Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga (TERLENGKAP)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Contoh soal dan pembahasan terlengkap dimensi tiga SMA. Hallo kalian semua, berjumpa kembali dengan kami pada kesempatan dan suasana yang baru ini. Seperti biasanya pada artikel kali ini kami juga akan membawakan ulasan yang tak kalah menarik dari pembahasan yang sudah kami buat sebelumnya.

Pada artikel kali ini kami akan menghadirkan ulasan yang banyak direquest ni sama para sahabat skul di kolom komentar yaitu tentang contoh soal serta pembahasan pada materi dimensi tiga untuk kelas 12 SMA kurikulum 2013. Materi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lumayan sulit bila kita tidak benar-benar memahami materinya ni sobat skul. Untuk itu kami berikan ulasannya secara lengkap mulai dari materinya hingga contoh soal dan pembahasannya dibagian akhir untuk mempermudah kalian dalam memahaminya. Langsung saja simak ulasannya dibawah.

Baca juga : Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan (TERLENGKAP)
soal dan pembahasan dimensi tiga

Pengertian Dimensi Tiga

Dimensi tiga bisa diartikan sebagai suatu bangun ruang seperti balok, kubus, prisma, segitiga dll yang terdiri dari 3 elemen dasar yang merangkainya yaitu titik, garis, dan bidang. Dalam menguasai materi yang satu ini penting bagi kita memahami ketiga elemen tersebut karena soal-soal dimensi tiga merupakan variasi dari ketiga elemen tadi.

  • Titik

Dalam dunia matematika, titik diartikan sebagai sesuatu yang tidak memiliki kedudukan dan ukuran yang digambarkan dengan tanda noktah. Dalam dunia matematika kedudukan titik biasanya di lengkapi dengan penamaan titik dengan menggunakan satu buah huruf kapital seperti A,B,C dst. Contoh:

pengertian titik

  • Garis

Sedangkan Garis merupakan himpunan dari rangkaian titik-titik yang hanya mempunyai panjang dan dimensinya satu. Garis bisa digambarkan seperti halnya seutas tali yang lurus dan bisa diperpanjang setiap ujungnya. Berbeda dengan titik yang diberikan penamaan menggunakan satu buah huruf kapital, dalam garis biasanya diberi penamaan dengan menggunakan sebuah huruf kecil ataupun dua buah huruf kapital seperti a,b, c, AB, BC dst. Contoh:

pengertian garis

  • Bidang

Dan yang terakhir adalah bidang yang bisa diartikan sebagai kumpulan dari titik-titik yang didalamnya memiliki ukuran panjang dan juga lebar sehingga bisa dikatakan bidang adalah berdimensi dua. Bidang bisa diilustrasikan sebagai sebuah kertas yang bisa diukur kepanjangan dan kelebarannya. Contoh:

pengertian bidang
Baca juga : Download Soal Dan Pembahasan UNBK IPA SMP (PDF)

Kedudukan Titik, Garis, Dan Bidang Dalam Ruang

  • Kedudukan Titik Terhadap Garis

1. Titik pada garis
Keadaan ini terjadi bila terdapat titik dalam sebuah garis.
titik pada garis

2. Titik diluar garis
Keadaan ini terjadi bila terdapat titik diluar garis karena garis tersebut tidak menyentuh atau melalui titik.
titik diluar garis

  • Kedudukan Titik Terhadap Bidang

Keadaan ini terjadi bila bidang melalui sebuah titik dan titik tidak berada dalam garis pada bidang tersebut. Contohnya adalah titik Z berikut.
Kedudukan Titik Terhadap Bidang

  • Kedudukan Garis Terhadap Bidang

Keadaan ini terjadi bila garis terletak pada bidang (Cth: garis AB, AC, dsb), garis menembus / memotong pada bidang (Cth: garis PQ), garis yang sejajar terhadap bidangnya (Cth: garis RS).
Kedudukan Garis Terhadap Bidang


  • Kedudukan Bidang Terhadap Bidang Lain

1. Dua bidang saling sejajar
Hal ini terjadi bila tidak ada garis yang berpotongan bidang dari keduanya (kedua bidang).
Dua bidang saling sejajar

2. Dua bidang saling berpotongan
Hal ini terjadi bila adanya garis perpotongan pada 2 buah bidang.
Dua bidang saling berpotongan

3. Dua bidang saling berimpit
Hal ini terjadi bila setiap titik pada bidang α juga berada pada bidang β, ataupun sebaliknya.
Dua bidang saling berimpit

Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga

Setelah kita memahami konsep dasar dari dimensi tiga, sekarang kami berikan contoh soal dan pembahasan dari materi dimensi tiga ini sebagai bahan lathian dan untuk mempermudah pemahaman kalian tentang dimensi tiga. Langsung saja berikut contoh soal dan pembahasannya.

Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 1
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 2
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 3
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 4
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 5

Baca juga : Download Soal dan Pembahasan SCPC IPDN 2019
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 6Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 7
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 8
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 9
Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga 10

Itulah tadi pembahasan mengenai contoh soal dan pembahasan pada materi dimensi 3 kelas 12. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian dalam mempelajari materi dimensi tiga ini. soal dan pembahasan dimensi tiga pdf, doc, jarak titik ke titik, contoh soal hots dimensi tiga kubus, sbmptn, jarak garis ke bidang, contoh soal vektor dimensi 3 beserta jawaban.
Jangan lupa share artikel ini keteman kalian agar mereka juga bisa gampang belajarnya

Show comments