Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal Dan Pembahasan UNBK IPA SMP (PDF)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Soal & Pembahasan UN IPA SMP Pdf. Hei sahabat skul, seperti judulnya yang telah kalian lihat yaitu terkait soal Ujian Nasional di SMP, kali ini artikel kami akan lebih berfokus pada salah satu mata pelajaran yang diujikan saat UN atau nama barunya yaitu UNBK yaitu mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Ada beberapa teman kalian yang request nih untuk dibuatkan pembahasan khusus terkait soal UNBK SMP untuk mata pelajaran IPA ini. Nah untuk menjawab kebutuhan dari teman-teman, kali ini kami buatkan soal dan pembahasannya dalam bentuk PDF agar mempermudah kalian dalam belajar. Sebelum lanjut, simak beberapa ulasan dibawah ini sebagai bekal kita untuk mengetahui apa sih UNBK itu. Langsung saja berikut ulasannya.
download soal dan pembahasan un ipa smp

Sekilas Tentang Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan sebuah ujian yang dilakukan oleh setiah siswa baik seluruh jenjang mulai dari SD hingga SMA sebagai syarat kelulusannya. Ujian Nasional telah banyak berganti nama dari masa kemasa sampai yang terbaru istilahnya diganti dengan sebutan UNBK atau kepanjangannya Ujian Nasional Berbasisi Komputer. 

Ujian Nasional / UNBK untuk tahun 2021 sudah tidak diberlakukan lagi untuk seluruh jenjang menyusul SD sederajat yang sudah tidak memberlakukan Ujian Nasional sejak tahun 2013/2014 lalu. Namun bukan berarti dalam bersekolah kita tidak akan menemui ujian lagi. Nantinya UN akan digantikan dengan sistem dan pola pengujian yang berbeda mulai tahun 2021 yang disebut AN atau kepanjangannya Asesmen Nasional.

Asesmen Nasional dirancang bukan hanya untuk menggantikan UN, namun AN hadir dengan skema dan sistem yang lebih baru yang akan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan juga hasil.

Dalam UNBK SMP pada tahun terdahulu terdapat beberapa mata pelajaran yang diujikan diantaranya:
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Baca Juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN (TERBARU)

Soal Dan Pembahasan UN IPA SMP 2018

Meskipun nantinya kita akan dihadapkan dengan nama dan sistem ujian yang baru, tetapi materi yang diujikan akan mengikuti kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum 2013 / K13. Nah jadi untuk mempermudah kita dalam belajar dan menyiapkan diri dalam ujian nantinya, tak ada salahnya bagi kita belajar dengan memanfaatkan soal dan pembahasan UN IPA SMP yang kami berikan.

Adapun soal yang kami berikan merupakan soal dan pembahasan UN IPA SMP 2018. Kalian bisa mendapatkan soal dan pembahasannya dalam bentuk PDF dengan mengklik tautan dibawah ini dengan klik tombol download yang tersedia.

Soal : Download
Soal & Pembahasan : Download

Itu saja yang bisa kmi sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua dalam belajar dan semoga hasil ujian kalian dalam waktu dekat ini mendapatkan hasil sesuai harapan kalian. 40 soal unbk, soal un ipa, fisika smp 2019, 2018, 2017 dan pembahasannya pdf, word, download soal try out un ipa smp 2018 word, kunci determinasi, uji makanan, pemisahan campuran, biologi.
Untuk meningkatkan kenyamanan  pembaca, mohon beritahu kami dikolom komentar bila link error. Dan bila ada request topik yang akan kita bahas bisa tulis langsung di komentar.
Show comments