soal OSN informatika atau komputer SMA 2023 PDF diatas, cukup klik tombol "UNDUH" yang tersedia lalu ikuti intruksi pengunduhan nya yang aman.

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Kesimpulan

Itulah tadi link download soal OSN informatika/komputer SMA 2023 yang bisa kami sampaikan disertai pembahasan dan kunci jawabannya dalam format PDF. Soal-soal diatas kami peroleh dari berbagai sumber terpercaya di internat mulai dari tingkat OSN-K, ONS-P hingga OSN tingkat nasional.

Harapan kami semoga apa yang telah kami berikan diatas dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjelang OSN tahun ini. Good Luck!! materi, soal olimpiade osn k, p informatika komputer sma 2023 dan pembahasannya, pdf, terbaru, dan kunci jawaban, jawa barat.

Show comments