Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UMKO Kotabumi (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). Helo sahabat skul, diartikel sebelumnya kami telah banyak membahas terkait daftar fakultas dan jurusan di kampus-kampus tenar yang ada di Indonesia. Untuk melanjutkan progres kita tersebut, kali ini kami akan membahas hal serupa di salah satu kampus favorit yang dimiliki Provinsi lampung yaitu UMKO Kotabumi. Untuk lebih lengkapnya simak pembahasannya dibawah sini ya!!

daftar fakultas jurusan umko kotabumi

Definisi Jurusan dan Fakultas

Pertama-tama kami akan ajak kalian memahami pengertian dari fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UMKO.

1. Jurusan

Menurut KBBI, jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan juga bahwa jurusan merupakan sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Pendidikan Biologi, Ilmu Administrasi Bisnis, DKV dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari pengertian KBBI tersebut, maka dapat diartikan juga bahwa fakultas merupakan sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti FKIP yang didalamnya terdapat jurusan Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan IPS dsb.

Untuk mempermudah pemahamannya, jadi Universitas (POLIKANT, UNMUS, Politani Payakumbuh) merupakan tempat yang menaungi banyak Fakultas (Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Tarbiyah). Sedangkan Fakultas sendiri menaungi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Sistem Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Teknik Elektro).

Sejarah UMKO Kotabumi

Salah satu daerah pencetak kampus terbaik di Indonesia ialah Provinsi Lampung. Oleh karenanya banyak calon mahasiswa yang lebih memilih melanjutkan pendidikannya di kampus-kampus di Lampung seperti UBL, STIH Muhammadiyah Kalianda, UIN Lampung dsb. Selain kampus tadi, rupanya Lampung juga memiliki kampus tenar lainnya yaitu Universitas Universitas Muhammadiyah Kotabumi atau disingkat UMKO yang menjadi rebutan bagi calon maba.

UMKO ini merupakan salah satu kampus muda di Indonesia yang berstatuskan sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Jl. Hasan Kepala Ratu No.1052, Sindang Sari, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Lampung, Indonesia.

UMKO merupakan sebuah universitas hasil penggabungan dari dua sekolah tinggi yaitu STIH Muhammadiyah Kotabumi dan STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Setelah melalui proses yang panjang, penggabungan dua sekolah tinggi tersebut akhirnya disahkan dengan dikeluarkannya SK Penggabungan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tertanggal 17 Juni 2019.

Daftar Fakultas dan Jurusan UMKO Kotabumi

Hingga kini Universitas Muhammadiyah Kota Bumi telah memiliki 4 buah Fakultas dengan berbagai pilihan jurusannya yang cukup lengkap. Berikut merpakan daftar fakultas dan prodi yang ada di UMKO Lampung.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Jasmani

2. Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial
  • S1 Hukum
  • S1 Ilmu Komunikasi

3. Fakultas Pertanian dan Peternakan
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi
  • S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak

4. Fakultas Teknik dan Komputer
  • S1 Sistem Teknologi Informasi

Sekian pembahasan singkat kami tentang daftar fakultas dan jurusan di salah satu kampus favorit di Provinsi Lampung yaitu Universitas Muhammadiyah Kota Bumi. Semoga ulasannya bisa memperkaya wawasan kalian mengenai daftar fakultas dan prodi yang ada disini. biaya kuliah, jurusan stkip muhammadiyah kotabumi, siakad, logo, akreditasi, biaya kuliah, jurusan di, pendaftaran universitas muhammadiyah kotabumi, akreditasi, jurusan, pmb, login, siakad, pendaftaran umko kotabumi. 

Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments