Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas IBA (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas IBA Palembang (UIBA). Hai Sahabat Skul, untuk artikel kali ini bahasan kami akan berbeda dari sebelumnya dimana pada artikel sebelumnya banyak mengupas tuntas terkait soal dan pembahasan UTBK hingga UNBK. Nah untuk artikel ini kami akan membahas tentang daftar fakultas dan juga jurusan di hampir semua universitas yang ada di Indonesia. Universitas yang akan kami gali informasinya terlebih dahulu adalah salah satu universitas di Sumatera Selatan tepatnya di Kota Palembang yaitu UIBA Palembang. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas dan jurusan universitas iba

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami apa itu arti dari fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Berdasarkan KBBI memaparkan jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan diatas dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Teknik Elektro, Psikologi, Komunikasi dan Penyiaran Islam dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan KBBI memaparkan fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan diatas dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Farmasi yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Farmasi, Profesi Apoteker dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UTND Medan, UKWMS, UGM) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Syariah). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Nuklir, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan).

Sekilas Tentang Universitas IBA

Palembang ialah salah satu kota yang terkenal dengan sektor pendidikannya. Kota ini memiliki beberapa pilihan perguruan tinggi yang banyak diincar oleh calon maba seperti ada UTP Palembang, STKIP Nurul Huda, UPGRI Palembang dll. Bukan hanya kampus-kampus tadi saja yang menjadi rebutan untuk calon mahasiswa baru, tetapi Kota Palembang juga masih memiliki kampus favorit lainnya yaitu Universitas IBA Palembang atau lebih akrab disebut dengan singkatan UIBA.

UIBA Palembang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Mayor Ruslan, 9 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Berdirinya kampus ini tak lepas dari sebuah yayasan yang menaunginya yaitu Yayasan IBA yang telah berdiri sejak tanggal 1 September 1959. Untuk mewujudkan cita-cita yayasan ini dalam memajukan sektor pendidikan di Sumatera Selatan, yayasan ini membangun sebuah gedung dan diresmikan pada tanggal 6 November 1960.

Gedung ini pada awal pengoperasiannya menampung siswa siswi dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Atas dasar banyaknya siswa yang tidak tertampung dalam sebuah perguruan tinggi khususnya di Sumatera Selatan, maka yayasan ini mendirikan Universitas IBA pada tanggal 1 November 1986.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UIBA

Hingga sekarang Universitas IBA Palembang (UIBA) telah membuka sebanyak 4 buah Fakultas yang terdaftar beberapa prodi yang lumayan lengkap yang seluruhnya merupakan program sarjana. Berikut adalah daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UIBA Palembang.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Hukum

2. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntasi

3. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin

4. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis

Itulah tadi pembahasan yang bisa kami berikan terkait daftar fakultas dan jurusan di UIBA Palembang, semoga ulasan ini dapat memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. singkatan, pustaka, portal akademik, kepanjangan, pendaftaran universitas iba palembang, akreditasi, jam, biaya kuliah, jurusan universitas iba palembang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments