Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download File Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Hallo sobat skull. Apakah kamu sedang mencari pedoman dan silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang pendidikan SMA/MA/Sederajat tahun 2024? Jangan khawatir karena disini kami menyediakan file pedoman dan silabus OSN SMA 2024 resmi yang bisa kamu download secara gratis.

Olimpiade Sains Nasional SMA adalah ajang kompetisi sains yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). OSN SMA diselenggarakan untuk mendorong pengembangan minat dan bakat siswa di bidang sains, serta untuk memotivasi siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024

Sekilas Tentang OSN SMA 2024

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA/Sederajat merupakan ajang talenta dibidang sains yang diperuntukkan oleh para siswa dan siswa jenjang Pendidikan SMA/MA/Sederajat. OSN SMA diselenggarakan mulai dari tingkat sekolah, kota, provinsi hingga nasional guna mendapatkan siswa dan siswi terbaik disetiap provinsi.

Diselenggarakannya OSN bertujuan untuk menyaring dan mengembangkan siswa dan siswi bertalenta sehingga dapat berpartisipasi dalam perintis pembangunan dari sisi ilmu pengetahuan. Selain itu OSN bertujuan untuk menyaring peserta terbaik untuk mewakili Indonesia dalam kompetensi sain tingkat Internasional.

Baca: Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Terdapat 9 cabang lomba dalam OSN 2024 untuk jenjang SMA/MA/Sederajat diantaranya:

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Informatika/Komputer
  5. Biologi
  6. Astronomi
  7. Ekonomi
  8. Kebumian
  9. Geografi

OSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari satuan Pendidikan, kota, provinsi dan terakhir tingkat nasional.

  1. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Sekolah (OSN-S)
  2. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K)
  3. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P)
  4. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional (OSN-N)

Jadwal Pelaksanaan OSN SMA 2024

Adapun jadwal pelaksanaan OSN SMA 2024 mulai dari tingkat, sekolah, kota, provinsi, hingga nasional dapat dilihat dibawah:

  1. Seleksi Tingkat Sekolah (OSN-S) = Januari Pekan ke-4
  2. Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) = 25 – 27 Maret
  3. Seleksi Tingkat Tingkat Provinsi (OSN-P) = 6 – 8 Mei
  4. Seleksi Tingkat Nasional (OSN-N) = 26 Agustus – 1 September

Pedoman OSN SMA 2024

Pedoman OSN SMA 2024 dibuat guna memberikan informasi terkait sarana dan prasaranam mekanisme, jadwal pelaksanaan, aturan dan ketentuan penyelenggaraan dll. Berikut pedoma OSN SMA 2024 resmi yang telah dikeluarkan puspresnas.

PEDOMAN OSN SMA 2024 >> DOWNLOAD PDF

Silabus OSN SMA 2024

Silabus OSN SMA 2024 adalah dokumen yang berisi garis besar materi yang akan diujikan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tahun 2024. Berikut silabus OSN SMA 2024 resmi.

SILABUS OSN SMA 2024 >> DOWNLOAD PDF

Baca: Download Soal OSN Matematika SD 2023 dan Pembahasan PDF

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit pembahasan dari kami tentang link download file pedoman dan silabus OSN SMA 2024 yang bisa kami paparkan. Untuk informasi terupdate akan terus kami perbarui melalui artikel ini. materi, jumlah soal, silabus osn fisika, kimia, matematika, biologi,  sma 2024.

 

Show comments