Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal OSN Astronomi SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com -  Pasti kamu sedang mencari soal OSN SMA Astronomi tahun 2023 bukan? pas banget nih sob karena disini kita sudah membahas secara khusus tentang link download soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Astronomi SMA 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya mulai dari tingkat kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P) hingga OSN tingkat Nasional.

Astronomi merupakan satu dari 9 bidang yang diperlombakan dalam OSN tingkat SMA tahun 2023. Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional setiap tahunnya selalu memiliki persaingan yang begitu ketat untuk setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Tak heran bila persaingan dalam OSN sangat ketat karena dalam OSN akan dipertemukan perwakilan terbaik dari daerah nya masing-masing di setuluh Indonesia untuk mendapatkan beberapa peserta didik terbaik dalam skala nasional.

Oleh karena persaingan yang ketat ini, wajib hukumnya bagi kita untuk memperdalam pemahaman dan banyak berlatih dalam mempersiapkan diri menjelang OSN.

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri menjelang OSN yang cukup efektif dan efisien adalah dengan mengerjakan soal-soal OSN tahun sebelumnya.

Melatih diri dengan mengerjakan soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya dapat memberikan pemahaman kepada kita terkait tipe soal yang kemungkinan akan diujikan. Latihan soal pun bisa menjadi tempat yang baik untuk mengasah pemahaman materi yang sudah kita pelajari.

Untuk kalian yang sedang mencari soal OSN SMA Astronomi tahun 2023 yang bisa di download dalam format PDF, langsung aja yuk simak pembahasan dibawah!!

Kumpulan Soal OSN Astronomi SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Sekilas Perihal OSN Astronomi SMA 2023

Pada 2023 lalu, OSN diadakan lagi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mekanisme kompetisi yang tidak jauh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan mulai dari tingkatan SD, SMP, sampai SMA sederajat.

Pada ajang kompetisi OSN SMA/MA/Sederajat 2023 lalu, terdapat sebanyak 9 bidang atau cabang lomba yang diadakan dan salah satunya adalah cabang Astronomi.

Proses seleksi dalam Olimpiade Sains Nasional tahun 2023 dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkatan OSN-K, OSN-P, hingga OSN tingkat nasional.

Proses seleksi pertama dimulai dari OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) yang bertujuan untuk menemukan siswa dan siswi terbak di setiap kabupaten/kota di Indonesia.

Mereka yang terbaik di setiap kabupaten/kota nantinya akan dipertandingkan dalam OSN tingkat provinsi (OSN-P) yang bertujuan untuk menemukan siswa dan siswi terbak di setiap provinsi.

Para peserta didik terbaik disetiap perwakilan provinsi akan dihadapkan dalam tahap seleksi OSN tingkat nasional yang bertujuan untuk menemukan siswa dan siswi terbak dalam sekala nasional.

Pada OSN SMA bidang Astronomi terdapat beberapa materi atau kisi-kisi. Materi dibagi menjadi 2 yaitu teori dan praktik yang telah dijelaskan dalam uraian dibawah.

  • Teori

    1. Astrofisika
    2. Astronomi bola
    3. Sistem waktu dan kalender
    4. Mekanika benda langit
    5. Fenomena astronom (Sistem bumi-bulan-matahari)
    6. Matahari
    7. Tatasurya
    8. Bintang
    9. Sistem bintang
    10. Galaksi bimasakti dan ekstragalaksi
    11. Kosmologi
    12. Instgrumen astronomi
    13. Matematika
    14. Fisika
    15. Statistika
  • Praktik
    1. Pengamatan
    2. Pengolahan data

Terdapat beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi bagi para peserta yang ingin ambil bagian dalam OSN cabang astrnomi tahun 2023. adapun beberapa syarat tersebut diantaranya

  1. Peserta merupakan siswa atau siswi yang masih kelas X atau XI.
  2. Peserta mempunyai nilai yang baik dalam mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris.
  3. Peserta belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dalam bidang astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional
  4. Peserta tidak buta warna sekaligus dibuktikan dengan surat keterangan bebas buta warna.
  5. Peserta diharapkan mampu melakukan kegiatan praktik di lapangan.

Baca: Soal Olimpiade OSN Biologi SMA 2023 PDF dan Pembahasannya

Download Soal OSN Astronomi SMA 2023 PDF

Buat kamu yang sedang mencari soal Olimpiade Sains nasional (OSN) Astronomi SMA 2023, berikut kami sajikan link download nya disertai pembahasan dan kunci jawaban dalam format PDF mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Download Soal OSN SMA 2023 Astronomi 1 >> DISINI

Download Soal OSN SMA 2023 Astronomi 2 >> DISINI

Download Soal OSN SMA 2023 Astronomi 3 >> DISINI

Penting! Soal yang sudah kami kumpulkan berasal dari berbagai sumber terpercaya yang ada di internet. Klik tombol diatas untuk mulai download soal OSN Astronomi SMA 2023 PDF.

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Penutup

Berikut pembahasan seputas link download soal OSN Astronomi SMA 2023. Kumpulan soal diatas kami peroleh dari sumber-sumber terpercaya di internat untuk untuk membantu kalian semua menghadapi OSN tahun ini. Semoga berhasil ya!! kisi-kisi, materi, silabus, kumpulan contoh soal osn astronomi sma 2023 dan pembahasannya pdf.

Show comments