Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Pembahasan Tekanan Zat Padat (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soaskul.com – Contoh Soal Tekanan Zat Padat. Pasti kamu sedang mendalami materi tentang teknan zat padat dan berencana memahaminya dengan cara belajar mengerjakan soalnya bukan?

Pas banget nih karena disini kami sudah membuat ulasannya khusus buat kamu terkait soal dan pembahasan mengenai tekanan zat padat. Kami telah membuat soal sebanyak lebih dari 15 soal yang bisa menjadi modal pembelajaranmu.

Secara sederhana contoh penerapan tekanan zat padat seperti saat seseorang menduduki paku yang disusun banyak sekaligus pasti paku tersebut tidak akan menembus kulit mereka. Hal tersebutlah yang merupakan salah satu bentuk tekanan zat padat.

Kenapa bisa terjadi demikian? jawabannya karena permukaan paku memiliki permukaan yang luas sehingga menyebabkan tekananya menjadi lemah. Kalo kamu masih bingung terkait hal tersebut, kamu bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ya!!

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Tekanan Zat Padat

Pengertian Tekanan Zat Padat

Zat padat adalah salah satu dari empat bentuk dasar materi, seperti halnya benda lain seperti cairan, plasma, dan gas yang memiliki massa dan menempati ruang. Kemudian, tekanan suatu benda padat adalah besarnya gaya yang bekerja pada benda tersebut per satuan luas dalam medan tekanan.

Tekanan zat padat juga dapat diartikan sebagai gaya yang bekerja pada tekanan per satuan luas. Jika gaya diterapkan pada benda padat dari atas, maka secara otomatis akan menghasilkan tekanan. Semakin besar luas bagian bawah medan tekanan, semakin rendah tekanannya.

Baca juga: Soal dan Pembahasan Limit Fungsi Aljabar (TERLENGKAP)

Penerapan Tekanan Zat Padat Dikehidupan Sehari-Hari

Ada beberapa penerapan tekanan benda padat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah.

1. Sepatu Bot Salju

Bagian bawah sepatu salju diperlebar untuk mengurangi tekanan yang disebabkan oleh berat pengguna, sehingga memudahkan mereka berjalan di atas salju.

2. Paku

Paku dibuat runcing di ujungnya untuk meningkatkan tekanan dan memudahkan paku menembus kayu atau dinding dengan lebih mudah.

3. Kapak

Kapak memiliki bilah tajam yang meningkatkan tekanan dan memudahkan untuk memotong kayu. Memotong kayu dengan mata kapak yang tajam membutuhkan lebih sedikit usaha daripada kapak tumpul yang membutuhkan banyak tenaga.

4. Sepatu Bot

Petani juga menggunakan gaya atau tekanan pada benda padat. Lumpur dapat menyulitkan mereka untuk berjalan di bagian bawah kakinya, jadi mereka menggunakan sepatu bot untuk menyelesaikan masalah tersebut yang menyebabkan kaki tidak mudah masuk ke dalam lumpur.

5. Sirip Ikan

Sirip yang lebar akan memudahkan mereka untuk menavigasi air dengan mudah. Ini karena ikan mendapat dorongan dari sirip yang bergerak.

Sirip kemudian memberi banyak tekanan pada air saat mereka bergerak. Jadi, karena reaksi tersebut, ikan mendapat dorongan dari air.

Baca juga: Contoh Soal dan Pembahasan Vektor (TERLENGKAP)

Rumus Tekanan Zat Padat

Tekanan zat padat dipengaruhi gaya dan luas permukaan bidang tekan. Agar bisa menentukan besar nilai di sebuah zaat pada dapat kita ketahui menggunakan perbandingan tekanan terhadap luar permukaan benda. Adapun rumus tekanana zat padat adalah:

Rumus Tekanan Zat Padat:

P = F/A

Dimana:

P = Tekanan zat padat (Pa) 1Pa = 1N/m2

F = Gaya Terhadap benda (N) 1N = 1kg.m/s2

A = Luas Permukaan dari benda (m2)

Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Nah bagian yang ditunggu-tunggu nih. Buat kamu yang lagi nyari contoh soal serta pembahasan tekanan zat padat, yuk simak pembahasan yang sudah kami dibawah.

1. Sebuah benda yang padat yang memiliki luas alas 300 cm2 diberi gaya sebesar 10 N. Hitung besar tekanannya!

Jawaban:

Diketahui:

F = 10 N

A = 300 cm2 = 0,03 m2

Maka:

P = F/A

P = 10/0,03

P = 3000 N/m2

Baca juga: Contoh Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga (TERLENGKAP)

2. Sebuah kayu berbentuk kubus yang memiliki panjang sisi 40 cm diletakkan bidang yang datar. Jika massa kayu tersebut 8 kg dan kecepatan gravitasi bumi 10m/s2, maka hitunglah tekanan yang dialami bidang datar tersebut!

Jawaban:

Diketahui:

m = 8 kg

Percepatan Gravitasi (g) = 10 m/s2

A = 40 × 40 cm = 800 cm2 = 0,08 m2

Maka:

Perhitungan Gaya (F)

F = m × A

F = 8 × 10 = 80 N

Perhitungan Tekanan (P)

P = 80 ÷ 0,08 = 1.000 N/m2

Jadi tekanan yang dialami bidang datar tersebut adalah 1.000 N/m2 atau 1.000 Pa.

Baca juga: Soal Dan Pembahasan Pola Bilangan Kelas 8 (TERLENGKAP)

3. Anton menendang bola ke sebuah tong sampah dengan gaya sebesar 100 Newton. Jika luas telapak kaki besarnya adalah 100 cm², hitung tekanan yang diberikan terhadap tong sampah tersebut.

Jawaban:

Diketahui:

100 cm2 = 0,01 m2

F = 10 N

Maka:

P = F/A

P = 10/0,01

P = 1000 N/m2

Buat kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak soal dan pembahasan Tekanan Zat Padat. Kamu bisa mendapatkan melalui link dibawah ini!!

Download Soal dan Pembahasan Tekanan Zat Padat Terlengkap >> DISINI

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit pembahasan dari kami mengenai materi tekanan zat padat. Diatas kami sudah menyajikan baik soal dan pembahasan terkait tekanan zat padat. tak ketinggalan pula kami juga sudah menyajikan pengertian dan rumus dari tekanan zat padat. 

Semoga pembahasan kami kali ini bisa kamu pahami dengan mudah ya!! rumus, contoh soal fisika ipa essay tekanan pada zat padat, cair, hidrostatis, balok, kelas 8 dan jawabannya.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Contoh Soal dan Pembahasan Tekanan Zat Padat (TERLENGKAP)"