Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal Ujian Mandiri UNNES 2022 TPA dan Bahasa Inggris PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Hallo sobat skull, pati kamu mampir kemari sedang mencari soal seleksi ujian mandiri di Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2022 bukan? Tenang aja sob karena disini kami memiliki beberapa soal dan pembahasan ujian mandiri UNNES tahun 2022 dan beberapa tahun sebelumnya untuk materi TPA dan Bahasa Inggris yang gratis kamu download dalam format PDF.

UNNES menjadi salah satu universitas terbaik dan tervavorit di Jawa Tengah bahkan Indonesia sekalipun. Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa yang berlomba-lomba untuk masuk menjadi mahasiswa UNNES.

UNNES memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru salah satunya jalur Seleksi Mandiri (SM). Untuk SM UNNES jalur reguler para peserta akan diuji dalam beberapa sub materi. Agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam SM UNNES kita harus banyak melakukan latihan mengerjakan soal-soal tahun lalu.

Soalskul  hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri dengan baik menjelang ujian mandiri UNNES. Dalam artikel kami kali ini, kami akan membagikan informasi menarik tentang link download soal ujian mandiri UNNES 2022 untuk Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris dalam format PDF. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Download Soal Ujian Mandiri UNNES 2022 TPA dan Bahasa Inggris PDF

Tentang Seleksi Mandiri UNNES

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang atau biasa di singkat SM UNNES merupakan sebuah jalur penerimaan mahasiswa baru di UNNES yang diperuntukkan untuk jenjang D3, S1, S2, S3, hingga Profesi.

Seleksi mandiri UNNES diselenggarakan secara mandiri dimana dalam penerimaan ini dibagi menjadi beberapa jalur seleksi mandiri diantaranya:

  1. Jalur Seleksi Mandiri Reguler
  2. Jalur Seleksi Mandiri UTBK
  3. Jalur Seleksi Mandiri Rapor
  4. Jalur Prestasi
  5. Jalur PGSD Unggulan
  6. Jalur Kelas Internasional

Salah satu jalur mandiri di UNNES yang paling banyak peminatnya adalah jalur mandiri Reguler untuk diploma 3 dan sarjana (S1). Dalam SM jalur reguler ini para peserta harus mengerjakan soal ujian berbasis komputer (daring dari rumah) atau tulis (datang ke lokasi ujian).

Jalur mandiri reguler UNNES memiliki persyaratan umum dimana peserta minimal harus lulusan SMA sederajat 3 tahun terakhir. Setiap peserta dapat memilih maksimal 2 pilihan program studi saat mendaftar.

Setiap peserta harus membayar sebesar Rp150.000 (uji keterampilan untuk beberapa prodi), Rp300.000 (kelompok saintek atau soshum), dan Rp350.000 (kelompok campuran) untuk bisa mengikuti jalur pendaftaran SM reguler UNNES.

Baca: Download Soal Ujian Mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta PDF

Materi Soal Ujian Mandiri Reguler UNNES

Tes Seleksi Mandiri UNNES jalur reguler memiliki beberapa pembagian materi yang nantinya akan diujikan yakni TPA dan Bahasa Inggris.

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Bahasa Inggris

Untuk soal TPA UNNES tidak jauh berbeda seperti soal TPA dari UTBK atau ujian mandiri universitas lain. Beberapa subtes yang sering keluar dalam TPA UNNES diantaranya.

  • Verbal
    1. Persamaan
    2. Sebab Akibat
  • Logika
    1. Deduktif
    2. Induktif
  • Numerik
    1. Pola deret angka
    2. Aritmatika

Sedangkan untuk subtes yang sering keluar dalam ujian mandiri UNNES materi Bahasa Inggris diantaranya adalah:

  • Grammar and Writing
    1. Mengaplikasikan dan menganalisis penggunaan Tenses dalam bahasa Inggris
    2. Menganalisis dan memadukan berbagai macam Clauses dalam bahasa Inggris
    3. Menganalisis penggunaan Inverted Sentences sesuai konteks
    4. Mengevaluasi penggunaan Gerunds, dan infinitives dalam bahasa Inggris
  • Speaking
Mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan menentukan makna percakapan bermuatan functional language pada percakapan dengan tema:
    1. Openings and closings
    2. Introductions and address systems
    3. Invitations
    4. Thanking people and replying to thanks
    5. Apologizing
    6. Expressing anger and resolving conflict
    7. Getting information
    8. Giving compliments and replying to compliments
    9. Getting people’s attention and interrupting
    10.  Agreeing and disagreeing
  • Vocabulary & Reading
    1. Komprehensi (comprehension)
    2. Fungsi social, struktur generic, fungsi kebahasaan

Adapun jumlah soal yang diujikan dalam SM UNNES sekitar 60 butir soal yang dikerjakan dalam 60 menit atau 1 jam dimana 30 soal TPA dan 30 soal Bahasa Inggris.

Baca: Download Soal Ujian Seleksi Mandiri UNS Terlengkap PDF

Soal Seleksi Mandiri UNNES TPA & Bahasa Inggris Download PDF

Tanpa berlama-lama lagi berikut kami sajikan contoh soal dan pembahasan ujian seleksi mandiri di UNNES tahun 2022 dan beberapa tahun sebelum nya untuk materi soal TPA dan Bahasa Inggris yang gratis kamu unduh dalam format PDF dengan klik tautan yang tersedia dibawah ini.

Soal Ujian Mandiri UNNES 2022 PDF 1 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 2022 PDF 2 >> Download

Selain soal-soal diatas, kami juga sudah mengumpulkan soal SM UNNES materi TPA dan Bahasa Inggris dari beberapa tahun sebelumnya mulai dari tahun 2021, 2020, 2019, 2018 dst dari berbagai sumber di internet terpercaya.

Soal Ujian Mandiri UNNES 1 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 2 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 3 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 4 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 5 >> Download

Soal Ujian Mandiri UNNES 6 >> Download

Baca: Kumpulan Soal Dan Pembahasan Ujian Mandiri UNAIR

Simpulan

Menghadapi ujian mandiri UNNES memang tidak mudah, namun dengan persiapan yang matang, kamu dapat menghadapinya dengan percaya diri. Melalui artikel ini, kami telah memberikan beberapa soal ujian mandiri UNNES 2022 TPA dan Bahasa Inggris dalam format PDF.

Pastikan kamu memanfaatkannya dengan baik dan tetap berusaha semaksimal mungkin. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan kesuksesan bagi perjalanan pendidikanmu. Tetap semangat belajar dan jadilah yang terbaik! jadwal, spi, seleksi jalur mandiri reguler, raport unnes tanpa tes pendaftaran s2 2023, tpa, kumpulan, materi, contoh soal ujian mandiri sm-unnes dan pembahasannya unnes, pdf, matematika.

Show comments